Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
LaninBot (bicara | kontrib)
k Perubahan kosmetik tanda baca
Wicak80 (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan seluler lanjutan
Baris 74: Baris 74:
{{Perguruan Tinggi Nahdlatul 'Ulama}}
{{Perguruan Tinggi Nahdlatul 'Ulama}}


[[Kategori:Perguruan tinggi di Kabupaten Kebumen]]
[[Kategori:Perguruan tinggi di Jawa Tengah]]
[[Kategori:Perguruan tinggi di Jawa Tengah]]
[[Kategori:Perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah]]
[[Kategori:Perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah]]

Revisi per 5 Agustus 2019 11.06

Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
Berkas:LOGO UMNU.jpg
Moto"Religius, Modern, Efisien, dan Terintegrasi"
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan24 Juli 2014
RektorDr. H. Khomsin, M.Pd.
Lokasi, ,
WarnaHijau Tua
Nama julukanUMNU Kebumen
Situs webhttp://umnu.ac.id/

Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen disingkat UMNU Kebumen merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang ada di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen merupakan sebuah perguruan tinggi yang secara kelembagaan berada di bawah naungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama memiliki komitmen untuk menjadi perguruan tinggi yang rahmatan lil’alamin dan unggul dalam keilmuan dan keislaman. UMNU Kebumen mengusung ’’Kridatama’’ sebagai salah satu lembaga yang akan mengedepankan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila. Kridatama memiliki empat unsur nilai dasar Pancasila yang saling terkait sekaligus merupakan akronim. Yakni kritis dalam berpikir, damai dalam pergaulan, taat terhadap hukum dan manusia dalam tindakan yang berdasarkan dan dalam rangka menegakkan nilai nilai Pancasila.

Sejarah

Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen diprakarsai oleh Drs. H. Khomsin, M.Pd dan Mustolih, M.Pd.I, M.Pd selaku Ketua da Sekretaris Pendiri UMNU Kebumen. Perumusan pertama Universitas ini diawali dari usulan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Kebumen membuka Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) di Kebumen pada tahun 2008, setelah sebelumnya mendirikan Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen atau IAINU Kebumen yang fokus pada program studi pendidikan agama islam.

Kini PBNU Kebumen ingin mendirikan Universitas yang membuka program studi eksakta dan umum. Pada tahun 2010, rencana membangun STIKIP di Kebumen menguat menjadi Universitas. Proposal pun dibuat dengan bantuan pembimbingan penyusunan proposal pendirian Universitas dari perguruan tinggi lain, seperti Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan Universitas Diponegoro Semarang. Selama dua tahun tim melaksanakan Studi Kelayakan, akhirnya pada tahun 2012 tim diundang oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta untuk mempresentasikan proposal yang telah dikirim sebelumnya.

Akhirnya pada tahun 2014 setelah merevisi dan melengkapi berkas, DIKTI memberikan SK Ijin Operasional untuk Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen dengan nomor 262/E/O/2014 tanggal 24 Juli 2014. Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen dipimpin oleh Drs. H. Masykur, M.Pd.I setelah dilantik sebagai Rektor UMNU Kebumen. Pada Januari 2015 UMNU Kebumen telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk pertama kalinya pada tahun akademik 2015/2016 dengan membuka sepuluh prodi diantaranya Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Anak Usia Dini, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Agroteknologi, Peternakan, Biologi dan Fisika.

Fakultas dan Program Studi

  • Fakultas Teknik
  1. Teknik Informatika
  2. Teknik Sipil
  • Fakultas Peternakan dan Pertanian
  1. Agroteknologi
  2. Peternakan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Alam (MIPA)
  1. Biologi
  2. Fisika
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (MKIP)
  1. Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Pendidikan Bahasa Indonesia
  3. Pendidikan Olahraga
  4. Pendidikan Usia Dini

Kampus

Kampus Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen berlokasi di pusat kota Kabupaten Kebumen tepatnya di Jl. Kusuma 75 Bumirejo Kebumen.

Kridatama

Kridatama merupakan salah satu penjelmaan Visi dan Misi UMNU Kebumen yang diejawantahkan dengan empat pilar Core Value bagi UMNU Kebumen. Kridatama berisi empat pilar yang menjadi kekuatan dan langkah-langkah menjadi mahasiswa berkarakter Kridatama.

Kridatama secara Etimologis berasal dari bahasa Jawa: Krida yang berarti kerja dan Utama yang berarti Utama. Dari sisi linguistik merupakan Akromin dari empat Kata yang masing-masing kata memiliki kekuatan karakter. Akromin itu adalah KRI: Kritis Dalam Pemikiran, DA: Damai dalam Perbedaan, TA: Taat terhadap Hukum dan MA: Manusiawi dalam Perbuatan. Kridatama ini juga menjadi Identitas UMNU Kebumen, sehingga UMNU Kebumen juga dikenal dengan Kridatama University.

Fasilitas

1. Gedung

Gedung UMNU Kebumen terdiri dari 3 lantai sebagai tempat perkuliahan maupun kegiatan kampus lainnya yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti lapangan parkir, musholla dan sebagainya. Gedung UMNU Kebumen juga menyediakan hak akses internet gratis untuk mahasiswa. Wifi Mahasiswa diaktifkan 24 jam penuh non-stop.

2. Laboratorium

Laboratorium merupakan perangkat penunjang pelaksanaan pendidikan di lingkungan fakultas. Semua program studi di UMNU Kebumen menggunakan fasilitas laboratorium yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dikembangkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Laboratorium yang dimiliki UMNU dapat digunakan oleh semua prodi yang membutuhkannya. Berikut ini adalah macam-macam laboratorium yang akan dikembangkan oleh UMNU:
  1. Laboratorium Fakultas Teknik
  2. Laboratorium Fakultas MIPA
  3. Laboratorium Fakultas Pertanian dan Peternakan
  4. Laboratorium Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  5. Laboratorium Bahasa terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras.

3. Perpustakaan

Pusat Perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan pelayanan, pembinaan dan pengembangan kepustakaan, mengadakan kerjasama antar perpustakaan, mengendalikan, mengevaluasi, dan menyusun laporan kepustakaan. Pusat Perpustakaan dipimpin oleh seorang kepala yang diangkat oleh rektor, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Pusat Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas akademik yang menyediakan sumber-sumber informasi dalam mendukung proses belajar mengajar. Layanan-layanan yang dimiliki Perpustakaan adalah:
  1. Menegakkan empat pilar KRIDATAMA: Layanan peminjaman dari pengembalian koleksi secara mandiri.
  2. Layanan Perpustakaan Digital: Layanan Perpustakaan Digital UMNU Kebumen berisi simpanan kelembagaan (institusional repository) seperti skripsi, tesis, disertasi, makalah dosen, laporan penelitian, pidato rektor, dll.
  3. Layanan Bebas Pustaka: Bebas pustaka diperlukan bagi mahasiswa yang akan melakukan cuti atau wisuda.