Kabupaten Kudus: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Andissukses (bicara | kontrib)
Andissukses (bicara | kontrib)
Baris 429: Baris 429:
* [[Jenang Kudus]]
* [[Jenang Kudus]]
* Permen Parijoto
* Permen Parijoto
* [[Buah parijoto]]
* [[Buah Parijoto]]
* Permen Cengkih
* Permen Cengkih
* Permen Tembakau
* Permen Tembakau

Revisi per 8 Februari 2019 11.05

Koordinat: 6°51′0″S 110°36′0″E / 6.85000°S 110.60000°E / -6.85000; 110.60000

Kabupaten Kudus
Daerah tingkat II
Kawasan Masjid Menara Kudus
logo
Julukan: 
Kota Kretek, Jerusalem van Java, Kota Jambu Bol
Motto: 
Nagari Carta Bhakti (dari bahasa Jawa yang artinya "Daerah makmur dan berbakti")
Peta
Peta
Kabupaten Kudus di Jawa
Kabupaten Kudus
Kabupaten Kudus
Peta
Kabupaten Kudus di Indonesia
Kabupaten Kudus
Kabupaten Kudus
Kabupaten Kudus (Indonesia)
Koordinat: 6°48′00″S 110°52′00″E / 6.8°S 110.8667°E / -6.8; 110.8667
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
Tanggal berdiri23 September 1549
Dasar hukumUU No. 13 Tahun 1950
Ibu kotaKota Kudus
Jumlah satuan pemerintahan
Daftar
Pemerintahan
 • BupatiH.Ir.M.Tamzil
 • Wakil BupatiHartopo
Luas
 • Total425,15 km²[1] km2 (Formatting error: invalid input when rounding sq mi)
Populasi
 ((2017)[2])
 • Total851,478 jiwa
Demografi
 • AgamaIslam 97,57%
Kristen Protestan 1,59%
Katolik 0,65%
Buddha 0,13%
Samin 0,06%
Hindu 0,003%[2]
 • BahasaIndonesia, Jawa
 • IPM72,94 (2016)[3]
Zona waktuUTC+07:00 (WIB)
Kode pos
-
Kode BPS
3319
Kode area telepon0291
Kode Kemendagri33.19
APBD-
PAD-
DAURp.719.406.935.000.-
Semboyan daerahKudus SEMARAK
(Sehat, Elok, Maju, Aman, Rapi, Asri, Konstitusional)
Slogan pariwisataThe Taste of Java
Flora resmiJambu bol
Fauna resmiCucak ijo
Situs webhttp://www.kuduskab.go.id


Transformasi logo pariwisata Kudus

Kabupaten Kudus adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Ibukota kabupaten ini adalah Kota Kudus, terletak di jalur pantai timur laut Jawa Tengah antara Kota Semarang dan Kota Surabaya. Kota ini berjarak 51 kilometer dari timur Kota Semarang.

Kabupaten Kudus berbatasan dengan Kabupaten Pati di timur, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak di selatan, serta Kabupaten Jepara di barat. Kudus dikenal sebagai kota penghasil rokok (kretek) terbesar di Jawa Tengah dan juga dikenal sebagai kota santri. Kota ini adalah pusat perkembangan agama Islam pada abad pertengahan. Hal ini dapat dilihat dari adanya tiga makam wali/sunan, yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu.

Geografi

Sebagian besar wilayah Kabupaten Kudus adalah dataran rendah. Di sebagian wilayah utara terdapat pegunungan (yaitu Gunung Muria), dengan puncak Puncak Saptorenggo (1.602 m dpl), Puncak Rahtawu (1.522 m dpl), dan Puncak Argojembangan (1.410 m dpl). Sungai terbesar adalah Sungai Serang yang mengalir di sebelah barat, membatasi Kabupaten Kudus dengan Kabupaten Demak. Kudus dibelah oleh Sungai Gelis di bagian tengah sehingga terdapat istilah Kudus Barat dan Kudus Timur.

