Sotion Ardjanggi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
nama pt yang seharusnya pn
k Bot: Penggantian teks otomatis (-Di tahun +Pada tahun)
Baris 32: Baris 32:


==== Karier ====
==== Karier ====
Pada tahun 1957, sepulang dari Tugas Belajar di Belanda dan Jerman, Sotion memulai kariernya sebagai ''technical foreman'' di bengkel pemeliharaan mesin di pabrik [[Semen Gresik]]. Di tahun-tahun berikutnya, Sotion ditugaskan untuk menjadi Kepala Bengkel Pemeliharaan Mesin, hingga menjabat sebagai Kepala Pabrik Semen Gresik. Lalu kemudian dipercaya sebagai Direktur P.N. Semen Gresik.
Pada tahun 1957, sepulang dari Tugas Belajar di Belanda dan Jerman, Sotion memulai kariernya sebagai ''technical foreman'' di bengkel pemeliharaan mesin di pabrik [[Semen Gresik]]. Pada tahun-tahun berikutnya, Sotion ditugaskan untuk menjadi Kepala Bengkel Pemeliharaan Mesin, hingga menjabat sebagai Kepala Pabrik Semen Gresik. Lalu kemudian dipercaya sebagai Direktur P.N. Semen Gresik.


Pada tahun 1963, semasa masih menjabat sebagai Direktur Perum Semen Gresik, Sotion juga ditunjuk menjadi Penjabat Presiden Direktur Pabrik [[Semen Padang]], setelah perusahaan itu dinasionalisasi dari pihak swasta Belanda. Sejak tahun 1966, ia diangkat sebagai Presiden Direktur N.V. Semen Gresik, tugas yang terus dilaksanakannya hingga tahun 1981, dimana dalam kurun waktu kepemimpinannya status P.N. Semen Gresik berubah menjadi P.T. Semen Gresik.
Pada tahun 1963, semasa masih menjabat sebagai Direktur Perum Semen Gresik, Sotion juga ditunjuk menjadi Penjabat Presiden Direktur Pabrik [[Semen Padang]], setelah perusahaan itu dinasionalisasi dari pihak swasta Belanda. Sejak tahun 1966, ia diangkat sebagai Presiden Direktur N.V. Semen Gresik, tugas yang terus dilaksanakannya hingga tahun 1981, dimana dalam kurun waktu kepemimpinannya status P.N. Semen Gresik berubah menjadi P.T. Semen Gresik.

Revisi per 13 November 2018 05.15

Sotion Ardjanggi
Lahir1929
Belanda Bukittinggi, Hindia Belanda
MeninggalSeptember 2003 (umur 74)
KebangsaanIndonesia Indonesia
Almamater- Institut Teknologi Bandung
- TH-Delft, Belanda
PekerjaanTeknokrat, profesional
Dikenal atas- Ketua Umum Kadin
- Dirjen Aneka Industri Departemen Perindustrian
Suami/istriFarida Bermawi
Anak- Gresiana Faridiany
- Novalinda Jonafrianty
- Tiananda Ramayumanty
- Bermawanda Chandra Fizanta Ardjanggi
- Anton Quintana Putra

Ir. Sotion Ardjanggi gelar Datuk Mangkuto Alam (lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 1929 - meninggal September 2003 pada umur 74 tahun) adalah seorang teknokrat, ekonom dan profesional Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Aneka Industri Departemen Perindustrian, Ketua Umum Kadin, dan direktur utama serta komisaris utama pada beberapa perusahaan negara (BUMN).

Riwayat

Kehidupan pribadi

Sotion Ardjanggi lahir di kota Bukittinggi, Sumatera Barat, pada tahun 1929. Ia menikah dengan Farida Bermawi, putri dari Bermawi Sutan Rajo Ameh (Sutan Radja Emas), Wali kota Bukittinggi yang pertama. Dalam pernikahannya, Sotion dikaruniai lima orang anak, yaitu Gresiana Faridiany, Novalinda Jonafrianty, Tiananda Ramayumanty, Bermawanda Chandra Fizanta Ardjanggi, dan Anton Quintana Putra.

Sotion Ardjanggi, adalah mertua dari Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, setelah Din menikahi putri kedua Sotion, Novalinda Jonafrianty.[1][2] .

