Elnusa: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
HsfBot (bicara | kontrib)
k Bot: Perubahan kosmetika
Taylorbot (bicara | kontrib)
sesudah pemindahan templat | t=387 su=33 in=59 at=33 -- only 182 edits left of totally 216 possible edits | edr/ovr=000/000 | clean up (3) : tab&trailspc&reduceol&killreddot & {{Italic title}}--(ci=3,0x)-->{{Judul miring}} & {{bei}}--(ci=3,1x)-->{{BEI}} | "({{bei|ELSA}})| " -> "({{BEI|ELSA}})| "
Baris 2: Baris 2:
company_name = PT Elnusa Tbk</big> |
company_name = PT Elnusa Tbk</big> |
company_logo = [[Berkas:LogoELSA.JPG|250px]] |
company_logo = [[Berkas:LogoELSA.JPG|250px]] |
company_type = [[Perusahaan Publik|Publik]] ({{bei|ELSA}})|
company_type = [[Perusahaan Publik|Publik]] ({{BEI|ELSA}})|
foundation = [[Jakarta]], [[Indonesia]]|
foundation = [[Jakarta]], [[Indonesia]]|
location = Graha Elnusa, Jl. TB Simatupang Kav. 1B, Jakarta 12560 |
location = Graha Elnusa, Jl. TB Simatupang Kav. 1B, Jakarta 12560 |

Revisi per 28 Februari 2019 09.54

PT Elnusa Tbk ( Electronika Nusantara) adalah satu-satunya perusahaan nasional yang menguasai kompetensi di bidang jasa minyak dan gas bumi antara lain: Jasa Seismic, Pengeboran dan Pengelolaan Lapangan Minyak. Elnusa menyediakan jasa migas dengan strategi aliansi global bagi perusahaan migas berkelas dunia dan juga sesuai dengan standar keselamatan dan lindung lingkungan.

PT Elnusa Tbk
Publik (IDX: ELSA)
IndustriJasa Eksplorasi
DidirikanJakarta, Indonesia
PendiriIr. Udaya Hadibroto M.Sc
Kantor
pusat
Graha Elnusa, Jl. TB Simatupang Kav. 1B, Jakarta 12560
Wilayah operasi
Kalimantan,Jawa,Sumatra,Sulawesi
Tokoh
kunci
Tolingul Anwar, (Direktur Utama)
ProdukJasa Eksplorasi Migas
Rp 318.798 Milyar (2016)
Total aset Rp 4.19 Trilyun (2016)
Total ekuitas Rp 2.877 Trilyun (2016)
Karyawan
1.722 orang (2016)
IndukPertamina
Situs webhttp://www.elnusa.co.id/

PT Elnusa Tbk didirikan tanggal 25 Januari 1969 dengan nama PT Electronika Nusantara dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tahun 1969. Kantor pusat ELSA berdomisili di Graha Elnusa Lt. 16, Jl. TB. Simatupang Kav. 1B, Jakarta Selatan. PT Elnusa didirikan oleh Ir. Udaya Hadibroto M.Sc. Pada pendirannya Ir . Udaya Hadibroto juga dibantu dari beberapa teknisi, diantaranya Gunarno yang mana mereka adalah lulusan Institut Teknologi Bandung.

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan ELSA adalah bergerak dalam bidang jasa, perdagangan, pertambangan, pembangunan dan perindustrian. Saat ini, ELSA dan anak usahanya beroperasi di bidang jasa hulu migas dan penyertaan saham pada entitas anak serta entitas ventura bersama yang bergerak dalam berbagai bidang usaha, yaitu jasa dan perdagangan penunjang hulu migas, jasa dan perdagangan hilir migas, jasa pengolahan dan penyimpanan data migas, pengelolaan aset lapangan migas dan jasa telekomunikasi. ELSA juga beroperasi di bidang penyediaan barang dan jasa termasuk penyediaan dan pengelolaan ruang perkantoran kepada anak usaha, pihak berelasi dan pihak ketiga.