Sejarah

Selat Muria

Kudus awalnya kota di tepi Sungai Gelis,dan salah satu kota di Pulau Muria. Dahulu Kota Kudus bernama Kota Tajug, disebut Tajug karena di daerah tersebut terdapat banyak Tajug, Tajug merupakan bentuk atap arsitektur tradisional yang sangat kuno dipakai tujuan keramat. Tajug dahulunya di jadikan tempat bersembahyang warga Hindu di daerah tersebut. Dengan demikian kota Tajug dulunya sudah memiliki sifat kekeramatan tertentu. Sunan Kudus mendekati warga kota Tajug dengan membuat struktur atas Menara Kudus yang berbentuk Tajug. Warga hidup dari bertani, membuat batu bata, menangkap ikan, dan berdagang. Setelah kedatangan Sunan Kudus, Kota itu dikenal sebagai "Al-Quds" yang berarti "Kudus". Kota Tajug memang sudah lama menjadi kota perdagangan, tetapi karena posisinya agak jauh dari Selat Muria, tidak ada pelabuhan besar di Kota Tajug, hanya pelabuhan transit, yang nanti akan transit lagi ke Pelabuhan Tanjung Karang di tepi Selat Muria. Pada saat itu, Selat Muria masih dalam dan lebar, sebagai jalan pintas perdagangan. Pelabuhan Tanjung Karang adalah pelabuhan transit penghubung ke pelabuhan Demak, Jepara dan Juwana. Komoditas utama ekspor Pelabuhan Tanjung Karang adalah kayu yang berasal dari muria, yang juga digunakan sebagai salah satu material pembangunan Masjid Agung Demak.

Pedagang dari Timur Tengah, Tiongkok, dan pedagang antar pulau dari sejumlah daerah di Nusantara berdagang kain, barang pecah belah, dan hasil pertanian di Tajug, tepatnya di Pelabuhan Tanjung Karang. Warga Tajug juga terinspirasi filosofi yang dihidupi Sunan Kudus, Gusjigang. Gus berarti bagus, ji berarti mengaji, dan gang berarti berdagang. Melalui filosofi itu, Sunan Kudus menuntun masyarakat menjadi orang berkepribadian bagus, tekun mengaji, dan mau berdagang. Dari pembauran lewat sarana perdagangan dan semangat ”gusjigang” itulah masyarakat Kudus mengenal dan mampu membaca peluang usaha. Dua di antaranya usaha batik dan jenang. Kini, selat muria sudah hilang ditelan sedimentasi, begitupun dengan Pelabuhan Tanjung Karang, hilang dan hancur ditelan sedimentasi.

Berdirinya Masjid Menara Kudus sebagai Hari Jadi Kabupaten Kudus. Masjid Menara Kudus tidak lepas dari peran Sunan Kudus sebagai pendiri dan pemrakarsa. Sebagaimana para walisongo yang lainnya, Sunan Kudus memiliki cara yang amat bijaksana dalam dakwahnya. Di antaranya, dia mampu melakukan adaptasi dan pribumisasi ajaran Islam di tengah masyarakat yang telah memiliki budaya mapan dengan mayoritas beragama Hindu dan Buddha. Pencampuran budaya Hindu dan Budha dalam dakwah yang dilakukan Sunan Kudus, salah satunya dapat kita lihat pada masjid Menara Kudus ini. Masjid ini didirikan pada tahun 956 H atau 1549 M. Hal ini dapat diketahui dari inskripsi (prasasti) pada batu yang lebarnya 30 cm dan panjang 46 cm yang terletak pada mihrab masjid yang ditulis dalam bahasa Arab.

Sebenarnya, banyak orang salah paham dengan Menara Kudus. Masyarakat berpikir bahwa menara kudus dibangun bersama dengan Masjid Menara Kudus, padahal tidak. Menara Kudus sudah ada dari zaman Hindu-Buddha, dan umurnya jauh lebih tua dari Masjid Menara Kudus. Kini, kejayaan dan kemakmuran Kota Kudus karena perdagangan, terulang lagi karena Industri, dan posisi Kudus yang strategis sebagai lalu lintas perdagangan Jawa.Terletak di jalur Pantura, atau AH2 (Asian Highway 2) membuat Kota Kudus ramai, dan maju. Bahkan Kudus adalah yang paling maju di Karesidenan Pati dan di Semenanjung Muria. Pendapatan perkapita Kudus juga yang tertinggi di Jawa tengah, karena hasil industri yang besar, serta penduduk yang tidak terlalu banyak, tetapi dengan kepadatan penduduk yang relatif tinggi.

Asal Nama

Dahulu Kota Kudus bernama Kota "Tajug". Disebut Tajug karena di daerah tersebut terdapat banyak Tajug, Tajug merupakan bentuk atap arsitektur tradisional yang sangat kuno dipakai tujuan keramat. Tajug dahulunya dijadikan tempat bersembahyang warga Hindu. Dengan demikian kota Tajug dulunya sudah memiliki sifat kekeramatan tertentu, kota ini dianggap suci bagi warga setempat yang merupakan beragama Hindu.

