Stasiun Solo Balapan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 90: Baris 90:


==== Kelas campuran ====
==== Kelas campuran ====
* [[Kereta api Lodaya|Lodaya (reguler dan tambahan)]], dari dan tujuan [[Stasiun Bandung|Bandung]] via [[Stasiun Yogyakarta|Yogyakarta]]-[[Stasiun Tasikmalaya|Tasikmalaya]] (eksekutif-bisnis)
* [[Kereta api Lodaya|Lodaya (reguler dan tambahan)]], dari dan tujuan [[Stasiun Bandung|Bandung]] via [[Stasiun Yogyakarta|Yogyakarta]]-[[Stasiun Tasikmalaya|Tasikmalaya]] (eksekutif-bisnis) dan (eksekutif-ekonomi AC premium)
* [[Kereta api Sancaka|Sancaka (reguler dan tambahan)]], tujuan [[Stasiun Yogyakarta|Yogyakarta]] dan tujuan [[Stasiun Surabaya Gubeng|Surabaya]] via [[Stasiun Madiun|Madiun]]-[[Stasiun Jombang|Jombang]] (eksekutif-ekonomi AC plus)
* [[Kereta api Sancaka|Sancaka (reguler dan tambahan)]], tujuan [[Stasiun Yogyakarta|Yogyakarta]] dan tujuan [[Stasiun Surabaya Gubeng|Surabaya]] via [[Stasiun Madiun|Madiun]]-[[Stasiun Jombang|Jombang]] (eksekutif-ekonomi AC plus)
* [[Kereta api Malabar|Malabar]], tujuan [[Stasiun Bandung|Bandung]] via [[Stasiun Yogyakarta|Yogyakarta]]-[[Stasiun Tasikmalaya|Tasikmalaya]] dan tujuan [[Stasiun Malang|Malang]] via [[Stasiun Madiun|Madiun]]-[[Stasiun Blitar|Blitar]] (eksekutif-bisnis-ekonomi AC)
* [[Kereta api Malabar|Malabar]], tujuan [[Stasiun Bandung|Bandung]] via [[Stasiun Yogyakarta|Yogyakarta]]-[[Stasiun Tasikmalaya|Tasikmalaya]] dan tujuan [[Stasiun Malang|Malang]] via [[Stasiun Madiun|Madiun]]-[[Stasiun Blitar|Blitar]] (eksekutif-bisnis-ekonomi AC)

