Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 85: Baris 85:
Sehubungan dengan Arahan Strategis Gerakan Wikimedia global di tahun 2030 mendatang, kami dari Kelompok Kerja Kesehatan Komunitas mengundang rekan-rekan sekalian untuk mengisi survei singkat mengenai pengalaman personal rekan-rekan di Wiki baik daring maupun luring.
Sehubungan dengan Arahan Strategis Gerakan Wikimedia global di tahun 2030 mendatang, kami dari Kelompok Kerja Kesehatan Komunitas mengundang rekan-rekan sekalian untuk mengisi survei singkat mengenai pengalaman personal rekan-rekan di Wiki baik daring maupun luring.


Survei ini tersedia dalam [https://docs.google.com/forms/d/1eSOfLOHkPp-3jIsfzAXJWh-f8aY-j8RZ3-96OshjNBo/edit|bahasa Indonesia]]
Survei ini tersedia dalam [https://docs.google.com/forms/d/1eSOfLOHkPp-3jIsfzAXJWh-f8aY-j8RZ3-96OshjNBo/edit bahasa Indonesia]
maupun [https://docs.google.com/forms/d/1RWmuPwFBKYiUZz_cUzkQguK4-vagmJJm3wHFQlh8V58/editbahasa%20Inggris bahasa Inggris].
maupun [https://docs.google.com/forms/d/1RWmuPwFBKYiUZz_cUzkQguK4-vagmJJm3wHFQlh8V58/edit bahasa Inggris].
Hasil dari survei ini akan menjadi bahan rekomendasi untuk masa depan Gerakan Wikimedia 10 tahun mendatang.
Hasil dari survei ini akan menjadi bahan rekomendasi untuk masa depan Gerakan Wikimedia 10 tahun mendatang.
Kami sangat berterima kasih sebelumnya apabila rekan-rekan sekalian dapat meluangkan waktu untuk mengisi survei di atas sebelum 1 Agustus 2019 :) --[[Pengguna:22Kartika|22Kartika]] ([[Pembicaraan Pengguna:22Kartika|bicara]]) 27 Juli 2019 01.46 (UTC)
Kami sangat berterima kasih sebelumnya apabila rekan-rekan sekalian dapat meluangkan waktu untuk mengisi survei di atas sebelum 1 Agustus 2019 :) --[[Pengguna:22Kartika|22Kartika]] ([[Pembicaraan Pengguna:22Kartika|bicara]]) 27 Juli 2019 01.46 (UTC)
:{{ping|22Kartika}} Tautannya rusak... [[Pengguna:Veracious|flixwito]] [[Pembicaraan Pengguna:Veracious|^(•‿•)^]] 28 Juli 2019 07.44 (UTC)
:{{ping|22Kartika}} Tautannya rusak... [[Pengguna:Veracious|flixwito]] [[Pembicaraan Pengguna:Veracious|^(•‿•)^]] 28 Juli 2019 07.44 (UTC)
::{{ping|Veracious}} Sudah saya coba bantu perbaiki. Salam. [[Pengguna:Albertus Aditya|Albertus Aditya]] ([[Pembicaraan Pengguna:Albertus Aditya|bicara]]) 28 Juli 2019 10.16 (UTC)

Revisi per 28 Juli 2019 10.16

Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Warung Kopi
Kebijakan
Kebijakan
Usulan
Usulan
Teknis
Teknis
Bahasa
Bahasa
Berita
Berita
Lain-lain
Lain-lain
Komunitas
Komunitas
Semua
Semua
Kembali ke atas
Kembali ke atas

Ibu kota Indonesia

Belakangan ini banyak pengguna anonim yang mengatakan bahwa Lampung sudah jadi Ibu kota Indonesia menggantikan Jakarta (salah satu bukti) . Namun setelah saya lihat di internet, rencana pemindahan ibu kota Indonesia sepertinya masih didiskusikan. Apakah Lampung memang sudah dinyatakan sebagai Ibu kota Indonesia? Rayhan6726 23 Mei 2019 08.20 (UTC)[balas]