Ja'far Shadiq (Sunan Kudus) tidak menghilangkan makna kekeramatan dan kesucian kota Tajuk, terbukti Ja'far Shadiq (Sunan Kudus) menamai kota tersebut dengan nama Kota Kudus berasal dari bahasa Arab yang berarti Suci. Kudus bukan satu-satunya kabupaten yang menyandang nama Arab di Tanah Jawa karena Kabupaten Demak dan Kabupaten Kendal juga berasal dari Bahasa Arab.Pada mulanya Sunan Kudus yang sedang mencari ilmu di Arab ,tepatnya di Palestina, di kota Yerusalem menghadapi sebuah wabah, lalu ditugaskan pemimpin daerah itu untuk menghentikannya, dan berhasil memusnahkan wabah tersebut. Atas nama balas budi, pemimpin daerah itu memberi tanah kepada dia, tetapi dia menolak. Sunan Kudus lebih suka membina tanah di tanah jawa, lalu pemimpin daerah itu memberi sebuah piagam batu, sebagai tanda hadiah kepemilikan tanah. Setelah pulang ke jawa, Sunan Kudus berdakwah di Kota Tajug (nama Kota Kudus sebelum islam), lalu berdakwah, dan membangun masjid di sana. Kini masjid itu dikenal sebagai Masjid Menara Kudus, dan piagam kepemilikan tanah itu ditempatkan di atas mihrab, dan menandai berdirinya Kota Kudus. Sebenarnya disebut Al-Quds, tetapi karena lidah orang Jawa, cukup disebut Kudus saja.

Julukan

Kabupaten Kudus memiliki beberapa julukan, yaitu:

  • Kota Semarak

Kudus memiliki semboyan "Semarak", kependekan dari "Sehat, Elok, Maju, Aman, Rapi, Asri, dan Konstitusional", sebagai slogan pemeliharaan keindahan kota

  • Kota Santri

Karena banyak yang menjadi santri di Kabupaten Kudus. Kabupaten ini juga menjadi pusat perkembangan agama Islam pada abad pertengahan dengan landmark Masjid Menara. Hal itu dapat dilihat dari terdapatnya lima makam yaitu Kyai Telingsing, Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Kedu, Syeh Syadzili.

  • Kota Kretek

Karena Kudus terdapat banyak pabrik rokok di antaranya: Djarum, Sukun, Jambu Bol, dll.

  • Kota Jambu Bol

Kota ini sangat terkenal dengan hasil pertanian jambunya terutama Jambu bol, bahkan jambu bol menjadi flora identitas resmi Kabupaten Kudus.

  • Jerusalem van Java

Masjid Menara Kudus terdapat batu dari daerah Yerusalem (Palestina) yang batu tersebut dibawa oleh Sunan Kudus, oleh karena itu masjid yang dibangun Sunan Kudus diberi nama Masjid Al-Aqsa seperti Masjid yang berada di Yerusalem.

Pemerintahan

Daftar Bupati


Berikut adalah daftar bupati Kudus dari masa ke masa:[4]

No. Bupati Awal Jabatan Akhir Jabatan Wakil Bupati Ref.
1 R. Adipati Ario Padmonegoro
2 Kanjeng R.T. Tjokrohadinegoro
3 Kanjeng Kyai Adipati Ario Tjondronegoro II 1812 1837
4 Kanjeng Pangeran Ario Tjondronegoro IV 1837 1865
5 Kanjeng R Mas AA Tjokronegoro V 1865 1885
* Kanjeng Adipati Tjondronegoro V 1885 1890
6 Kanjeng Adipati Ario Tjokronegoro 1890 1925
* Raden Pandji Toemenggoeng Hadinoto 1925 1940
7 R. Tumenggung Adipati Hadinoto 1940 1943
8 R. Soebianto 1943 1945
Republik Indonesia
9 R. Soebarkah 1945 1946
10 R. M. Soebali 1946 1949
11 R. Ahmad Djojo Soedormo
12 R. Siswandi 1950
13 R. Agoes Tayib Koesoemodihardjo
14 R. Soekirdjo Reksoprodjo 1952 1954
15 R. Salim Hardjohantoro 1954 1958
16 R. Sinoeng Hardjopranoto 1958
17 R. Soeroto Hardjohoebojo 1958 1961
18 Drs. Soenarto Notowidagdo 1961 1966
19 Mochtar Harjo Soewignyo
(1909-1999)[5]
1966
20 Soebari 1967 1972
21 Soerawi 1972
22 Kolonel Inf. Marwotosoeko 1972 1978
23 Kolonel Czi. Wimpie Hardono 1978 1983
24 Kolonel Art. Soehartono 1983 1988
25 Kolonel Inf. H. Soedarsono 1988 1993
1993 1998
26 Kolonel Inf. H. M. Amin Munadjat 1998 2003
27 Ir. Muhammad Tamzil
(1961-)
2003 2008 Noor Haniah
28 H. Musthofa
(1963-)
2008 2013 Budiyono
2013 2018 Abdul Hamid
29 Ir. Muhammad Tamzil
(1961-)
2018 2019 H.M. Hartopo
30 H.M. Hartopo
(1967-)
2021 2023


