Neoproterozoikum: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 31 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q191935
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 1: Baris 1:
'''Neoproterozoikum''' adalah [[era (geologi)|era]] [[geologi]] yang berlangsung antara 1000 hingga 542 juta tahun yang lalu dan merupakan bagian akhir [[eon]] [[Proterozoikum]] dan masa [[Prakambrium]]. Era ini mungkin merupakan salah satu era yang memiliki catatan geologis paling menarik karena [[Bumi]] dilanda oleh beberapa [[glasiasi]] terparah yang pernah diketahui, sampai-sampai lembaran es bisa mencapai [[khatulistiwa]]. Pada bagian akhir era ini, [[periode (geologi)|periode]] [[Ediakara]], ditemukan [[fosil]] paling awal kehidupan multisel, termasuk hewan-hewan paling awal. Neoproterozoikum terdiri tiga periode: [[Tonian]], [[Cryogenian]], dan [[Ediacaran]].
'''Neoproterozoikum''' adalah [[era (geologi)|era]] [[geologi]] yang berlangsung antara 1000 hingga 542 juta tahun yang lalu dan merupakan bagian akhir [[eon]] [[Proterozoikum]] dan masa [[Prakambrium]]. Era ini mungkin merupakan salah satu era yang memiliki catatan geologis paling menarik karena [[Bumi]] dilanda oleh beberapa [[glasiasi]] terparah yang pernah diketahui, sampai-sampai lembaran es bisa mencapai [[khatulistiwa]]. Pada bagian akhir era ini, [[periode (geologi)|periode]] [[Ediakara]], ditemukan [[fosil]] paling awal kehidupan multisel, termasuk hewan-hewan paling awal. Neoproterozoikum terdiri tiga periode: [[Tonium]], [[Kriogenium]], dan [[Ediacaran]].


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==

Revisi per 8 September 2019 00.23

Neoproterozoikum adalah era geologi yang berlangsung antara 1000 hingga 542 juta tahun yang lalu dan merupakan bagian akhir eon Proterozoikum dan masa Prakambrium. Era ini mungkin merupakan salah satu era yang memiliki catatan geologis paling menarik karena Bumi dilanda oleh beberapa glasiasi terparah yang pernah diketahui, sampai-sampai lembaran es bisa mencapai khatulistiwa. Pada bagian akhir era ini, periode Ediakara, ditemukan fosil paling awal kehidupan multisel, termasuk hewan-hewan paling awal. Neoproterozoikum terdiri tiga periode: Tonium, Kriogenium, dan Ediacaran.

Pranala luar

Skala waktu geologi: eon dan era
(dalam juta tahun)

PaleoproterozoikumMesoproterozoikum

HadeanArkeanProterozoikumFanerozoikumPrakambriumera (geologi)eon