@Rayhan6726: Sampai sekarang pemindahan ibu kota belum terlaksana secara de jure dan de facto. Berita yang saya lihat terakhir itu mengenai Presiden yang masih meneliti beberapa daerah tempat calon ibu kota negara. Soal pengguna anonim tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan pernyataannya yang menyatakan bahwa Bandar Lampung sudah menggantikan Jakarta sebagai ibu kota. Tidak semudah itu, perlu hukum yang mengatur soal itu. Sampai sekarang saja belum ada keputusan presiden atau suatu peraturan perundang-undangan yang menyatakan kalau ibu kota dipindahkan ke sana. Jadi, pengguna anonim tersebut perlu dipertanyakan kevalidan sumber informasi yang mereka berikan. Sekian. Salam. Aviel Dase (Kirim Pesan) 23 Mei 2019 20.40 (WITA)

@Rayhan6726 kalau ada yang seperti itu langsung direvert saja. Itu LTA sudah setahun lebih, hobinya menyebar info sesat tentang geografi Indonesia.  Mimihitam  23 Mei 2019 21.30 (UTC)[balas]

Anon nakal

Tolong nih, ada anon nakal ngelalerin saya gara-gara ngevandal halaman pengusulan jadwal GA sampe-sampe doi merengek ke Mimihitam dan Meta Wiki --Glorious Engine (bicara) 24 Mei 2019 22.30 (UTC)[balas]

Subartikel

Saya lihat Bencana kereta api tsunami Sri Lanka 2004 bisa dipisahkan dari Gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004 meskipun konteks bencananya sama tapi penyorotannya lebih spesifik. Kalo gitu bolehkah saja misal bikin artikel Kebakaran mal Klender 1998 yang dipisahkan dari Kerusuhan Mei 1998 meskipun konteks peristiwanya sama tapi penyorotannya lebih spesifik seperti halnya Bencana kereta api tsunami Sri Lanka 2004 --Glorious Engine (bicara) 26 Mei 2019 00.13 (UTC)[balas]

Sfn

Saya merasa kesulitan mengatur sfn semenjak usulan AP mengharuskan pemakaian format sfn:

  • Beberapa sumber nggak ada ISBN-nya sama sekali (yang ini sudah diwajarkan soalnya ada buku-buku yang terbit sebelum pemberlakuan ISBN)
  • Ada sumber yang saya cari-cari sumbernya, eh nggak ketemu isi sama angka lamannya, contoh "Ricci, Carla and Paul Burns. Mary Magdalene and Many Others. Augsburg Fortress, 1994. ISBN 0-8006-2718-0"
  • Ada sumber tapi nggak pake keterangan angka halaman sama sekali, contoh: The Gospel of Thomas: The Hidden Sayings of Jesus, padahal saya lihat para reviewer sering banget memberatkan masalah pencantuman angka halaman buku, apa nanti angka halaman ditentukan lewat penjumlahan per sisi lembarnya atau diperlakukan saja seperti sumber website
  • Ada sumber yang agak kesulitan saya cantumkan bagian penulisnya, contoh Mary Magdalene, Iconographic Studies from the Middle Ages to the Baroque Siapa penyuntingnya ? siapa penulisnya ? Di sampulnya nyebut "Edited by Michelle A. Erhardt & Amy M. Morris" tapi di bagian daftar isinya nyantumin beberapa nama, Michelle A. Erhardt, Amy M. Morris, Jeanne W. Anderson, Rachel Geschwind, Elizabeth Caroll Convasari, Patrick Hunt, Barbara J. Johnston, dlsb. Itu nama penulisnya atau apa ?
  • Calendarium Romanum & Martyrologium Romanum nggak jelas juga penulisnya, jadi saya cantumin aja judulnya di sfn.

