Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
NV adalah singkatan dari Naamlooze Venootschap adalah istilah untuk badan hukum atau perusahaan dalam bahasa Belanda yang jika terjemahan ke bahasa Indonesia berarti Perseroan Terbatas (PT).
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Referensi untuk revisi sebelumnya
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 10: Baris 10:
|hq_city={{flagicon|Hindia Belanda}} [[Lawang Sewu]], [[Semarang]], Hindia Belanda
|hq_city={{flagicon|Hindia Belanda}} [[Lawang Sewu]], [[Semarang]], Hindia Belanda
}}
}}
'''Naamlooze Vennootschap Nederlands(ch)-Indische Spoorweg Maatschappij''' adalah salah satu [[perusahaan kereta api di Hindia Belanda]]. Perusahaan ini biasa disingkat ''NIS'', ''NISM'', atau ''NV. NISM''. Awalnya, perusahaan ini melayani [[kereta api]] di daerah [[Jawa Tengah]] dan [[Ngayogyakarta Hadiningrat]] (kini [[DIY]]); namun juga tercatat melayani [[Batavia]], [[Buitenzorg]], dsk. Pesaingnya adalah ''[[Staatsspoorwegen]]'' yang dibentuk oleh Departemen Urusan Koloni Hindia Belanda.
'''Naamlooze Vennootschap Nederlands(ch)-Indische Spoorweg Maatschappij''' adalah salah satu [[perusahaan kereta api di Hindia Belanda]].<ref>{{id}} {{Citebook|title=Sejarah Perkeretaapian Indonesia Jilid 1|last1=Nusantara|first1=Tim Telaga Bakti|first2=(APKA)|last2=Asosiasi Pakar Perkeretaapian|publisher=CV. Angkasa|year=1997|isbn=|location=Bandung|pages=53-54}}</ref> Perusahaan ini biasa disingkat ''NIS'', ''NISM'', atau ''NV. NISM''. Awalnya, perusahaan ini melayani [[kereta api]] di daerah [[Jawa Tengah]] dan [[Ngayogyakarta Hadiningrat]] (kini [[DIY]]); namun juga tercatat melayani [[Batavia]], [[Buitenzorg]], dsk. Pesaingnya adalah ''[[Staatsspoorwegen]]'' yang dibentuk oleh Departemen Urusan Koloni Hindia Belanda.


Kantor pusat NIS ada di [[Kota Semarang]], sekarang menjadi [[Lawang Sewu]]. Pada tahun [[2009]], gedung ini direnovasi. Di [[Belanda]], NIS juga memiliki [[kantor]] di [[Den Haag]] (sekarang menjadi [[Kedutaan Besar]] [[Afrika Selatan]]).
Kantor pusat NIS ada di [[Kota Semarang]], sekarang menjadi [[Lawang Sewu]]. Pada tahun [[2009]], gedung ini direnovasi. Di [[Belanda]], NIS juga memiliki [[kantor]] di [[Den Haag]] (sekarang menjadi [[Kedutaan Besar]] [[Afrika Selatan]]).

Revisi per 19 Agustus 2018 04.40

De Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij, N.V.
Kantor pusat NIS, Semarang (ca. 1902-13), sekarang populer dengan nama "Lawang Sewu".
Ikhtisar
Kantor pusatHindia Belanda Lawang Sewu, Semarang, Hindia Belanda
LokalJawa Tengah, Batavia, Buitenzorg, dan Ngayogyakarta Hadiningrat
PenerusKereta Api Indonesia (lintas Jawa)
Teknis
Lebar sepur1.435 mm (4 ft 8+12 in)
1.067 mm (3 ft 6 in)

Naamlooze Vennootschap Nederlands(ch)-Indische Spoorweg Maatschappij adalah salah satu perusahaan kereta api di Hindia Belanda.[1] Perusahaan ini biasa disingkat NIS, NISM, atau NV. NISM. Awalnya, perusahaan ini melayani kereta api di daerah Jawa Tengah dan Ngayogyakarta Hadiningrat (kini DIY); namun juga tercatat melayani Batavia, Buitenzorg, dsk. Pesaingnya adalah Staatsspoorwegen yang dibentuk oleh Departemen Urusan Koloni Hindia Belanda.

Kantor pusat NIS ada di Kota Semarang, sekarang menjadi Lawang Sewu. Pada tahun 2009, gedung ini direnovasi. Di Belanda, NIS juga memiliki kantor di Den Haag (sekarang menjadi Kedutaan Besar Afrika Selatan).

Perusahaan ini didirikan pada tanggal 27 Agustus 1863, karena telah mendapatkan konsesi dari Gubjend Hindia Belanda pada tanggal 28 Agustus 1862 untuk jurusan Semarang-Yogyakarta.

Jalur utamanya dibuka pada tahun 1867 antara Semarang -Tanggung. Pada tahun 1873, jalur KA sesungguhnya mulai digunakan. Saat itu, jalur ini menghubungkan Semarang dengan Yogyakarta lewat Surakarta menempuh jarak 205 kilometer. Jalur cabang dari Kedungjati ke Stasiun Willem I (sekarang Museum KA Ambarawa) pada tahun yang sama juga mulai dibuka. Selain itu, NIS juga membuka jalur sepanjang 56 km menghubungkan Batavia (sekarang Jakarta) dan Buitenzorg (sekarang Bogor). Seiring berlalunya waktu, sejumlah trayek di jalur lain telah dibuka (seperti di Bandung dan Surabaya).

Pada tahun 1928, NIS telah mengangkut 13,8 juta penumpang.

Bengkel pemeliharaan untuk kereta api pertama kali ada di Semarang dan sekitar tahun 1915 dipindahkan ke Yogyakarta (sekarang menjadi Balai Yasa Pengok). Terdapat pula sebuah bengkel kecil di Cepu.

Lihat pula

Pranala luar

  1. ^ (Indonesia) Nusantara, Tim Telaga Bakti; Asosiasi Pakar Perkeretaapian, (APKA) (1997). Sejarah Perkeretaapian Indonesia Jilid 1. Bandung: CV. Angkasa. hlm. 53–54.