Ekstraksi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Guswandhi (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
{{rapikan}}'''[[Ekstraksi]]''' adalah proses pemisahan suatu zat berdasarkan perbedaan kelarutannya terhadap dua [[cairan immiscible]] yang berbeda, biasanya air dan yang lainnya [[pelarut]] [[organik]]. Ekstraksi cair-cair merupakan proses yang umum digunakan, baik itu skala laboratorium maupun skala industri.
'''[[Ekstraksi]]''' adalah proses pemisahan suatu zat berdasarkan perbedaan kelarutannya terhadap dua cairan tidak saling larut yang berbeda, biasanya air dan yang lainnya [[pelarut]] [[organik]].

Proses ekstraksi dapat berlangsung pada:
*Ekstraksi [[parfum]], untuk mendapatkan komponen dari [[bahan]] yang wangi.
*Ekstraksi cair-cair atau dikenal juga dengan nama ekstraksi solven. Ekstraksi jenis ini merupakan proses yang umum digunakan dalam skala laboratorium maupun skala industri.
*[[Leaching]], adalah proses pemisahan kimia yang bertujuan untuk memisahkan suatu [[senyawa kimia]] dari matriks padatan ke dalam cairan.

Revisi per 30 Mei 2008 19.01

Ekstraksi adalah proses pemisahan suatu zat berdasarkan perbedaan kelarutannya terhadap dua cairan tidak saling larut yang berbeda, biasanya air dan yang lainnya pelarut organik.

Proses ekstraksi dapat berlangsung pada:

  • Ekstraksi parfum, untuk mendapatkan komponen dari bahan yang wangi.
  • Ekstraksi cair-cair atau dikenal juga dengan nama ekstraksi solven. Ekstraksi jenis ini merupakan proses yang umum digunakan dalam skala laboratorium maupun skala industri.
  • Leaching, adalah proses pemisahan kimia yang bertujuan untuk memisahkan suatu senyawa kimia dari matriks padatan ke dalam cairan.