Seperti halnya masalah penjawaban isi artikel yang tentu memberatkan bagi pengguna yang hanya berlaku menerjemahkannya saja, saya perlu ada bantuan juga buat penataan sfn mengingat masih banyak artikel yang belum memakai sistem sfn sebagaimana mestinya, apalagi nanti kalo kendalanya kayak di atas, angka halamannya nggak ada, isi sumber nggak ketemu, tahun nggak jelas, penulis nggak jelas, dlsb. Bikin gitu en:WP:RX di WBI. Ditambah lagi tentu masih banyak pengguna yang belum tau sistem sfn. Kebanyakan FA yang sudah full memakai sistem sfn seutuhnya juga kebanyakan adalah FA yang diangkat baru-baru ini. --Glorious Engine (bicara) 14 Juni 2019 01.56 (UTC)[balas]

ProyekWiki Negara

Pada awal bulan Juni 2019, saya merintis ProyekWiki Negara yang bertujuan menstandarkan artikel, kategori, dan templat yang berhubungan dengan negara di dunia. Silakan kunjungi halaman tersebut untuk mempelajari hal-hal yang telah dirintis. Silakan juga mengoreksi dan menambahkan. Terima kasih. –IvanLanin (bicara) 23 Juni 2019 18.05 (UTC)[balas]

Sebagai bagian dari proyek, saya membuat kategori-kategori xxx di yyy yang mungkin masih kosong. Mohon jangan menghapus kategori-kategori yang kosong itu karena nanti pasti akan diisi. –IvanLanin (bicara) 24 Juni 2019 08.24 (UTC)[balas]

New features added to advanced mobile contributions

Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

Screenshots showing the new, advanced features on the Wikipedia mobile site
Screenshots showing how to enable advanced contributions mode

Hello,

A few months ago we announced the Advanced Mobile Contributions project. This project expands the editing and contribution features available on mobile to become closer to those of desktop. We have added new features and want to encourage you to try out the mode and to share it with others. Currently, the advanced mobile contribution settings include:

  1. Article and Talk tabs at the top of all pages.
  2. An enhanced toolbar (at the top of article and user pages), with a link to history, and a new menu that contains other useful actions and links such as page information, wikidata item, permalink, what links here, Special:Cite, and more.
  3. Fully featured history pages, formatted for mobile screens.
  4. An updated main menu with links to Special pages and the Community portal.

You can opt-in to these new features in your settings.

We hope you'll try out these new features and that they will help you in contributing from your mobile device. We have more features to come including a new user menu, an improved Recent changes page, and other small bug fixes.

So far the feedback on these features has been positive. The opt-out rate has been very low. This means that the people who have tried it do like and use the improvements. We hope you'll be one of them too! Please tell others about these feature. If you have any questions you can find out more on the project page. Feedback is welcome.

Terima kasih! CKoerner (WMF) (bicara) 27 Juni 2019 22.01 (UTC)[balas]

3 Eparki Amerika Selatan

Nggak terlalu familiar sama sistem eparki Ortodoks. Tapi Saya mau tanya, apa beda antara 3 eparki ini ya:

Apakah Ortodoks membolehkan pendirian lebih dari 1 keuskupan pada 1 wilayah secara tumpang tindih ? Misal, Ortodoks bikin Eparki Jonggol dan Jawa Barat sambil juga bikin Eparki Karawang dan Jawa Barat. --Glorious Engine (bicara) 28 Juni 2019 01.58 (UTC)[balas]

