Istana Apostolik: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Alexbot (bicara | kontrib)
k bot Mengubah: ko:사도 궁전
Ridwanong (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 2: Baris 2:
'''Istana Apostolik''', atau '''Istana Kepausan''' atau '''Istana Vatikan''', adalah kediaman resmi dari [[Paus (Katolik Roma)|Paus]] di [[Kota Vatikan]].
'''Istana Apostolik''', atau '''Istana Kepausan''' atau '''Istana Vatikan''', adalah kediaman resmi dari [[Paus (Katolik Roma)|Paus]] di [[Kota Vatikan]].


Istana ini merupakan sebuah kompleks gedung-gedung yang terdiri dari [[Apartemen Kepausan]], kantor pemerintahan [[Gereja Katolik Roma|Gereja Katolik]], beberapa kapel, [[Musium Vatikan]], dan [[Perpustakaan Vatikan]]. Di seluruh kompleks ini terdapat 1.000 ruangan, di antaranya yang paling terkenal adalah [[Kapel Sistina]] dengan atap [[fresko]] yang dilukis oleh [[Michelangelo]] (direstorasi selama tahun [[1980]]-[[1990]]) dan [[Ruangan Raphael]].
Istana ini merupakan sebuah kompleks gedung-gedung yang terdiri dari [[Apartemen Kepausan]], kantor pemerintahan [[Gereja Katolik Roma|Gereja Katolik]], beberapa kapel, [[Museum Vatikan]], dan [[Perpustakaan Vatikan]]. Di seluruh kompleks ini terdapat 1.000 ruangan, di antaranya yang paling terkenal adalah [[Kapel Sistina]] dengan atap [[fresko]] yang dilukis oleh [[Michelangelo]] (direstorasi selama tahun [[1980]]-[[1990]]) dan [[Ruangan Raphael]].


Tempat kediaman Paus lainnya adalah [[Istana Lateran]] dan [[Castel Gandolfo]] di luar [[Roma]].
Tempat kediaman Paus lainnya adalah [[Istana Lateran]] dan [[Castel Gandolfo]] di luar [[Roma]].

Revisi per 21 Juni 2008 06.01

Istana Apostolik, dilihat dari Lapangan Santo Petrus

Istana Apostolik, atau Istana Kepausan atau Istana Vatikan, adalah kediaman resmi dari Paus di Kota Vatikan.

Istana ini merupakan sebuah kompleks gedung-gedung yang terdiri dari Apartemen Kepausan, kantor pemerintahan Gereja Katolik, beberapa kapel, Museum Vatikan, dan Perpustakaan Vatikan. Di seluruh kompleks ini terdapat 1.000 ruangan, di antaranya yang paling terkenal adalah Kapel Sistina dengan atap fresko yang dilukis oleh Michelangelo (direstorasi selama tahun 1980-1990) dan Ruangan Raphael.

Tempat kediaman Paus lainnya adalah Istana Lateran dan Castel Gandolfo di luar Roma.

Sebelum 1871, Istana Quirinal adalah tempat kediaman resmi Paus. Setelah berakhirnya masa Negara Kepausan pada tahun 1870, Raja Italia mengambil-alih istana tersebut pada tahun 1871 dan menjadikannya kediaman resmi sang Raja. Setelah penghapusan monarki Italia pada tahun 1946, istana ini menjadi kediaman resmi Presiden Republik Italia.

Berkas:Apal.jpg
Istana Apostolik

Lihat pula