Ambarketawang, Gamping, Sleman: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Atayiskbot (bicara | kontrib)
k Bot: Perubahan kosmetika
Hudha.nurhani (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 12: Baris 12:
| kepadatan = ... jiwa/km2
| kepadatan = ... jiwa/km2
}}
}}
'''Ambarketawang''' adalah sebuah [[kelurahan]] yang terletak di kecamatan [[Gamping, Sleman|Gamping]], [[Kabupaten Sleman]], [[Daerah Istimewa Yogyakarta]], [[Indonesia]]. Terbentuknya Desa Ambarketawang berdasarkan Maklumat Pemerintah Provinsi Yogyakarta pada tahun 1946 yang menggabungkan empat kelurahan yakni; Kelurahan Gamping, Mejing, Bodeh, dan Kalimanjung ke dalam satu Kelurahan (Desa) yang disebut dengan Ambarketawang. Nama Ambarketawang berarti bau harum yang memenuhi angkasa.
'''Ambarketawang''' adalah sebuah [[desa]] yang terletak di kecamatan [[Gamping, Sleman|Gamping]], [[Kabupaten Sleman]], [[Daerah Istimewa Yogyakarta]], [[Indonesia]]. Terbentuknya Desa Ambarketawang berdasarkan Maklumat Pemerintah Provinsi Yogyakarta pada tahun 1946 yang menggabungkan empat kelurahan yakni; Kelurahan Gamping, Mejing, Bodeh, dan Kalimanjung ke dalam satu Kelurahan (Desa) yang disebut dengan Ambarketawang. Nama Ambarketawang berarti bau harum yang memenuhi angkasa.
[[Berkas:Entrance to Ambarketawang Kraton prison, Kota Jogjakarta 200 Tahun, plate after page 8.jpg|jmpl|Pintu masuk penjara Kraton Ambarketawang (foto diambil tahun 1956)]]
[[Berkas:Entrance to Ambarketawang Kraton prison, Kota Jogjakarta 200 Tahun, plate after page 8.jpg|jmpl|Pintu masuk penjara Kraton Ambarketawang (foto diambil tahun 1956)]]
Nama Ambarketawang diambil dari nama pesanggrahan [[Sultan Hamengkubuwana I]], yang terletak di desa ini. Menurut sejarah, akibat perjanjian Gianti (1755), dibangunlah Kraton Yogyakarta. Saat proses pembangunan Sultan HB I sementara tinggal di sebelah barat kota Yogyakarta yang dikenal sebagai pesanggrahan Ambarketawang. Lokasi tersebut saat ini terletak di Padukuhan Tlogo.
Nama Ambarketawang diambil dari nama pesanggrahan [[Sultan Hamengkubuwana I]], yang terletak di desa ini. Menurut sejarah, akibat perjanjian Gianti (1755), dibangunlah Kraton Yogyakarta. Saat proses pembangunan Sultan HB I sementara tinggal di sebelah barat kota Yogyakarta yang dikenal sebagai pesanggrahan Ambarketawang. Lokasi tersebut saat ini terletak di Padukuhan Tlogo.

Revisi per 20 Oktober 2018 01.13

Ambarketawang
Negara Indonesia
ProvinsiDaerah Istimewa Yogyakarta
KabupatenSleman
KecamatanGamping
Kode pos
55294
Kode Kemendagri34.04.01.2002
Luas635,89 ha
Jumlah penduduk19.237 jiwa
Kepadatan... jiwa/km2

Ambarketawang adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Terbentuknya Desa Ambarketawang berdasarkan Maklumat Pemerintah Provinsi Yogyakarta pada tahun 1946 yang menggabungkan empat kelurahan yakni; Kelurahan Gamping, Mejing, Bodeh, dan Kalimanjung ke dalam satu Kelurahan (Desa) yang disebut dengan Ambarketawang. Nama Ambarketawang berarti bau harum yang memenuhi angkasa.

Pintu masuk penjara Kraton Ambarketawang (foto diambil tahun 1956)

Nama Ambarketawang diambil dari nama pesanggrahan Sultan Hamengkubuwana I, yang terletak di desa ini. Menurut sejarah, akibat perjanjian Gianti (1755), dibangunlah Kraton Yogyakarta. Saat proses pembangunan Sultan HB I sementara tinggal di sebelah barat kota Yogyakarta yang dikenal sebagai pesanggrahan Ambarketawang. Lokasi tersebut saat ini terletak di Padukuhan Tlogo.