Glorious Engine: Berdasarkan hasil pemeriksaan saya, ketiganya memang berbeda. Untuk ketiga eparki dan keuskupan tersebut dalam Wikipedia Bahasa Spanyol memang kurang lengkap, setelah saya lihat di Wikipedia Bahasa Rusia, ternyata banyak informasi yang tidak dicantumkan dalam Wikipedia Bahasa Spanyol. Ini penjelasan mengapa ketiganya berbeda:
  1. es:Eparquía de Buenos Aires y Suramérica atau Eparki Buenos Aires dan Amerika Selatan: dari artikel Wikipedia Bahasa Rusia, ru:Буэнос-Айресская и Аргентинско-Парагвайская епархия, dikatakan bahwa ini adalah bekas eparki yang berdiri tahun 1948 dan dibubarkan tahun 1998. Yurisdiksinya di bawah Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia (ROCOR).
  2. es:Diocesis de Caracas y Sudamérica atau Eparki Amerika Selatan: dalam Wikipedia Bahasa Rusia, ru:Южно-Американская епархия (РПЦЗ), tercantum bahwa eparki ini didirikan pada tahun 1998 yang berada di bawah yurisdiksi Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia (ROCOR).
  3. es:Eparquía de Argentina y Suramérica de la Iglesia ortodoxa rusa atau Eparki Argentina dan Amerika Selatan: dari artikel Wikipedia Bahasa Rusia, ru:Аргентинская и Южноамериканская епархия, adalah eparki di bawah yurisdiksi Gereja Ortodoks Rusia.
Jadi kesimpulannya adalah, yang nomor satu (1) dan nomor dua (2) adalah eparki di bawah yurisdiksi Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia (ROCOR), sedangkan yang nomor tiga (3) adalah eparki di bawah yurisdiksi Gereja Ortodoks Rusia. Jadi yang membedakan adalah yurisdiksinya, nomor satu (1) dan nomor (2) berada di bawah Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia (ROCOR), dan nomor tiga (3) berada di bawah Gereja Ortodoks Rusia. Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia itu tetap bagian dari Gereja Ortodoks Rusia, tetapi badannya merupakan gereja semi-otonom, bersama-sama di bawah Patriarkat Moskow tetapi masing-masing memiliki keuskupan atau eparkinya. Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia juga berdiri karena faktor sejarah pada masa tersebut, untuk lebih lanjutnya bisa di baca artikel mengenai tersebut, saran saya coba baca artikelnya di Wikipedia Bahasa Inggris yang menurut saya menjelaskan secara lengkap.
Lalu untuk nomor satu (1) dan nomor dua (2), walaupun sama-sama berada di bawah yurisdiksi Gereja Ortodoks Rusia di Luar Rusia, tetapi keduanya tetap berbeda, yang nomor satu (1) adalah bekas eparki (didirikan pada tahun 1948 dan dibubarkan pada tahun 1998), sedangkan yang nomor dua (2) adalah eparki yang masih ada saat ini (didirikan pada tahun 1998).
Sekiranya penjelasan saya sudah sangat jelas, salam. Aviel Dase (Kirim Pesan) 28 Juni 2019 17.13 (WITA)

Survei Kesehatan Komunitas

Halo semuanya :)

Sehubungan dengan Arahan Strategis Gerakan Wikimedia global di tahun 2030 mendatang, kami dari Kelompok Kerja Kesehatan Komunitas mengundang rekan-rekan sekalian untuk mengisi survei singkat mengenai pengalaman personal rekan-rekan di Wiki baik daring maupun luring.

Survei ini tersedia dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Hasil dari survei ini akan menjadi bahan rekomendasi untuk masa depan Gerakan Wikimedia 10 tahun mendatang. Kami sangat berterima kasih sebelumnya apabila rekan-rekan sekalian dapat meluangkan waktu untuk mengisi survei di atas sebelum 1 Agustus 2019 :) --22Kartika (bicara) 27 Juli 2019 01.46 (UTC)[balas]

@22Kartika: Tautannya rusak... flixwito ^(•‿•)^ 28 Juli 2019 07.44 (UTC)[balas]
@Veracious: Sudah saya coba bantu perbaiki. Salam. Albertus Aditya (bicara) 28 Juli 2019 10.16 (UTC)[balas]