Pusat Pendidikan Korps Brimob: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Arif putra 2302 (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 28: Baris 28:
| website = [http://www.brimob.polri.go.id www.brimob.polri.go.id]
| website = [http://www.brimob.polri.go.id www.brimob.polri.go.id]
}}
}}
'''Pusat Pendidikan Korps Brimob''' (Pusdik Brimob) adalah satuan pelaksana utama yang berada di bawah [[Korps Brigade Mobil|Korps Brimob]] [[Polri]] yang bertugas membina dan meningkatkan kemampuan personil.<ref>[http://www.tribunnews.com/nasional/2013/04/12/menjajak-sejarah-di-pusdik-brimob-watukosek "Sejarah di Pusdik Brimob"]</ref><ref>[http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/07/30/mata-air-sumber-tetek-yang-mempesona-481007.html "Pusdik Brimob Watu Kosek"]</ref> Letaknya berada di [[Watukosek]], [[Gempol, Pasuruan]], [[Jawa Timur]].
'''Pusat Pendidikan Korps Brimob''' (Pusdik Brimob) adalah satuan pelaksana utama yang berada di bawah [[Korps Brigade Mobil|Korps Brimob]] [[Polri]] yang bertugas membina dan meningkatkan kemampuan personil.<ref>[http://www.tribunnews.com/nasional/2013/04/12/menjajak-sejarah-di-pusdik-brimob-watukosek "Sejarah di Pusdik Brimob"]</ref><ref>[http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/07/30/mata-air-sumber-tetek-yang-mempesona-481007.html "Pusdik Brimob Watu Kosek"]</ref> Letaknya berada di Jalan Gempol – Mojokerto 1, [[Watukosek]], [[Gempol, