Air France–KLM: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
BOTarate (bicara | kontrib)
k bot Menambah: simple:Air France-KLM
Alexbot (bicara | kontrib)
k bot Mengubah: ko:에어프랑스-KLM
Baris 35: Baris 35:
[[it:Air France-KLM]]
[[it:Air France-KLM]]
[[ja:エールフランス‐KLM]]
[[ja:エールフランス‐KLM]]
[[ko:에어프랑스-케이엘엠]]
[[ko:에어프랑스-KLM]]
[[nl:Air France-KLM]]
[[nl:Air France-KLM]]
[[pt:Air France-KLM]]
[[pt:Air France-KLM]]

Revisi per 10 Juni 2008 00.09

Air France-KLM Logo
Air France Airbus A320

Part of the KLM fleet at Schiphol Airport, Amsterdam

Air France-KLM NYSE: AKH adalah sebuah perusahaan airline yang dibentuk di bawah hukum Perancis dan dengan kantor pusat di Roissy-Charles de Gaulle Airport dekat Paris. Perusahaan ini merupakan perusahaan airline terbesar di dunia dalam pendapatan operasi total, dan ketiga-terbesar dunia dalam penumpang-kilometer. Air France-KLM dibentuk pada 5 Mei 2004 dengan penggabungan antara Air France dan KLM Belanda (pengambilalihan damai KLM oleh Air France). Pada 2005 CEO-nya adalah Jean-Cyril Spinetta, bekas CEO Air France.

Baik Air France dan KLM tetap beroperasi dengan nama mereka masing-masing, berupa anak perusahaan dari Air France-KLM. Namun situasi ini akan berubah di masa depan.

Pada 2005 total pendapatan operasi Air France-KLM mencapai 19,08 milyar euro (AS$23,98 milyar), dengan keuntungan bersih 351 juta eura (AS$441 juta), sebuah peningkata 20,2% dibanding tahun sebelumnya .[1]. Air France-KLM merupakan perusahaan dengan keuntungan terbesar di Eropa, sebagai perbandingan American Airlines mimiliki pendapatan operasi sebesar AS$18,64 milyar, namun mengalami kerugian bersih AS$761 juta [2].


Pranala luar