Dewan Perwakilan

Kecamatan

Kabupaten Kudus terdiri atas 9 kecamatan, yang dibagi lagi atas 123 desa dan 9 kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Kota Kudus. Kudus adalah kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten Kudus terbagi menjadi 3 wilayah pembantu bupati (kawedanan), yaitu: (1) Kawedanan Kota (Kec. Kota Kudus, Jati dan Undaan). (2) Kawedanan Cendono (Kec. Bae, Dawe, Gebog dan Kaliwungu). (3) Kawedanan Tenggeles (Kec. Mejobo dan Jekulo). Rencana kedepan, akan ada kecamatan baru yaitu Kecamatan Kota Kudus Barat, Kota Kudus Timur dan Kecamatan Muria yang merupakan pemecahan dari Kecamatan Dawe. Sedangkan untuk Kecamatan Jekulo, akan dipersiapkan sebagai Ibukota Kabupaten Kudus, untuk Kota Kudus tetap beribukota di Kota Kudus.

DPRD Kudus
2009-2014
Partai Kursi
Lambang PKB PKB 8
Lambang PPP PPP 4
Lambang PAN PAN 2
Lambang PPNUI PPNUI 6
Lambang PKNU PKNU 5
Lambang PDI-P PDI-P 5
Total 30

Pemukiman berdasarkan etnis-sosiologis, perkembangan pemukiman di Kota Kudus dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Kudus Kulon

Pusat kota lama
  • Kauman
  • Kerjasan
  • Langgar Dalem
  • Demangan
  • Janggalan
  • Damaran
  • Kajeksan
Daerah pinggiran kota
  • Krandon
  • Singocandi
  • Purwosari
  • Sunggingan

Kudus Wetan

Daerah Tionghoa
  • Panjunan
  • Kramat
  • Wergu Kulon
Daerah Priyayi
  • Nganguk
  • Glantengan
  • Barongan
Daerah Abangan
  • Mlati Kidul
  • Mlati Lor
  • Mlati Norowito
  • Rendeng
  • Wergu Wetan
Desa–desa lainnya
  • Demaan
  • Burikan
  • Kaliputu
  • Bakalan Krapyak

Mega Proyek

Pemkab dan Bupati Kudus mempunyai beberapa perencanaan jangka panjang dan jangka pendek untuk membangun Kabupaten Kudus, diantaranya:

  • Membangun Trotoar Ramah Disabilitas

membangun trotoar yang aman dan nyaman bagi kaum disabilitas baik itu pengguna kursi roda maupun pengguna tongkat.

  • Membangun Taman Ramah Disabilitas

membangun taman yang aman dan nyaman bagi kaum disabilitas baik itu pengguna kursi roda maupun pengguna tongkat, dengan berbagai fasilitas yang dapat mempermudahkan kaum disabilitas mengunjungi alun-alun.

  • Membangun Tempat parkir Mobil Pribadi

membangun tempat parkir mobil pribadi yang lokasinya dekat dengan kawasan Pasar Kliwon Kudus.