Revisi per 21 Oktober 2018 16.18

Stasiun Solo Balapan

Stasiun Solo Balapan
Lokasi
Koordinat7°33′24.30″S 110°49′17.04″E / 7.5567500°S 110.8214000°E / -7.5567500; 110.8214000Koordinat: 7°33′24.30″S 110°49′17.04″E / 7.5567500°S 110.8214000°E / -7.5567500; 110.8214000
Ketinggian+93 m
Operator
Letak
Jumlah peron9
  • Emplasemen selatan: dua peron sisi yang tinggi dan empat peron pulau yang agak tinggi
  • Emplasemen utara: satu peron sisi yang tinggi dan tiga peron pulau yang agak tinggi
Jumlah jalur12
  • Emplasemen selatan: jalur 4 dan 5: sepur lurus
  • Emplasemen utara: jalur 7: sepur lurus
LayananArgo Wilis, Argo Lawu (reguler & fakultatif), Argo Dwipangga (reguler & fakultatif), Gajayana (reguler & tambahan), Bima, Turangga, Lodaya (reguler & tambahan), Sancaka (reguler & tambahan), Malabar, Malioboro Ekspres, Ranggajati, Mutiara Selatan, Senja Utama Solo, Wijayakusuma, Jayakarta Premium, Joglokerto, Sidomukti, Kalijaga, Prambanan Ekspres (Prameks), Solo Ekspres, KA ketel/angkutan BBM, KA Semen Tiga Roda, KA Semen Arjawinangun, dan KA Semen Holcim
Konstruksi
Jenis strukturAtas tanah
ArsitekHerman Thomas Karsten
Informasi lain
Kode stasiun
KlasifikasiBesar[2]
Sejarah
Dibuka1873
Operasi layanan
Stasiun sebelumnya   Layanan lokal/komuter   Stasiun berikutnya
Templat:Layanan lokal KAI lines
Kutoarjo–Solo Balapan, p.p.
Terminus
Templat:Layanan lokal KAI lines
Yogyakarta–Solo Balapan, p.p.
Terminus Templat:Layanan lokal KAI lines
Solo Balapan–Semarang Poncol, p.p.
Templat:Layanan lokal KAI lines
Solo Balapan–Kutoarjo, p.p.
Terminus
Fasilitas dan teknis
FasilitasParkir Musala Toilet Ruang menyusui Pos kesehatan Pertokoan/area komersial 
Lokasi pada peta
Peta
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Stasiun Solo Balapan (SLO) atau yang populer dengan nama Stasiun Balapan (Hanacaraka: ꦱꦼꦠꦱꦶꦪꦸꦤ꧀‌ꦯꦭꦧꦭꦥ꧀ꦥꦤ꧀, Setasiun Sala Balapan) adalah stasiun kereta api besar yang terletak di wilayah Kelurahan Kestalan dan Gilingan, Banjarsari, Surakarta. Stasiun yang terletak pada ketinggian +93 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi VI Yogyakarta.

Nama "Balapan" diambil dari nama kampung yang terletak di sebelah utara kompleks stasiun. Stasiun ini terletak di jalur kereta api yang menghubungkan Kota Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Surakarta dan Jawa Tengah bagian selatan. Stasiun ini melayani KA kelas eksekutif, bisnis, sebagian kecil kelas ekonomi, dan lokal/komuter. Sementara itu, KA dari arah timur yang menuju ke jalur utara (Semarang) maupun sebaliknya dilayani di Stasiun Solo Jebres, sedangkan KA kelas ekonomi jalur selatan (Yogyakarta, Bandung, Purwokerto, dan Jakarta) dan lokal/komuter (Yogyakarta dan Kutoarjo) dilayani di Stasiun Purwosari.

Stasiun ini menjadi inspirasi bagi salah satu lagu congdut yang sangat populer pada tahun 1990-an dari Didi Kempot: Setasiun Balapan. Atas karyanya tentang stasiun inilah, PT KAI resmi menetapkan Didi Kempot sebagai duta Kereta Api Indonesia setelah grup musik pop Melayu ST 12.[3]

Bangunan Stasiun Solo Balapan yang memisahkan peron utara, dan selatan

Sejarah

Stasiun Solo Balapan termasuk salah satu stasiun besar tertua di Indonesia (setelah Samarang NIS). Pembangunan stasiun ini dilakukan oleh jaringan kereta api masa kolonial NIS pada abad ke-19, yaitu pada masa pemerintahan Mangkunegara IV dan berada di wilayah Kadipaten Praja Mangkunagaran. Stasiun besar di Surakarta untuk wilayah Kasunanan Surakarta dan Staatsspoorwegen adalah Stasiun Solo Jebres.

Lokasi yang digunakan adalah tanah lapang tempat pacuan kuda milik Mangkunegaran. Sebagai tukarnya, pihak Mangkunegaran mendapat lahan di Manahan dari Kasunanan untuk dibangun sarana pacuan kuda dan aktivitas keolahragaan lainnya.[4]

Peletakan batu pertama berlangsung pada tahun 1863, dimeriahkan dengan upacara yang dihadiri Mangkunegara IV dan mengundang Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Baron van de Beele. Konstruksi bangunan stasiun dirancang oleh Herman Thomas Karsten, seorang arsitek kenamaan beraliran Indisch. Pembangunan selesai dan diresmikan pada tahun 1873.