Pendidikan

Sotion Ardjanggi menyelesaikan pendidikan tingginya di Jurusan Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB - pada waktu itu masih bernama Technische Hoogeschoole (TH)) pada tahun 1955, dengan Tugas Akhir TA/Skripsi Mesin Kereta Api, untuk kemudian melanjutkan ke TH-Delft di Belanda, dengan mata kuliah tambahan Sosiologi Industri dan Psikologi Industri, lalu pada tahun 1956 magang di Perusahaan Permesinan "Friederich Machinen" di Muenchen, Jerman.

Karier

Pada tahun 1957, sepulang dari Tugas Belajar di Belanda dan Jerman, Sotion memulai kariernya sebagai technical foreman di bengkel pemeliharaan mesin di pabrik Semen Gresik. Pada tahun-tahun berikutnya, Sotion ditugaskan untuk menjadi Kepala Bengkel Pemeliharaan Mesin, hingga menjabat sebagai Kepala Pabrik Semen Gresik. Lalu kemudian dipercaya sebagai Direktur P.N. Semen Gresik.

Pada tahun 1963, semasa masih menjabat sebagai Direktur Perum Semen Gresik, Sotion juga ditunjuk menjadi Penjabat Presiden Direktur Pabrik Semen Padang, setelah perusahaan itu dinasionalisasi dari pihak swasta Belanda. Sejak tahun 1966, ia diangkat sebagai Presiden Direktur N.V. Semen Gresik, tugas yang terus dilaksanakannya hingga tahun 1981, dimana dalam kurun waktu kepemimpinannya status P.N. Semen Gresik berubah menjadi P.T. Semen Gresik.

Disamping menjadi pimpinan di Semen Gresik dan Semen Padang, putra Bukittinggi, Sumatera Barat, ini juga pernah dipercaya mengurus perusahaan BUMN lainnya, yaitu sebagai Presiden Komisaris PT Semen Baturaja, Pendiri dan Presiden Komisaris P.T Semen Cibinong, Presiden Komisaris P.T. Semen Andalas, Komisaris beberapa BUMN lainnya, Direktur Utama PT Pupuk Sriwijaya (Pusri), Palembang. Selanjutnya kariernya-pun menanjak dengan diangkat menjadi Direktur Jendral (Dirjen) Aneka Industri Departemen Perindustrian (sekarang Kementerian Perindustrian), lalu berlanjut dengan menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Beberapa jabatan yang pernah diemban oleh Sotion Ardjanggi:

  • Penjabat Presiden Direktur (Presdir) Pabrik Semen Padang (1959-.....)
  • 1957. Mechanical Foreman (Ahli Mesin), di Bengkel Pemeliharaan Mesin, Pabrik NV Semen Gresik
  • 1959. Kepala Bengkel Pemeliharaan Mesin PN Semen Gresik.
  • 1960 - 1963. Kepala Pabrik PN Semen Gresik.
  • 1963 - 1966. Direktur PT Semen Gresik.
  • 1966 - 1981. Presiden Direktur (Direktur Utama / Dirut) PT Semen Gresik.
  • 1974. Pendiri PT Semen Cibinong, Indonesia
  • 1974 -1979. Presiden Komisaris (Preskom) PT Semen Baturaja
  • 1980 -1983. Presiden Direktur / Direktur Utama PT Pupuk Sriwijaya (Pusri)
  • 1983 -1988. Direktur Jenderal (Dirjen) Aneka Industri, Departemen Perindustrian
  • Presiden Komisaris PT Semen Andalas, Indonesia
  • Presiden Komisaris PT.Phillips Ralin, Indonesia
Di bidang pendidikan
  • Dekan Fakultas Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya (1969-1971)
  • Pendiri Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) (1974)
Organisasi dan asosiasi nasional/internasional
  • Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) (1988-1993)
  • Ketua Dewan Pembina Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) 1993-1998
  • Anggota MPR (Majelis Permusyawaratan Republik Indonesia)
  • Ketua Asosiasi Semen Indonesia (ASI)
  • President of Asean Federation of Cement Manufacturers ( AFCM) / Ketua Federasi Produsen Semen Negara-negara Asean
  • Ketua Presidium APPI (Asosiasi Produsen Pupuk Indonesia)

Referensi

  1. ^ "Inilah Sosok Calon Istri Din Syamsuddin" Okezone.com, 11 Maret 2011.
  2. ^ "Din Syamsuddin Bulan Madu di Rumah Baru" Makassar.tribunnews.com, 14 Maret 2011.

Pranala luar

Jabatan bisnis
Didahului oleh:
Sukamdani Sahid Gitosardjono
Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia
1988 - 1993
Diteruskan oleh:
Aburizal Bakrie