Tugu Perbatasan Kudus

Kabupaten Kudus mempunyai satu gerbang kota yang bernama Gerbang Kudus Kota Kretek di perbatasan Kudus - Demak (Tanggulangin, Jati, Kabupaten Kudus)

Berkas:Pesta Kembang Api di Gerbang Kudus Kota Kretek.jpg
Tahun Baru Pesta Kembang Api di Gerbang Kudus Kota Kretek

Pendidikan

SMA/SMK

SMA/SMK di Kabupaten Kudus, adalah:

  1. SMAN 1 Kudus, di desa Mlati Lor
  2. SMAN 2 Kudus, di desa Purwosari
  3. SMA Muhammadiyah Kudus, di Desa Damaran
  4. SMK Muhammadiyah Kudus, di Desa Prambatan Lor (Dukuh Pereng)
  5. SMK Muhammadiyah PONPES, di Desa Gondoharum
  6. SMK Muhammadiyah Undaan Kudus, di Desa Undaan Lor
  7. MA Muhammadiyah Kudus, di desa Krandon (Dukuh Lemah Gunung)
  8. MA NU TBS Kudus, di desa Kajeksan dan Langgar dalem
  9. MA NU BANAT Kudus, di desa Krandon
  10. MA NU Mu'alimat Kudus, di desa Kojan
  11. SMAN 1 Bae, di desa Bae
  12. SMAN 2 Bae, di desa Gondangmanis, Bae, Kudus
  13. SMK Wisudha Karya Kudus, di desa Mlati Norowito
  14. SMK Negeri 1 Kudus, di desa Purwosari
  15. SMK Negeri 2 Kudus, di desa Rejosari
  16. SMK Negeri 3 Kudus, di desa Kalirejo
  17. MAN 1 Kudus di desa Karang Bener Bae
  18. MAN 2 Kudus, di desa Prambatan Kidul
  19. SMK Nu Maarif Kudus, di desa Prambatan Lor
  20. MA NU Nurul Ulum Jekulo
  21. MA Ma'ahid Kudus, di desa Krapyak
  22. SMAN 1 Jekulo di desa Klaling
  23. SMAN 1 Mejobo di desa Mejobo
  24. SMAN 1 Gebog di desa Gebog
  25. SMK Raden Umar Said di desa Besito
  26. SMA Masehi di Desa Panjunan
  27. MA NU Raden Umar Sa'id, di Colo Dawe Kudus
  28. MA, SMK NU Miftahul Falah, di Cendono
  29. MA NU Ibtida'ul Falah, di Samirejo Dawe

Perguruan tinggi

Perguruan tinggi di kabupaten Kudus, adalah:

Pelatihan kerja

Lembaga Pelatihan Kerja di Kabupaten Kudus, adalah:

Kesehatan

Ekonomi

Industri

Perkembangan perekonomian di Kudus tidak lepas dari pengaruh perindustrian. Beberapa perusahaan industri besar yang ada di Kudus adalah PT. Djarum (Industri Rokok), Petra, Djambul Bol, PR. Sukun (Industri Rokok), PT. Nojorono, PT. Hartono Istana Teknologi (d/h Polytron - Industri Elektronik), PT. Pura Barutama (Industri Kertas & Percetakan). Selain itu Kudus juga memiliki ribuan perusahaan industri kecil dan menengah.

Transportasi

Terdapat beberapa jenis moda transportasi di Kudus, di antaranya:

Kereta api

Dulu, terdapat perusahaan kereta api dan trem Semarang Joana Stroomtram Maatschappij (SJS). Perusahaan tersebut pada tahun 1885 membuka jalur Semarang-Genuk-Demak-Kudus-Pati-Joana (sekarang Juwana). Setelah itu, pada 5 Mei 1895 perusahaan tersebut menambah jalurnya ke barat yakni membuka jalur Kudus-Mayong-Gotri-Pecangaan. Pada 1 Mei 1900 juga menambah jalur kereta api ke timur hingga mencapai Rembang dan Lasem. Pada tahun itu juga, pada 10 November SJS membuka jalur baru lagi yang melayani rute Mayong-Welahan-Demak-Semarang.

Bus

Kudus terdapat 2 Terminal Bus yaitu:

  • Terminal Induk Jati Wetan Kudus (Tipe A).
  • Terminal Jetak (Tipe C).

Angkota

Kudus terdapat beberapa angkota dengan jurusan yang berbeda-beda sesuai dengan warna angkota tersebut.