Bangunan

Stasiun Solo Balapan memiliki dua belas jalur kereta api yang terbagi menjadi dua emplasemen: utara dan selatan. Emplasemen selatan memiliki lima jalur dengan jalur 4 sebagai sepur lurus jalur ganda arah hulu (dari Yogyakarta) serta jalur 5 sebagai sepur lurus jalur ganda arah hilir (ke Yogyakarta) dan jalur tunggal arah Madiun, sedangkan emplasemen utara memiliki tujuh jalur dengan jalur 7 sebagai sepur lurus jalur tunggal dari dan ke arah Semarang. Emplasemen selatan umumnya dipakai untuk pelayanan kereta api penumpang, sementara emplasemen utara untuk pelayanan kereta api barang serta pemberangkatan KA Senja Utama Solo dan Lodaya. Ke arah timur, terdapat dua jurusan jalur rel: ke utara menuju Semarang dan rel ke timur menuju Surabaya. Emplasemen utara memiliki fasilitas penurunan angkutan semen. Emplasemen selatan maupun utara tidak memiliki peron tinggi; peron tinggi hanya terletak pada ujung sebelah utara jalur 5 dan sebelah selatan jalur 1. Hal ini disebabkan oleh sempitnya peron.

Di sisi timur stasiun terdapat segitiga pembalik (wye) yang memungkinkan rangkaian kereta api berbalik arah seluruhnya dengan menggunakan prinsip langsir. Sisi-sisi segitiga pembalik ini juga memungkinkan kereta api dari timur (dari Stasiun Solo Jebres) untuk langsung ke utara (Semarang) tanpa lewat Stasiun Solo Balapan dan sebaliknya. Di dekat segitiga pembalik ini terdapat Depo BBM Pertamina, yang rel masuknya juga dari salah satu sisi segitiga pembalik ini. Di sisi barat stasiun terdapat kompleks dipo lokomotif dan kereta.

Stasiun ini kini juga telah dilengkapi jembatan penyeberangan penumpang (skybridge) yang terhubung langsung di jalan sekitar Terminal Bus Tirtonadi. Skybridge yang terletak di sebelah timur stasiun ini berfungsi sebagai penghubung antarmoda, sehingga penumpang kereta api dapat melanjutkan perjalanan dengan bus atau sebaliknya.[5]

Direncanakan akan dibangun jalur kereta api yang menghubungkan Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo ke stasiun ini.[6]

Layanan kereta api

Lok BB 200-03 menunggu sinyal berangkat di Solo Balapan. Di kejauhan, Gunung Merapi dan Merbabu (terhalang lok)

Penumpang

Kelas eksekutif

Kelas campuran

Kelas ekonomi AC premium

Jayakarta Premium, tujuan Jakarta via Yogyakarta-Purwokerto dan tujuan Surabaya via Madiun

Kelas ekonomi AC plus

Joglokerto, dari dan tujuan Purwokerto via Yogyakarta

Lokal/komuter

Barang

Persilangan/papasan dan persusulan

Jadwal kereta api

Berikut ini adalah jadwal kereta api penumpang yang berhenti di Stasiun Solo Balapan per 22 Oktober 2018 (revisi Gapeka 2017).

