Augustus: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tidak ada perubahan ukuran ,  1 tahun yang lalu
→‎Biografi: Perbaikan kesalahan penulisan
(→‎Biografi: Perbaikan kesalahan penulisan)
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Sebenarnya gelar Augustus sendiri diberikan oleh senat [[Romawi]] yang artinya [[Raja]]. Octavian sendiri tak terlalu menganggap istimewa gelar tersebut dan tak pernah merasa sebagai [[Raja]]. Sebelum memimpin [[Romawi]], Octavian terkenal beringas dan tegas namun saat ia sudah dipuncak kepemimpinan sifatnya berubah bijak dan lembut. Hal ini menarik simpati rakyat dan senat [[Romawi]].
 
Pada 27SM, Octavian mengumumkan akan mengubah sistem pemerintahan [[kerajaan]] menjadi [[Republik]]. Reputasi Octavian pun naik tajam apalagi ia bersedia mundur dari berbagai jabatan yang dipegangnya. Namun kenyataannya ia tetap berkuasa atas [[Spanyol]], [[Suriah]] dan [[Gaul]] yang merupakan basis militer terkuat [[Romawi]]. Secara teori, [[Romawi]] telah berubah menjadi [[Republik]] dan Octavian menjadi warga biasa namun kenyataannya rakyat dan senat [[Romawi]] sangat percaya pada Octavian dan memberikan jabatan apa saja yang diinginkan Octavian karena Octavian telah nerhasilberhasil merebut hati mereka. Octavian atau Augustus sendiri secara tak kentara tetaplah seorang [[kaisar]] dan diktator efektif dalam makna yang sebenarnya.
 
Octavian atau Augustus Caesar sangatlah piawai dalam memimpin [[Romawi]]. Ia betul-betul sang negarawan sejati di mana ia bisa menekan pemberontakan dan menutup celah-celah yang berpotensi menjadi perpecahan untuk [[perang saudara]]. Wibawa dan kharismanya begitu tinggi. Ia menjadi panutan bagi pemimpin [[Romawi]] sesudahnya. Dibawah kepemimpinannya juga [[Romawi]] berhasil memperluas wilayahnya hingga [[Spanyol]], [[Swiss]], [[Galatia]] – Asia Kecil.
Pengguna anonim

Menu navigasi