Kotawaringin Lama, Kotawaringin Barat: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Bot: Perubahan kosmetika
Kaltara
Baris 8: Baris 8:
|nama camat= YUDHI HUDAYA (2017-sekarang)
|nama camat= YUDHI HUDAYA (2017-sekarang)
|kepadatan= 65,15 jiwa/km²
|kepadatan= 65,15 jiwa/km²
|provinsi=Kalimantan Tengah
|provinsi=Kotawaringin
}}
}}
[[Berkas:YUDHI HUDAYA.jpg|jmpl]]
[[Berkas:YUDHI HUDAYA.jpg|jmpl]]
[[Berkas:TEGUH WINARNO, A.P.png|jmpl]]
[[Berkas:TEGUH WINARNO, A.P.png|jmpl]]
'''Kotawaringin Lama''' adalah sebuah [[kecamatan]] di [[Kabupaten Kotawaringin Barat]], [[Kalimantan Tengah]], [[Indonesia]].
'''Kotawaringin Lama''' adalah sebuah [[kecamatan]] di [[Kabupaten Kotawaringin Barat]], [[Kotawaringin]], [[Indonesia]].


== Sejarah ==
== Sejarah ==
Kotawaringin merupakan salah satu permukiman tua di Kabupaten Kotawaringin Barat, bahkan Kalimantan. Namanya sudah ada disebut-sebut di dalam [[Kakawin Nagarakretagama]] (sebagai "Kutaringin") maupun di dalam [[Hikayat Banjar]] yang bagian terakhirnya ditulis pada tahun [[1663]].<ref name="hikayat banjar">{{ms}}[[Johannes Jacobus Ras]], [[Hikayat Banjar]] diterjemahkan oleh [[Siti Hawa Salleh]], Percetakan Dewan Bahasa dan Pustaka, Lot 1037, Mukim Perindustrian PKNS - Ampang/Hulu Kelang - [[Selangor]] Darul Ehsan, [[Malaysia]] [[1990]].</ref> Setelah menjadi daerah bawahan [[Kesultanan Banjar]], di kota ini berdiri istana tempat kedudukan pangeran ("ratu") vazal, sebelum kemudian dipindahkan ke [[Pangkalanbuun]] pada [[abad ke-19]].
Kotawaringin merupakan salah satu permukiman tua di Kabupaten Kotawaringin Barat, bahkan Kalimantan. Namanya sudah ada disebut-sebut di dalam [[Kakawin Nagarakretagama]] (sebagai "Kutaringin") maupun di dalam [[Hikayat Banjar]] yang bagian terakhirnya ditulis pada tahun [[1663]].<ref name="hikayat banjar">{{ms}}[[Johannes Jacobus Ras]], [[Hikayat Banjar]] diterjemahkan oleh [[Siti Hawa Salleh]], Percetakan Dewan Bahasa dan Pustaka, Lot 1037, Mukim Perindustrian PKNS - Ampang/Hulu Kelang - [[Selangor]] Darul Ehsan, [[Malaysia]] [[1990]].</ref> Setelah menjadi daerah bawahan [[Kesultanan Banjar]], di kota ini berdiri istana tempat kedudukan pangeran ("ratu") vazal, sebelum kemudian dipindahkan ke [[Pangkalanbun]] pada [[abad ke-19]].


== Referensi ==
== Referensi ==

Revisi per 29 April 2019 13.30

Kotawaringin Lama
Negara Indonesia
ProvinsiKotawaringin
KabupatenKotawaringin Barat
Pemerintahan
 • CamatYUDHI HUDAYA (2017-sekarang)
Populasi
 • Total37,234 jiwa jiwa
Kode Kemendagri62.01.03
Kode BPS6201040
Luas1.218 km2;
Desa/kelurahan15 desa / 2 kelurahan

Kotawaringin Lama adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kotawaringin, Indonesia.

Sejarah

Kotawaringin merupakan salah satu permukiman tua di Kabupaten Kotawaringin Barat, bahkan Kalimantan. Namanya sudah ada disebut-sebut di dalam Kakawin Nagarakretagama (sebagai "Kutaringin") maupun di dalam Hikayat Banjar yang bagian terakhirnya ditulis pada tahun 1663.[1] Setelah menjadi daerah bawahan Kesultanan Banjar, di kota ini berdiri istana tempat kedudukan pangeran ("ratu") vazal, sebelum kemudian dipindahkan ke Pangkalanbun pada abad ke-19.

Referensi

  1. ^ (Melayu)Johannes Jacobus Ras, Hikayat Banjar diterjemahkan oleh Siti Hawa Salleh, Percetakan Dewan Bahasa dan Pustaka, Lot 1037, Mukim Perindustrian PKNS - Ampang/Hulu Kelang - Selangor Darul Ehsan, Malaysia 1990.