Desiderata dari Lombardia: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
k
Bot: Penggantian teks otomatis (-Perancis +Prancis)
k (Bot: Perubahan kosmetika)
k (Bot: Penggantian teks otomatis (-Perancis +Prancis))
 
'''Desiderata''' merupakan salah satu putri [[Desiderius]], Raja [[Lombardia]], dan ratunya, [[Ansa, Ratu Lombardia|Ansa]]. Ia menikah dengan [[Charlemagne]], [[Raja Franka]], pada tahun 770, kemungkinan untuk membentuk suatu ikatan di antara negara-negara Francia dan Lombardia. Pernikahan tersebut dibatalkan pada tahun 771 dan hal ini melukai hubungan dengan Lombardia, memicu [[Perang Pavia (774)|perang tahun 774]]. Ia tidak memiliki keturunan dan nasib akhirnya tidak diketahui.
 
Meskipun ia dikenal dengan nama ''Desiderata'', sekarang diteorikan nama tersebut diambil dari kesalahan edit pada salinan abad ke-19 ''[[Monumenta Germaniae Historica]]'' yang mengeja D di dalam ''desideratam filiam'' ([[Latin]] untuk ''putri yang diinginkan''). Bahkan kesalahan ini kadang diperparah dengan pembentukan kembali '''Desideria''', nama pertama yang lebih mungkin (bentuk femina Desiderius, nama ayahnya), atau diterjemahkan (ke dalam [[bahasa PerancisPrancis]], '''Désirée''').
 
Sejarawan Carolingia terkemuka, Janet Nelson, menghipotesakan di dalam karya tahun 1998 "Setelah Keruntuhan Roma" bahwa puteri Desiderius sebenarnya bernama Gerperga. Alasan yang digunakan oleh Nelson Hinges tampaknya memiliki banyak kekacauan antara dirinya dan Gerberga, istri bangsa Franka [[Carloman I]] yang merupakan saudara Charlemagne dan rekan-penguasa tahun 768-771. Bahkan Paus Stefanus III tampaknya bingung pada dua dan para penulis sejarah dan analis tampaknya percaya bahwa Gerberga melarikan diri ketika suaminya meninggal, ke istana ayahnya (ia lari ke Desiderius, yang jelas bukan ayahnya).
 
Apa yang pasti adalah bahwa Desiderius dan Ansa memiliki tiga anak perempuan lainnya yang bernama [[Anselperga]], [[Adelperga]], dan [[Liutperga]]. Kesamaan dalam nama putri mereka berakhir "-Perga". Berdasarkan hal ini, penulis percaya kebingungan ini disebabkan karena kedua ratu (istri-istri dari dua bersaudara Charles dan Carloman) memiliki nama yang sama, yaitu Gerberga atau Gerperga, yang masing-masing bangsa Franka dan Lombardia dari nama modern PerancisPrancis ''Gerberge''.
 
== Sumber ==

Menu navigasi