Sun Plaza: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 19: Baris 19:
}}
}}
{{dab|'''Sun Plaza''' juga merupakan sebuah pusat perbelanjaan di [[Sembawang]], [[Singapura]].}}
{{dab|'''Sun Plaza''' juga merupakan sebuah pusat perbelanjaan di [[Sembawang]], [[Singapura]].}}
'''Sun Plaza''' merupakan pusat perbelanjaan menengah ke atas di kawasan komersial strategis [[kota Medan]], [[Sumatra Utara]], [[Indonesia]]. Diresmikan pada tanggal [[1 Juli]] [[2004]] menggantikan [[Medan Mall]] setelah 9-tahun silam, pusat perbelanjaan ini berupa bangunan 6 lantai (termasuk Lower Ground dan Ground Floor) yang dirancang dengan konsep [[mal keluarga]].
'''Sun Plaza''' adalah [[pusat perbelanjaan]] dan [[hiburan]] [[[komersial]] di [[Madras Hulu, Medan Polonia, Medan]] berupa bangunan 6 lantai (termasuk Lower Ground dan Ground Floor) yang dirancang dengan konsep [[keluarga]]. Diresmikan pada tanggal [[1 Juli]] [[2004]] menggantikan [[Medan Mall]] setelah 9-tahun silam.


Letaknya yang sangat strategis membuat pusat perbelanjaan ini ramai dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa, serta para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Sun Plaza juga berdekatan dengan Kantor Gubernur Sumatra Utara, Mesjid Agung Medan (mesjid terbesar di Sumatra), [[SMA Negeri 1 Medan]], dan Apartemen Cambridge. Di pusat perbelanjaan ini terdapat bioskop [[Cinemaxx]], dan ''department store'' [[Sogo]].
Letaknya yang sangat strategis membuat pusat perbelanjaan ini ramai dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa, serta para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Sun Plaza juga berdekatan dengan Kantor Gubernur Sumatra Utara, Mesjid Agung Medan (mesjid terbesar di Sumatra), [[SMA Negeri 1 Medan]], dan Apartemen Cambridge. Di pusat perbelanjaan ini terdapat bioskop [[Cinemaxx]], dan ''department store'' [[Sogo]].

Revisi per 18 Mei 2019 03.17

Sun Plaza
LokasiMedan
Koordinat03°34′59″LU,98°40′18″BT
AlamatJalan KH Zainul Arifin Nomor. 7, Madras Hulu, Medan Polonia, Medan, Sumatra Utara 20152
Tanggal dibuka1 Juli 2004
PengurusLippo Malls
PemilikLippo Group
Jumlah toko dan jasa351
Total luas pertokoan100.000 m2
Jumlah lantai6
Parkir2.000 (mobil), 2.000 (motor)
Situs webSitus resmi

Sun Plaza adalah pusat perbelanjaan dan hiburan [[[komersial]] di Madras Hulu, Medan Polonia, Medan berupa bangunan 6 lantai (termasuk Lower Ground dan Ground Floor) yang dirancang dengan konsep keluarga. Diresmikan pada tanggal 1 Juli 2004 menggantikan Medan Mall setelah 9-tahun silam.

Letaknya yang sangat strategis membuat pusat perbelanjaan ini ramai dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa, serta para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Sun Plaza juga berdekatan dengan Kantor Gubernur Sumatra Utara, Mesjid Agung Medan (mesjid terbesar di Sumatra), SMA Negeri 1 Medan, dan Apartemen Cambridge. Di pusat perbelanjaan ini terdapat bioskop Cinemaxx, dan department store Sogo.

Pusat Perbelanjaan dan Hiburan

Sun Plaza dibuka pada tanggal 1 Juli 2004 menggantikan Medan Mall setelah 9-tahun silam dan telah menarik minat pengunjung bahkan sebelum mal ini dibuka secara resmi. Mal ini dibangun tidak jauh dari berbagai fasilitas publik, mulai dari kantor pemerintah (Kantor Gubernur Sumatra Utara), sekolah (SMA Negeri 1 Medan), rumah ibadah (Masjid Agung Medan, mesjid terbesar di Medan), hingga hunian (Apartemen Cambridge). Lokasi strategis membuat mal ini mudah dijangkau serta banyak dikunjungi berbagai kalangan. Tenant utamanya adalah Sogo Department Store, Hypermart, Ace Hardware, H&M serta penyewa lain terdiri dari berbagai brand lokal maupun internasional di antaranya Gramedia, Disc Tarra, Starbucks, J.CO Donuts dan lain sebagainya.

Arsitektur Bangunan

Sun Plaza dibangun di atas lahan seluas lebih dari 29.000 meter persegi. Total luas bangunan adalah lebih dari 87.000 meter persegi dengan total area yang disewakan lebih dari 62.000 meter persegi.

Konsep Umum

Arsitek dan desainer bangunan ini bermaksud mewujudkan tempat yang tidak sekadar berfungsi sebagai lokasi perbelanjaan, melainkan wadah komunitas yang diwarnai spirit atau keyakinan akan masa depan yang lebih baik. Mereka ingin menciptakan suatu tempat yang di dalamnya orang dapat memperoleh pengalaman yang menyenangkan, dan arsitektur bangunan menyatu dengan keberadaan pengunjung serta meninggalkan kesan. Ide-ide yang dikembangkan dalam proses perancangan ini bertujuan membangun sikap positif siapa saja yang mengunjungi Sun Plaza. Selain lewat bentuk fasad dan elemen-elemen bangunan, semangat ini juga diekspresikan lewat delapan buah patung figur manusia di jalan masuk utama, yang menyambut pengunjung dengan berbagai postur yang dinamis.

Matahari

Matahari merupakan simbol universal yang kuat, dan dapat menjadi simbol antar-budaya yang merefleksikan kota Medan sendiri, dengan masyarakatnya yang energetik serta akrab dengan dunia industri. Selain itu, matahari merefleksikan kehidupan, kehangatan, energi, cahaya, harapan untuk masa depan yang lebih baik, serta berbagai kesan positif lain yang dapat menempatkan pengunjung dalam spirit dan suasana hati yang tepat untuk berbelanja atau menikmati acara bersama keluarga atau kerabat.

Simbol matahari muncul dalam berbagai bentuk abstrak di dalam bangunan maupun di fasad utama. Di dalam atrium terdapat instalasi delapan belas bola yang merepresentasikan matahari, dengan latar antariksa pada langit-langit atrium.

Pranala luar