Bisa ular: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan aplikasi seluler Suntingan aplikasi Android
LaninBot (bicara | kontrib)
k namun (di tengah kalimat) → tetapi
Baris 1: Baris 1:
'''Bisa ular''' merupakan senyawa kimiawi yang diproduksi oleh kelenjar khusus dari sejumlah [[spesies]] [[ular]] tertentu (seperti: [[ular anang|King Cobra]] dan [[Beludak|Viper]]) yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa dan mempertahankan diri. Kelenjar yang mensekresikan [[zootoksin]] merupakan modifikasi [[kelenjar parotis]] [[vertebrata]] lain, dan bisanya terletak di setiap sisi [[kepala]] di bawah dan di belakang [[mata]], terbungkus selubung otot. Kelenjar ini diperlengkapi dengan [[alveolus]] besar di mana [[bisa]] disimpan sebelum disalurkan melalui sebuah [[duktus]] ke dasar [[taring]] bersaluran atau tubular yang dari situ racun dikeluarkan. Bisa ular merupakan gabungan sejumlah [[protein]] dan [[enzim]] yang berbeda. Banyak dari protein itu yang tak berbahaya bagi [[manusia]], namun beberapa protein beracun.
'''Bisa ular''' merupakan senyawa kimiawi yang diproduksi oleh kelenjar khusus dari sejumlah [[spesies]] [[ular]] tertentu (seperti: [[ular anang|King Cobra]] dan [[Beludak|Viper]]) yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa dan mempertahankan diri. Kelenjar yang mensekresikan [[zootoksin]] merupakan modifikasi [[kelenjar parotis]] [[vertebrata]] lain, dan bisanya terletak di setiap sisi [[kepala]] di bawah dan di belakang [[mata]], terbungkus selubung otot. Kelenjar ini diperlengkapi dengan [[alveolus]] besar di mana [[bisa]] disimpan sebelum disalurkan melalui sebuah [[duktus]] ke dasar [[taring]] bersaluran atau tubular yang dari situ racun dikeluarkan. Bisa ular merupakan gabungan sejumlah [[protein]] dan [[enzim]] yang berbeda. Banyak dari protein itu yang tak berbahaya bagi [[manusia]], tetapi beberapa protein beracun.


Catat bahwa bisa ular umumnya tak berbahaya ketika dihirup, oleh karena itu tidaklah [[racun]] secara teknis .
Catat bahwa bisa ular umumnya tak berbahaya ketika dihirup, oleh karena itu tidaklah [[racun]] secara teknis .

Revisi per 9 Juni 2019 03.29

Bisa ular merupakan senyawa kimiawi yang diproduksi oleh kelenjar khusus dari sejumlah spesies ular tertentu (seperti: King Cobra dan Viper) yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa dan mempertahankan diri. Kelenjar yang mensekresikan zootoksin merupakan modifikasi kelenjar parotis vertebrata lain, dan bisanya terletak di setiap sisi kepala di bawah dan di belakang mata, terbungkus selubung otot. Kelenjar ini diperlengkapi dengan alveolus besar di mana bisa disimpan sebelum disalurkan melalui sebuah duktus ke dasar taring bersaluran atau tubular yang dari situ racun dikeluarkan. Bisa ular merupakan gabungan sejumlah protein dan enzim yang berbeda. Banyak dari protein itu yang tak berbahaya bagi manusia, tetapi beberapa protein beracun.

Catat bahwa bisa ular umumnya tak berbahaya ketika dihirup, oleh karena itu tidaklah racun secara teknis .

Pranala luar