Desa Ambarketawang meliputi 13 Padukuhan, yang terdiri 38 RW dan 110 RT, meliputi wilayah seluas kurang lebih 635.8975 Ha. Jumlah penduduk di desa ini berjumlah 19.237 Jiwa. Wilayah Desa Ambarketawang membujur dari arah utara ke selatan, dimana bagian selatan merupakan daerah perbukitan/pegunungan kapur, sedangkan daerah utara merupakan dataran.

Keberadaan Desa Ambarketawang dijalur utama Yogyakarta-Purwokerto/Jakarta, mengakibatkan wilayah desa Ambarketawang berkembang dengan pesat terutama dalam bidang perekonomian,perindustriyan, perdagangan dan kependudukan. Dengan perkembangan yang begitu pesat dengan dukungan keberadaan Kantor Kecamatan Gamping serta kantor-kantor, mengakibatkan wilayah ini menjadi pusat pengembangan Ibukota Kecamatan, dan merupakan wilayah pengembangan Kota Yogyakarta kearah barat.

Tradisi Saparan Bekakak

Berkas:Saparan Bekakak Ambarketawang.jpg
Penyembelihan boneka bekakak temanten (pengantin Jawa) wanita dalam Upacara adat Saparan Bekakak di Desa Ambarketawang, Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Desa Ambarketawang, memiliki tradisi khas berupa penyembelihan bekakak, sepasang boneka temanten (pengantin Jawa) muda yang terbuat dari tepung ketan. Tradisi ini dilaksanakan setahun sekali dalam bulan Sapar dalam Kalender Jawa. Tradisi ini terkait dengan tokoh Ki Wirasuta, satu dari tiga bersaudara dengan Ki Wirajamba, dan Ki Wiradana yang merupakan abdi dalem Hamengkubuwana I yang sangat dikasihi.

Ketika pembangunan Kraton Yogyakarta sedang berlangsung, para abdi dalem tinggal di pesanggrahan Ambarketawang kecuali Ki Wirasuta yang memilih tinggal di sebuah gua di Gunung Gamping. Pada bulan purnama, antara tanggal 10 dan 15, pada hari Jumat, terjadi musibah, Gunung Gamping longsor. Ki Wirasuta dan keluarganya tertimpa longsoran dan dinyatakan hilang karena jasadnya tidak ditemukan. Hilangnya Ki Wirasuta dan keluarganya di Gunung Gamping ini menimbulkan keyakinan pada masyarakat sekitar bahwa jiwa dan arwah Ki Wirasuta tetap ada di Gunung Gamping.

Upacara Saparan semula bertujuan untuk menghormati kesetiaan Ki Wirasuta dan Nyi Wirasuta kepada Sri Sultan Hamengkubuwana I. Tapi kemudian berubah dan dimaksudkan untuk mendapatkan keselamatan bagi penduduk yang mengambil batu gamping agar terhindar dari bencana. Sebab pengambilan batu gamping cukup sulit dan berbahaya.

Lurah Desa

  1. Parto Wiarjo(1946-1970)
  2. Mulyo Diharjo(1970-1995)
  3. Suharyanto(1996-2009)
  4. Sumaryanto(2009-.....)

Kode Pos

  • 55294

Batas Desa

Pembagian Administratif Padukuhan

No Nama Padukuhan Nama Dukuh Nama Kampung & Perumahan
1 Bodeh Drs. Wiji Agus Purnomo Bodeh, Griya Avita
2 Depok Hamdani Depok, Tahunan
3 Gamping Kidul Bambang Cahyono Gamping Kidul
4 Gamping Lor Zairin Noor Gamping Lor
5 Gamping Tengah Triongko Gamping Tengah, Delingsari
6 Kalimanjung Mujiono Kalimanjung
7 Mancasan Slamet Mancasan, Kanigoro
8 Mejing Kidul YB. Rahmad Eko Suprapto Mejing Kidul, Tulungan, Lembayung Residence
9 Mejing Lor Yamtini Mejing Lor, Griya Ketawang Permai
10 Mejing Wetan Sudaryono Mejing Wetan, Perum Darusalam I & II
11 Patukan Sukardi Patukan, Sodanten, Perum Ambarketawang Asri
12 Tlogo Sumadiono Tlogo, Sorogenen, Perum Green Aprilia
13 Watu Langkah Slamet Watulangkah

Galeri foto