Rap: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Nama rapper
Tag: VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
k ←Suntingan 114.124.140.76 (bicara) dibatalkan ke versi terakhir oleh MyStori
Tag: Pengembalian
Baris 4: Baris 4:


== Rap di Indonesia ==
== Rap di Indonesia ==
Di [[Indonesia]] sendiri musik rap telah berkembang dan menjadi salah satu genre musik yang mendapat perhatian. Musisi-musisi lokal yang karya musik rap atau [[hip-hop]]nya telah meramaikan blantika musik [[Indonesia]] di antara nya adalah [[Iwa K]], [[Soul ID]], [[Saykoji]], Fade to Black ([[Bondan Prakoso & Fade 2 Black]]), [[Batik Tribe]], 8 Ball,tuan13. Jenis musik terbaru yang ada adalah [[trip Hop]], yaitu perpaduan antara [[Jazz]] dan Hip-hop, salah satu musisi [[Trip Hop]] Indonesia yang kental unsur Rapnya adalah [[Aji Kikuta]].
Di [[Indonesia]] sendiri musik rap telah berkembang dan menjadi salah satu genre musik yang mendapat perhatian. Musisi-musisi lokal yang karya musik rap atau [[hip-hop]]nya telah meramaikan blantika musik [[Indonesia]] di antara nya adalah [[Iwa K]], [[Soul ID]], [[Saykoji]], Fade to Black ([[Bondan Prakoso & Fade 2 Black]]), [[Batik Tribe]], 8 Ball. Jenis musik terbaru yang ada adalah [[trip Hop]], yaitu perpaduan antara [[Jazz]] dan Hip-hop, salah satu musisi [[Trip Hop]] Indonesia yang kental unsur Rapnya adalah [[Aji Kikuta]].


== Sumber ==
== Sumber ==

Revisi per 25 Maret 2019 11.23

Rap adalah salah satu dari empat elemen budaya Hip-hop. Rap merupakan teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat, sementara pelakunya disebut rapper. Biasanya, rap diiringi oleh DJ atau oleh sebuah band. Rap dapat juga ditelusuri kembali ke akar Afrika, di mana berabad-abad sebelum musik Hip-Hop ada, Afrika Barat telah memberikan cerita berirama yang bernama griots, lebih dari drum dan instrumentasi jarang. Koneksi tersebut telah diakui oleh seniman masa kini.

Biasanya, rapper seperti penyanyi biasa, yaitu bernyanyi solo. Contohnya adalah Nas, Jay-Z dan Kanye West. Ada pula rapper yang menjadi anggota band, misalnya Mike Shinoda dari Linkin Park. Umumnya, rapper berkulit hitam karena banyak rapper berasal dari daerah pinggiran di Amerika Serikat. Di antara sedikit rapper yang berkulit putih adalah Eminem, Macklemore, dan Pitbull. Rapper sering disebut pula dengan MC ataupun Emcee (Master of Ceremony). Di Jamaika, istilah rapper dapat disebut Dee-Jay seperti Sean Paul.

Rap di Indonesia

Di Indonesia sendiri musik rap telah berkembang dan menjadi salah satu genre musik yang mendapat perhatian. Musisi-musisi lokal yang karya musik rap atau hip-hopnya telah meramaikan blantika musik Indonesia di antara nya adalah Iwa K, Soul ID, Saykoji, Fade to Black (Bondan Prakoso & Fade 2 Black), Batik Tribe, 8 Ball. Jenis musik terbaru yang ada adalah trip Hop, yaitu perpaduan antara Jazz dan Hip-hop, salah satu musisi Trip Hop Indonesia yang kental unsur Rapnya adalah Aji Kikuta.

Sumber

Bacaan lebih lanjut ==