Klagenfurt: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
TXiKiBoT (bicara | kontrib)
k bot Menambah: wuu:克拉耿富合脱
VolkovBot (bicara | kontrib)
Baris 25: Baris 25:
[[ar:كلاغنفورت]]
[[ar:كلاغنفورت]]
[[bar:Klångfurt am Werthasee]]
[[bar:Klångfurt am Werthasee]]
[[be-x-old:Клягэнфурт]]
[[bg:Клагенфурт]]
[[bg:Клагенфурт]]
[[br:Klagenfurt]]
[[br:Klagenfurt]]

Revisi per 22 Juni 2008 22.40

Klagenfurt di Karintia
Klagenfurt di Karintia
Lindwurm Brunnen di pusat Klagenfurt

Klagenfurt (bahasa Slovenia Celovec) ialah ibukota negara bagian Karintia (bahasa Jerman Kärnten; bahasa Slovenia Koroška), di Austria, di bantaran sungai Glan. Terletak di 46°37′N 14°19′E / 46.617°N 14.317°E / 46.617; 14.317. Pertama kali dihuni pada abad ke-12, kini memiliki penduduk sekitar 90.000.

Merupakan tempat liburan dengan pegunungan di selatan dan utara, sejumlah taman dan serangkaian 23 kastil di daerah pinggirannya. Di musim panas kota ini ialah tempat untuk festival Altstadtzauber (Sihir Kota Tua), Kontes Ironman dan Ingeborg Bachmann Preis, hadiah untuk sastra Jerman.

Kota Tua dengan pusatnya "Alter Platz" (Lapangan Tua) ialah pemandangan menarik. Landmark khasnya ialah Wörthersee, danau Alpen yang terhangat di Eropa, Lindwurm Brunnen (air mancur lindorm), dan Kastil Hochosterwitz di dekatnya, kastil yang dibentengi di bukit yang tinggi yang hanya bisa dicapai melalui jalan spiral menaik ang dibentengi dengan serangkaian gerbang.

Di sini juga terletak Universitas Klagenfurt dan Bandara Klagenfurt. Di antara institusi pendidikan Austria lainnya, ada juga gimnasium non-klasik Slovenia.

Penduduk terkenal di sini ialah Josef Stefan, Robert Musil dan Ingeborg Bachmann.