Lompat ke isi

Vila: Perbedaan antara revisi

1 bita ditambahkan ,  4 tahun yang lalu
k
namun (di tengah kalimat) → tetapi
Konten dihapus Konten ditambahkan
kTidak ada ringkasan suntingan
LaninBot (bicara | kontrib)
k namun (di tengah kalimat) → tetapi
 
Baris 1:
'''Vila''' (atau '''Wila''', '''Wili''', '''Veela''') adalah makhluk perempuan dalam [[mitologi Slavia]]. Vila berwujud seperti [[peri]] atau [[nimfa]]. Vila memiliki kekuatan untuk mengendalikan [[badai]], yang sering mereka manfaatkan untuk menyerang para pengelana. Vila tinggal di [[padang]], [[kolam]], [[samudra]], [[pohon]], dan [[awan]]. Mereka disebut '''Wiła''' (diucapkan {{IPA-pl|ˈviwa|}}) dalam [[mitologi Polandia]].
 
Vila dipercaya sebagai arwah dari para perempuan yang bertindak sembrono semasa hidupnya sehingga terjebak antara dunia kehidupan dan kematian. Vila bisa berubah menjadi [[angsa]], [[kuda]], dan [[serigala]], namuntetapi biasanya mereka berwujud sebagai perempuan cantik telanjang atau berpakaian putih dengan rambut panjang. Jika satu helai saja rambut Vila tercabut, maka Vila tersebut akan mati atau kembali ke bentuk asalnya. Manusia bisa mengontrol Vila dengan mencuri bulu dari sayap Vila. Namun bila sang Vila berhasil mendapatkan bulunya kembali maka Vila tersebut akan langsung menghilang.
 
Suara Vila sangat menawan sampai-sampai orang yang mendengarnya akan lupa makan, minum, dan tidur hingga berhari-hari. Meskipun memiliki daya pikat, Vila adalah prajurit yang tangguh. Dikatakan bahwa bumi berguncang ketika mereka bertempur. Vila memiliki kekuatan meramal dan kadang-kadang mau membantu manusia. Di lain waktu, Vila memikat para pria untuk menari bersama, yang bisa berakibat baik dan buruk tergantung sang Vila. Mereka menunggangi kuda atau rusa dan berburu dengan panah. Tarian Vila meninggalkan jejak di rumput, dan jika jejak itu diinjak oleh manusia maka akan membawa nasib buruk.
268.871

suntingan