  • Warna Ungu, jurusan Terminal Jetak - Matahari Kudus - Terminal Kudus
  • Warna Putih, jurusan Terminal Kudus - UMK
  • Warna Hijau, jurusan Pasar Bareng - Terminal Kudus
  • Warna Biru Laut, jurusan Karangmalang - Terminal Kudus
  • Warna Kuning, jurusan Bae - Terminal Kudus
  • Warna Merah, jurusan Pasar Brayung
  • Warna Merah Muda, jurusan Singocandi - Menara Kudus
  • Warna Coklat Muda, jurusan Sudimoro - Terminal Kudus
  • Warna Hijau dan Kuning Jurusan Jekulo - Gondoharum

Taksi

Kudus mempunyai beberapa armada taksi yaitu :

  • Estu Taxi
  • Kencana Taxi
  • Abadi Taxi

Olahraga

Kudus memiliki klub profesional dalam beberapa cabang olahraga, yaitu:

Pariwisata

Berkas:Air Terjun Monthel.JPG
Air Terjun Monthel
Berkas:Menara-Kudus.JPG
Masjid Menara Kudus
Berkas:Kudus Identity Monument Tugu Identitas Kudus.JPG
Tugu Identitas Kudus
Berkas:Museum Kretek Baru.JPG
Museum Kretek Kudus
Kudus Extension Mall

Wisata Alam

Wisata Sejarah

Wisata Keluarga

Wisata Desa

Wisata Religi (ziarah)

Wisata Kuliner

Wisata Malam

Wisata Belanja

Acara (Perayaan)

Acara modern

Acara Tradisional

Seni & Budaya

Kuliner Khas

Soto Kudus
Jenang Kudus

Masakan

Kabupaten Kudus mempunyai beberapa masakan khas, di antaranya:

Sambal

Kabupaten Kudus mempunyai beberapa sambal khas, di antaranya:

Minuman

Kabupaten Kudus mempunyai beberapa minuman khas, di antaranya:

Kopi Jetak adalah Kopi yang kebunnya berasal dari daerah yang bernama Jetak yaitu di Desa Kedungdowo.

Minuman ini merupakan minuman berasal dari alang-alang yang di keringkan kemudian dijadikan wedhang, Wedang Alang-Alang terdapat di daerah Kaliwungu

Nama Pejuh adalah berasal dari singkatan bahan-bahanya yaitu Jeruk "P"am"e"lo, "J"ahe, Sus"u" Kental Manis Putih, Sere"h". Caranya: Rebus air, lalu masukan jahe yang sudah di geprek dan masukan sereh yang di geprek, lalu setelah mendidih tuang kegelas, masukan susu kental manis yang putih, kemudian masukan bulir-bulir Jeruk Pamelo.

Oleh-Oleh

Kabupaten Kudus mempunyai beberapa Oleh-oleh khas, di antaranya:

Media

Radio

Kudus memiliki sejumlah radio, di antaranya:

Nama Frekuensi Situs

-

Radio Muria Kudus AM 1440 http://www.radiomuriakudus.com/}}
Suara Kudus FM 88.0 http://www.radiosuarakudus.com/}}
POP FM Kudus FM 93.7
Yasika FM Kudus FM 107.1
Manggala Station FM 100.4
Kumbaya FM FM 107.7
Trend Radio FM 101.6
MerCy FM FM 97.9

Tokoh

Tokoh Politik

Tokoh agama

Tokoh penanggalan

  • K.H. Turaichan Ad Djusyarofi Pakar Almanak/penanggalan Internasional
  • K.H. Ma'ruf Irsyad
  • K.H. Ma'ruf Asnawi
  • K.H. Sya'roni Ahmadi
  • K.H. Mansur,MA
  • K.H. Ulin Nuha Arwani
  • K.H. Ulil Albab Arwani
  • K.H. Achmad Rofiq Hadziq
  • K.H. Subhan ZE

Tokoh olahraga

Referensi

  1. ^ a b c d "Permendagri no.137 tahun 2017". 27 Desember 2017. Diakses tanggal 12 Juni 2018. 
  2. ^ a b "Kabupaten Kudus Dalam Angka 2017". BPS Kabupaten Kudus. Diakses tanggal 6 November 2018. 
  3. ^ "Indeks Pembangunan Manusia 2016". Diakses tanggal 2018-07-06. 
  4. ^ "Periodesasi Bupati Kudus | Pemerintah Kabupaten Kudus". www.kuduskab.go.id. Diakses tanggal 24 November 2023. 
  5. ^ "Mengenal Mochtar HS, Bupati Kudus yang Dikenal Jujur dan Sederhana Hingga Diberi Rumah oleh Warganya". Beta News ID. 22 Agustus 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 November 2023. Diakses tanggal 29 November 2023. 
  6. ^ Pati Ekspres: Pusat kuliner malam hari dioperasikan

Pranala luar