  • KA Reguler & Fakultatif
No. KA KA Tujuan Kelas Tiba Berangkat
92 Malabar Malang Kotabaru (ML) Eksekutif, Bisnis, & Ekonomi AC 00.52 00.57
44/45 Bima Surabaya Gubeng (SGU) bersambung Malang Kotabaru (ML) Eksekutif Satwa 01.39 01.44
112/113 Mutiara Selatan Eksekutif & Bisnis 02.26 02.35
95 Malioboro Ekspres Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 02.33 02.40
42 Gajayana Malang Kotabaru (ML) Eksekutif Satwa 02.47 02.55
82 Lodaya Solo Balapan (SLO) Eksekutif & Bisnis 03.58 -
50 Turangga Surabaya Gubeng (SGU) Eksekutif Satwa 04.17 04.24
8 Argo Lawu Solo Balapan (SLO) Eksekutif Argo 04.45 -
251 Prambanan Ekspres (Prameks) Kutoarjo (KTA) Komuter Ekonomi - 05.10
409 Kalijaga Semarang Poncol (SMC) Lokal Ekonomi AC - 05.20
8F Argo Lawu Fakultatif**) Solo Balapan (SLO) Eksekutif Argo 05.55 -
159 Joglokerto Purwokerto (PWT) Ekonomi AC Plus - 06.00
250 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 06.42 -
116 Senja Utama Solo Eksekutif & Ekonomi AC Premium 06.55 -
79 Lodaya Bandung Hall (BD) Eksekutif & Bisnis - 07.10
253 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi - 07.20
84 Sancaka Surabaya Gubeng (SGU) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 07.36 07.41
7 Argo Lawu Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Argo - 08.00
252 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 08.30 -
11575 Solo Ekspres Kutoarjo (KTA) Komuter Eksekutif - 08.40
94 Malioboro Ekspres Malang Kotabaru (ML) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 08.42 08.52
7F Argo Lawu Fakultatif**) Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Argo - 09.00
255 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi - 09.10
127F Sidomukti*) Lokal Eksekutif & Ekonomi AC Premium - 10.00
254 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 10.17 -
5 Argo Wilis Bandung Hall (BD) Eksekutif Argo 10.23 10.30
257 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi - 10.40
102/103 Ranggajati Surabaya Gubeng (SGU) bersambung Jember (JR) Eksekutif, Bisnis(, & Ekonomi AC Plus) 10.47 10.52
256 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 11.12 -
410 Kalijaga Lokal Ekonomi AC 11.44 -
83 Sancaka Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 11.47 11.53
258 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 11.58 -
259 Kutoarjo (KTA) - 12.15
128F Sidomukti*) Solo Balapan (SLO) Lokal Eksekutif & Ekonomi AC Premium 12.48 -
261 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi - 13.05
11630 Solo Ekspres Solo Balapan (SLO) Komuter Eksekutif 13.19 -
104/101 Ranggajati Cirebon Kejaksan (CN) Eksekutif, Bisnis(, & Ekonomi AC Plus) 13.26 13.35
260 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 13.46 -
263 Yogyakarta Tugu (YK) - 14.00
93 Malioboro Ekspres Eksekutif & Ekonomi AC Plus 14.34 14.42
160 Joglokerto Solo Balapan (SLO) Ekonomi AC Plus 14.56 -
11577 Solo Ekspres Kutoarjo (KTA) Komuter Eksekutif - 15.40
262 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 15.54 -
265 Kutoarjo (KTA) - 16.10
80 Lodaya Solo Balapan (SLO) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 16.15 -
10 Argo Dwipangga Eksekutif Argo 16.35 -
6 Argo Wilis Surabaya Gubeng (SGU) 16.46 16.51
264 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 17.18 -
86 Sancaka Surabaya Gubeng (SGU) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 17.27 17.35
115 Senja Utama Solo Jakarta Pasar Senen (PSE) Eksekutif & Ekonomi AC Premium - 17.30
267 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi - 18.00
266 Solo Balapan (SLO) 18.18 -
10F Argo Dwipangga Fakultatif**) Eksekutif Argo 18.28 -
269 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi - 18.40
11894/11833 Wijayakusuma Surabaya Gubeng (SGU) bersambung Banyuwangi Baru (BW) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 19.05 19.17
81 Lodaya Bandung Hall (BD) Eksekutif & Ekonomi AC Premium - 19.10
7063 Jayakarta Premium Jakarta Pasar Senen (PSE) Ekonomi AC Premium 19.15 19.22
41 Gajayana Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Satwa 19.29 19.35
9 Argo Dwipangga Eksekutif Argo - 20.00
49 Turangga Bandung Hall (BD) Eksekutif Satwa 20.27 20.32
11638 Solo Ekspres Solo Balapan (SLO) Komuter Eksekutif 20.38 -
46/43 Bima Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Satwa 20.53 20.58
268 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 21.17 -
9F Argo Dwipangga Fakultatif**) Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Argo - 21.30
85 Sancaka Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 21.35 21.45
96 Malioboro Ekspres Malang Kotabaru (ML) 21.37 21.42
91 Malabar Bandung Hall (BD) Eksekutif, Bisnis, & Ekonomi AC 22.31 22.36
11896/11835 Wijayakusuma Cilacap (CP) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 22.52 23.00
7064 Jayakarta Premium Surabaya Gubeng (SGU) Ekonomi AC Premium 23.00 23.10
114/111 Mutiara Selatan Bandung Hall (BD) Eksekutif & Bisnis 23.08 23.13

