Cassini–Huygens: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Bagas12221 (bicara | kontrib)
k maaf jika masih banyak yang salah
terjemahan perlu disempurnakan
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Cassini Saturn Orbit Insertion.jpg|300px|jmpl|ka|Gambaran Artis tentang Cassini yang mengorbit Saturnus.]]
Misi Cassini-Huygens (/ [[C|ke]]'[[si]]:[[ni]] ˈ[[hɔɪɡənz]]/{{Respell|kə|SEE|nee|_|HOY|gənz}}, yang biasa disebut Cassini, adalah kolaborasi antara [[Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat]], [[European Space Agency]] (ESA), dan [[Badan Antariksa Italia]] (ASI) untuk mengirim probe untuk mempelajari planet [[saturnus]] dan sistemnya, termasuk [[Cincin Saturnus]] dan [[satelit alami]]. [[andalan]] kelas pesawat [[robot ruang angkasa]] terdiri keduanya NASA Cassini probe, dan ESA [[Huygens (pesawat luar angkasa)|Huygens]] yang mendarat di bulan terbesar [[saturnus]], [[Titan (satelit)|Titan]]<ref>{{Cite web|url=https://science.nasa.gov/about-us/smd-programs/outer-planets-flagship/|title=Outer Planets Flagship {{!}} Science Mission Directorate|website=science.nasa.gov|language=en|access-date=2018-12-01}}</ref> .Cassini adalah ruang penyelidikan keempat untuk mengunjungi Saturnus dan yang pertama untuk memasuki orbitnya. Pesawat itu diberi nama setelah astronom Giovanni Cassini dan Christiaan Huygens.
[[Berkas:Cassini interplanet trajectory.png|300px|jmpl]]

[[Berkas:Huygens Probe Descent Profile.jpg|200px|jmpl]]
Diluncurkan atas sebuah IVB Titan / Centaur pada 15 Oktober 1997, Cassini aktif dalam ruang selama hampir 20 tahun, dengan 13 tahun menghabiskan mengorbit Saturnus, mempelajari planet dan sistem setelah memasuki orbit pada tanggal 1 Juli, 2004.The perjalanan ke Saturnus termasuk flybys Venus (April 1998 dan Juli 1999), Bumi (Agustus 1999), asteroid 2685 Masursky, dan Jupiter (Desember 2000). misinya berakhir pada 15 September, 2017, ketika lintasan Cassini membawanya ke atmosfer atas Saturnus dan dibakar [9] [10] untuk mencegah risiko kontaminasi bulan Saturnus, yang mungkin telah menawarkan lingkungan layak huni untuk penumpang gelap mikroba terestrial pada pesawat luar angkasa. Misi ini secara luas dianggap telah berhasil melampaui ekspektasi. Cassini-Huygens telah dijelaskan oleh Direktur Divisi Planetary Science NASA sebagai "misi pengalaman pertama", yang telah merevolusi pemahaman manusia dari sistem Saturnus, termasuk bulan dan cincin, dan pemahaman kita tentang di mana kehidupan bisa ditemukan di tata surya.
'''Cassini–Huygens''' adalah sebuah pesawat angkasa yang dibuat bersama oleh [[NASA]]/[[European Space Agency|ESA]]/[[Italian Space Agency|ASI]], yang mempelajari [[Saturnus]] dan satelit alaminya. Pesawat angkasa ini memiliki 2 bagian utama: ''Pengorbit Cassini'' milik NASA, yang dinamai dengan nama astronom Italia-Perancis [[Giovanni Domenico Cassini]], dan 'Wahana Huygens'' milik ASI, dinamai atas nama seorang astronom, ahli matematika dan ahli fisika [[Belanda]] [[Christiaan Huygens]]. Pesawat ini diluncurkan pada tanggal [[15 Oktober]] [[1997]] dan memasuki [[orbit]] Saturnus pada tanggal [[1 Juli]] [[2004]]. Pada tanggal [[25 Desember]] [[2004]], Wahana Huygens berpisah dari pengorbit dan mendarat di satelit Saturnus, [[Titan]] pada tanggal [[14 Januari]] [[2005]], dan mengirim informasi tentang Titan kepada ilmuwan untuk dipelajari. Pesawat ini adalah pesawat pertama yang memasuki orbit Saturnus dan pesawat angkasa keempat yang mengunjungi Saturnus.