Pada tanggal 25 Januari 2008, ELSA memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham ELSA (IPO) kepada masyarakat sebanyak 1.460.000.000 dengan nilai nominal Rp100,- per saham dengan harga penawaran Rp400,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 06 Februari 2008.

Ketika PT Elnusa Tbk berpindah gedung ke Graha Elnusa (TB Simatupang), terdapat 1 ruangan yang dinamakan sesuai dengan nama pendirinya, Ruang Udaya.

Peresmian ruangan tersebut diresmikan oleh Presiden Direktur PT Elnusa Tbk, Ir. Aswad Dipo detemani dengan keluarga (Alm) Udaya Hadibroto; Indah Udaya (Istri), Aksa Udaya (anak), Namira Udaya (anak) dan Ozal Udaya (anak).

Sebagai bagian dari afiliasi Pertamina, pemegang saham pengendali Elnusa memberikan konstribusi yang sangat besar atas keberadaan Elnusa saat ini. Elnusa memiliki 40 tahun lebih pengalaman di industri jasa migas dengan klien baik perusahaan nasional maupun internasional. Elnusa merupakan market leader di industri jasa migas dengan keahlian yang mumpuni dan membawa sampai kancah pasar internasional.

Elnusa mengawali kiprahnya sebagai pendukung operasi PT Pertamina (Persero) pada tahun 1969. Jasa yang ditawarkan Elnusa antara lain terutama dalam memberikan pelayanan termasuk pemeliharaan dan perbaikan, di bidang peralatan komunikasi elektronik, peralatan navigasi dan sistem radar yang digunakan oleh kapal-kapal milik Pertamina.

Pada Oktober 2007, Elnusa kembali melakukan restrukturisasi menjadi perusahaan pertama Indonesia yang memberikan layanan hulu migas terpadu (Integrated Upstream Oil and Gas Services Company). Selain itu, untuk memperkuat lini bisnis, Elnusa memiliki empat afiliasi yang dikonsolidasikan juga dalam struktur korporasi. PT Elnusa Tbk secara resmi terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada tanggal 6 Februari 2008. Dengan sikap profesional, transparansi, clean dan dengan etika bisnis yang terpercaya, Elnusa siap untuk menghadapi tantangan baik secara regional, nasional maupun internasional. Saat ini, Elnusa merupakan pemimpin di sektor jasa migas dengan kliennya yang merupakan perusahaan nasional maupun multi-nasional.

Jasa Migas Elnusa:

1.Jasa Data Geofisik: proses dan penyimpanan data melalui metode seismic dengan peralatan yang dibentangkan di darah, laut dan zona transisi (laut dangkal/hutan bakau) dan laut dalam. Menjadi pionir dalan jasa data geofisikadi Indonesia, Elnusa memegang kendali atas operasi geofisika di Indonesia.

2.Jasa Pengeboran Migas: menyediakan solusi pengeboran dengan manajemen pengeboran, peralatan, pengadaan dan provisi. Tahun 2009, Elnusa melalui Divisi Pengeboran merupakan satu-satunya divisi atau perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan Modular Rig Pertama di Asia Pasifik.

3.Jasa Pengelolaan Lapangan Minyak: mengoperasikan dan memelihara lapangan migas dan sumur, EPC-M, pipa O&M dan fasilitas produksi, penanganan produksi migas dan jasa pendukung pengeboran darat seperti Wireline Logging, Cementing dan Well Testing serta jasa evaluasi produk.

4.Jasa Pendukung: merupakan pelengkap dari jasa migas yang dimiliki Elnusa antara lain data manajemen dan jasa telekomunikasi. Dimana jasa pendukung ini dioperasikan oleh Anak Perusahaan dan Afiliasi Elnusa.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Elnusa, antara lain: PT Pertamina (Persero) (pengendali) (41,10%), Dana Pensiun Pertamina (19,3%) dan PT Prudential Life Assurance-REF (9,51%).

Anak Usaha

Pranala luar