Pulau Sikuai: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Aldnonymous (bicara | kontrib)
LaninBot (bicara | kontrib)
k namun (di tengah kalimat) → tetapi
Baris 20: Baris 20:
Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44.4 Ha, termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami.
Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44.4 Ha, termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami.


Sebagai daerah tujuan wisata, pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan pihak [[swasta]], telah memfasilitasi pulau ini dengan hotel resort berbintang tiga.<ref>[http://www.hoteltravel.com/indonesia/sumatra/new_sikuai.htm New Sikuai Island Resort]</ref> Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai. Hotel resort di pulau ini menyediakan 54 buah cottage, restoran, ruangan untuk rapat, dan kolam renang<ref>www.newsikuai-island.com [http://www.newsikuai-island.com/index.php New Sikuai Island Resort]</ref>, walaupun dengan tarif sewa cukup mahal<ref>Berkmoes, Ryan Ver, (2010), ''Lonely Planet: Indonesia'', pp. 425, Lonely Planet, ISBN 1-74104-830-3</ref>, namun pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing ataupun wisata bahari.
Sebagai daerah tujuan wisata, pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan pihak [[swasta]], telah memfasilitasi pulau ini dengan hotel resort berbintang tiga.<ref>[http://www.hoteltravel.com/indonesia/sumatra/new_sikuai.htm New Sikuai Island Resort]</ref> Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai. Hotel resort di pulau ini menyediakan 54 buah cottage, restoran, ruangan untuk rapat, dan kolam renang<ref>www.newsikuai-island.com [http://www.newsikuai-island.com/index.php New Sikuai Island Resort]</ref>, walaupun dengan tarif sewa cukup mahal<ref>Berkmoes, Ryan Ver, (2010), ''Lonely Planet: Indonesia'', pp. 425, Lonely Planet, ISBN 1-74104-830-3</ref>, tetapi pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing ataupun wisata bahari.


== Referensi ==
== Referensi ==

Revisi per 9 Juni 2019 08.25

Pulau Sikuai
Peta lokasi Pulau Sikuai
Koordinat1°7′39.07″LS,100°21′9.1″BT
NegaraIndonesia Indonesia
Gugus kepulauan-
ProvinsiSumatra Barat
KotaPadang
Luas44,4 Ha
Populasi-

Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat pulau Sumatra. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang, provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

Pulau ini terletak sekitar setengah mil laut dari pusat kota dan dapat dicapai dengan menggunakan transportasi laut seperti kapal, melalui pelabuhan Muara dalam waktu tempuh sekitar 45 menit dan dari dermaga Airud Bungus dalam waktu tempuh sekitar 35 menit.

Geografi

Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44.4 Ha, termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami.

Sebagai daerah tujuan wisata, pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan pihak swasta, telah memfasilitasi pulau ini dengan hotel resort berbintang tiga.[1] Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai. Hotel resort di pulau ini menyediakan 54 buah cottage, restoran, ruangan untuk rapat, dan kolam renang[2], walaupun dengan tarif sewa cukup mahal[3], tetapi pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing ataupun wisata bahari.

Referensi

  1. ^ New Sikuai Island Resort
  2. ^ www.newsikuai-island.com New Sikuai Island Resort
  3. ^ Berkmoes, Ryan Ver, (2010), Lonely Planet: Indonesia, pp. 425, Lonely Planet, ISBN 1-74104-830-3

Pranala luar

Galeri