Konsonan langit-langit belakang: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Robot: Perubahan kosmetika
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 1: Baris 1:
'''Konsonan langit-langit belakang''' atau '''konsonan velar''' adalah [[konsonan]] yang bersumber dari bagian belakang lidah ([[dorsum]])
'''Konsonan langit-langit belakang''' atau '''konsonan velar''' adalah [[konsonan]] yang bersumber dari bagian belakang lidah ([[dorsum]])bm 6.
menyentuh langit-langit lembut, yaitu bagian belakang langit-langit mulut, juga dikenal sebagai ''velum''.
menyentuh langit-langit lembut, yaitu bagian belakang langit-langit mulut, juga dikenal sebagai ''velum''.
hyy

Konsonan langit-langit belakang yang dipalatalkan (seperti {{IPA|/k/}} dalam ''keen'' atau ''cube'', bahasa [[Inggris]]) disebut ''palatovelar'' (langit-langit-velar). Ada pula bahasa yang konsonan velarnya dibibirkan, seperti {{IPA|[kʷ]}}, yaitu pengucapannya diiringi oleh pembundaran bibir. Juga ada yang berupa [[konsonan bibir-langit-langit]], di mana velum dan bibir serentak, seperti {{IPA|[k͡p]}}. Sifat ini pudar apabila hadirnya bunyi [[hampiran]] {{IPA|[w]}}.
Konsonan langit-langit belakang yang dipalatalkan (seperti {{IPA|/k/}} dalam ''keen'' atau ''cube'', bahasa [[Inggris] l
kbumjkyy g. y RMBgby

6. g g
{{konsonan tekanan paru-paru}}
{{konsonantekanan paru-paru}}
{{linguistik-stub}}
{{linguistik-stub}}

. y😇
[[Kategori:Konsonan]]

Revisi per 19 April 2019 23.32

Konsonan langit-langit belakang atau konsonan velar adalah konsonan yang bersumber dari bagian belakang lidah (dorsum)bm 6. menyentuh langit-langit lembut, yaitu bagian belakang langit-langit mulut, juga dikenal sebagai velum. hyy Konsonan langit-langit belakang yang dipalatalkan (seperti /k/ dalam keen atau cube, bahasa [[Inggris] l kbumjkyy g. y RMBgby 6. g g Templat:Konsonantekanan paru-paru

. y😇