Lompat ke isi

Takengon (kota): Perbedaan antara revisi

563 bita dihapus ,  3 tahun yang lalu
Membatalkan suntingan berniat baik oleh 202.67.45.28: Masih tetap riset asli, kalau mau merevisi artikel gunakanlah sumber. Revisi tanpa sumber akan dibalikkan, karena sumber lebih diutamakan di WBI. (Twinkle ⛔)
(Coba buka halaman pembicaraan boz. Saya mau tanya apa bahasa yg di pakai oleh pedagang di takengon (kelurahan takengon timur dan barat) ?? Bahasa gayo kah ?? Yg anda harus tau di kota medan suku asli melayu tapi penduduk terbesar nya suku jawa tapi jawa juga tidak menguasai medan karena budaya di kuasai oleh melayu dan perdagangan di kuasai oleh tionghoa dan minangkabau. Di pekanbaru juga penduduk asli melayu tapi minangkabau penduduk terbesar dan menguasai perdagangan. Jadi menurut saya anda...)
Tag: Pembatalan
(Membatalkan suntingan berniat baik oleh 202.67.45.28: Masih tetap riset asli, kalau mau merevisi artikel gunakanlah sumber. Revisi tanpa sumber akan dibalikkan, karena sumber lebih diutamakan di WBI. (Twinkle ⛔))
Tag: Pembatalan
}}
 
'''Takengon''' merupakan ibukota [[Kabupaten Aceh Tengah]], Provinsi [[Aceh]], [[Indonesia]]. Takengon terletak di sisi [[Danau Lut Tawar]] kecamatan [[Lut Tawar]] di tengah-tengah wilayah provinsi Aceh. Takengon merupakan dataran tinggi yang berhawa sejuk dengan ketinggian sekitar 1200 m di atas permukaan laut. Di sekitar Takengon banyak terdapat tempat wisata, di antaranya adalah [[Danau Lut Tawar]] yang terletak di 3 kecamatan yakni kecamatan [[Lut Tawar]], kecamatan [[Bebesen]] dan kecamatan [[Kebayakan]], [[Gua Puteri Pukes]] di kecamatan [[Kebayakan]] dan [[Pantan Terong]] di kecamatan [[Bebesen]].
 
Penduduk Takengon terdiri dari beragam suku dan etnis. Mayoritas penduduk Takengon merupakan suku [[Suku AcehGayo|AcehGayo]], kebanyakanSelain berasal dari [[Pidie]] yang telah menetap secara turun menurun dan sebagian lain nya merupakan pendatang baik dari pidie mau pun wilayah lain nya dari pesisir timur mau pun pesisir barat Aceh. Karenaitu banyak nya pendatang dari pesisir maka tidak heran jika wilayah ini di pengaruhi bahasa aceh dalam kehidupan sehari hari, Selain itupula suku-suku lain nya seperti suku [[suku MinangkabauJawa|MinangkabauJawa]], etnissuku [[Suku Tionghoa|Tionghoa]]Aceh, Suku [[suku GayoMinangkabau|GayoMinangkabau]], dan [[Suku JawaTionghoa|JawaTionghoa]] dan. [[Suku MandailingGayo]]. Adamerupakan pun sukupenduduk asli wikayah ini adalah suku gayo mengingat takengon masuk ke kecamatan lut tawar. Takengon sendiri sebenar nya hanya nama populer sebatas ibukota kabupaten yang tidak mempunyai batas batas wilayah yang pasti.
 
== Sejarah ==