Rudolf I dari Jerman: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
3 bita dihapus ,  1 tahun yang lalu
k
Bot: Penggantian teks otomatis (-Perancis +Prancis)
(→‎Kehidupan awal: Negara Gereja)
k (Bot: Penggantian teks otomatis (-Perancis +Prancis))
Rudolf dimahkotai di [[Katedral Aachen]] pada tanggal 24 Oktober 1273. Untuk memenangkan kembali Paus, Rudolf mengumumkan seluruh hak-hak kerajaan di [[Roma]], wilayah kepausan, dan Sisilia, dan berjanji untuk memimpin sebuah [[Perang Salib]] baru. [[Paus Gregorius X]], dibalik protes Otakar, bukan hanya diakui oleh Rudolph sendiri, namun dibujuk oleh Raja [[Alfonso X dari Kastilia]] (cucu laki-laki [[Philipp dari Swabia]] yang lain), yang terpilih (anti-)raja Jerman pada tahun 1257 sebagai pewaris Pangeran [[Willem II, Pangeran Holland|Willem II dari Holland]], untuk melakukan hal yang sama. Kemudian, Rudolf melampaui kedua pewaris wangsa Hohenstaufen yang tadinya ia layani dengan sangat setia.
 
Pada tahun 1281 istri pertamanya wafat. Pada tanggal 5 Februari 1284, ia menikahi [[Isabelle dari Burgundia|Isabelle]], putri Adipati [[Hugues IV, Adipati Burgundia|Hugues IV dari Burgundia]], negara tetangga kerajaan di bagian barat di dalam [[Kerajaan PerancisPrancis]].
 
Rudolf tidak begitu berhasil di dalam memulihkan kedamaian internal. Perintah-perintah dengan pasti dikeluarkan untuk mendirikan wilayah-wilayah damai di [[Sejarah Bayern|Bayern]], [[Franken]] dan Swabia, dan setelah itu untuk seluruh kerajaan. Namun raja kekurangan kekuasaan, sumber daya atau penentuan untuk memaksa mereka, meskipun di bulan Desember 1289 ia memimpin sebuah ekspedisi ke [[Thüringen]] di mana ia menghancurkan sejumlah [[baron perampok|puri perampok]].
# [[Agnes dari Habsburg|Agnes]] (sekitar 1257–11 Oktober 1322, [[Wittenberg]]), menikah 1273 dengan [[Albert II, Adipati Saxe-Wittenberg]] dan menjadi ibu [[Rudolf I, Pemilih Sachsen]].
# [[Hedwig dari Habsburg|Hedwig]] (wafat 1285/86), menikah 1270 di Wina dengan [[Otto VI, Margrave dari Brandenburg]] dan tanpa keturunan.
# [[Clementia dari Habsburg|Clementia]] (sekitar 1262–setelah 7 Februari 1293), menikah 1281 di Wina dengan [[Charles Martel dari Anjou]], tuntuan kepausan atas tahta [[Hongaria]] dan ibu Raja [[Károly I dari Hongaria]], juga Ratu [[Clementia dari PerancisPrancis]], dirinya sendiri adalah ibu dari Raja [[Jean I dari PerancisPrancis]].
# Hartmann (1263, [[Rheinfelden]]–21 Desember 1281), dibenamkan di [[Rheinau]].
# [[Rudolf II, Adipati Austria]] dan Stiria (1270–10 Mei 1290, [[Praha]]), tituler [[Adipati Swabia]], ayah [[Johann Parricida|Johann Parricida dari Austria]].

Menu navigasi