Misi asli Cassini direncanakan akan berlangsung selama empat tahun, dari Juni 2004 hingga Mei 2008. Misi diperpanjang selama dua tahun hingga September 2010, bermerek Cassini Equinox Mission. Misi ini diperpanjang waktu kedua dan terakhir dengan Misi Solstice Cassini, yang berlangsung tujuh tahun lagi hingga 15 September 2017, di mana tanggal Cassini dide-orbited untuk terbakar di atmosfer atas Saturnus.

Modul Huygens melakukan perjalanan bersama Cassini hingga pemisahannya dari penyelidikan pada 25 Desember 2004; itu mendarat dengan parasut di Titan pada tanggal 14 Januari 2005. Ini mengembalikan data ke Bumi selama sekitar 90 menit, menggunakan orbiter sebagai relay. Ini adalah pendaratan pertama yang pernah dicapai di Tata Surya bagian luar dan pendaratan pertama di bulan selain kita sendiri.

Pada akhir misinya, pesawat ruang angkasa Cassini dieksekusi "Grand Finale" dari misinya: sejumlah melewati berisiko melalui celah-celah antara Saturnus dan Saturnus tujuan rings.The dalam dari fase ini adalah untuk memaksimalkan hasil ilmiah Cassini sebelum pesawat ruang angkasa itu dibuang. Masuknya atmosfer Cassini mengakhiri misi, tetapi analisis data yang dikembalikan akan terus berlanjut selama bertahun-tahun.


== Pranala luar ==
* [http://www.nasa.gov/mission_pages/cassini/main/ Cassini-Huygens Main Page] at [[NASA]]
* [http://saturn.jpl.nasa.gov/ Cassini Mission Homepage] by the Jet Propulsion Laboratory
* [http://solarsystem.nasa.gov/missions/profile.cfm?MCode=Cassini Cassini-Huygens Mission Profile] by NASA's Solar System Exploration
* [http://ciclops.org/ Cassini Imaging Homepage]
* [http://nssdc.gsfc.nasa.gov/planetary/cassini.html Cassini information] by the National Space Science Data Center (NSSDC).
* [http://www.futura-sciences.com/communiquer/g/showgallery.php/cat/525/page/ Photo Gallery - full coverage]
* [http://www.spacedaily.com/news/cassini-01a.html Cassini's Tour de Saturn part A], [http://www.spacedaily.com/news/cassini-01b.html B], [http://www.spacedaily.com/news/cassini-01c.html C], [http://www.spacedaily.com/news/cassini-01d1.html D], [http://www.spacedaily.com/news/cassini-01e.html E], [http://www.spacedaily.com/news/cassini-01f1.html F] – descriptions of the 4-year tour of Saturn by Bruce Moomaw
* [http://www.spaceflightnow.com/cassini/ SpaceflightNow news coverage of the mission]
* [http://baltimorechronicle.com/cassini_probe_2.html Countdown to Cancel the Cassini Space Probe] by the Baltimore Peace Network in 1997 due to concerns over the use of plutonium
* [http://www.suekientz.com/cassini/ Spacecraft Cassini is Visiting Saturn!] — children's stories explaining the Cassini mission
{{astronomi-stub}}


[[Kategori:Penjelajahan angkasa]]
[[Kategori:Penjelajahan angkasa]]

Revisi per 2 Desember 2018 14.39

Gambaran Artis tentang Cassini yang mengorbit Saturnus.

Cassini–Huygens adalah sebuah pesawat angkasa yang dibuat bersama oleh NASA/ESA/ASI, yang mempelajari Saturnus dan satelit alaminya. Pesawat angkasa ini memiliki 2 bagian utama: Pengorbit Cassini milik NASA, yang dinamai dengan nama astronom Italia-Perancis Giovanni Domenico Cassini, dan 'Wahana Huygens milik ASI, dinamai atas nama seorang astronom, ahli matematika dan ahli fisika Belanda Christiaan Huygens. Pesawat ini diluncurkan pada tanggal 15 Oktober 1997 dan memasuki orbit Saturnus pada tanggal 1 Juli 2004. Pada tanggal 25 Desember 2004, Wahana Huygens berpisah dari pengorbit dan mendarat di satelit Saturnus, Titan pada tanggal 14 Januari 2005, dan mengirim informasi tentang Titan kepada ilmuwan untuk dipelajari. Pesawat ini adalah pesawat pertama yang memasuki orbit Saturnus dan pesawat angkasa keempat yang mengunjungi Saturnus.

Pranala luar