Keterangan:

*) : hanya dijalankan pada hari Minggu dan libur nasional

**) : biasanya hanya dijalankan di akhir pekan-pekan tertentu dan libur nasional. lebih-lebih saat lebaran, natal, dan tahun baru.

  • KA Tambahan (beroperasi pada masa lebaran dan natal-tahun baru; terkadang juga di hari libur nasional atau akhir pekan tertentu)
No. PLB/KLB KA Tujuan Kelas Tiba Berangkat
7007 Gajayana Tambahan Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Satwa 01.36 01.42
7022 Lodaya Tambahan Solo Balapan (SLO) Eksekutif & Bisnis 05.12 -
7021 Bandung Hall (BD) - 08.15
7008 Gajayana Tambahan Malang Kotabaru (ML) Eksekutif Satwa 08.22 08.30
7026 Sancaka Tambahan Surabaya Gubeng (SGU) 09.17 09.23
7023 Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif( & Ekonomi AC Plus) 13.47 13.52
7020 Lodaya Tambahan Solo Balapan (SLO) Eksekutif & Bisnis 18.19 -
7024 Sancaka Tambahan Surabaya Gubeng (SGU) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 18.42 18.48
7019 Lodaya Tambahan Bandung Hall (BD) Eksekutif & Bisnis - 22.05
7025 Sancaka Tambahan Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif Satwa 22.50 22.56

Galeri

Referensi

  1. ^ Subdit Jalan Rel dan Jembatan (2004). Buku Jarak Antarstasiun dan Perhentian. Bandung: PT Kereta Api (Persero). 
  2. ^ a b Buku Informasi Direktorat Jenderal Perkeretaapian 2014 (PDF). Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Indonesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 1 Januari 2020. 
  3. ^ "KAI Tunjuk Didi Kempot Jadi Duta Kereta Api". SindoNews. 10 Maret 2017. 
  4. ^ Alfan, Dony (17 Agustus 2012). "Stasiun Balapan, Tempat Pacuan Kuda Pada Masa Mangkunegara VII". Tentang Solo. Diakses tanggal 31 Juli 2017. 
  5. ^ Media, Jafar Sodiq Assegaf - Solopos Digital. "Begini Penampakan Sky Bridge yang Menghubungkan Tirtonadi & Balapan". SOLOPOS.com. Diakses tanggal 2017-12-24. 
  6. ^ "Stasiun Baru Segera Dibangun untuk Kereta Bandara Solo | Republika Online". Republika Online. 2017-09-05. Diakses tanggal 2017-12-24. 

Pranala luar

(Indonesia) Situs resmi KAI dan jadwal kereta api tahun 2017

Stasiun sebelumnya   Lintas Kereta Api Indonesia   Stasiun berikutnya
Templat:KAI linesTerminus
Templat:KAI lines
kelanjutan ke Solo Balapan
Terminus Templat:KAI lines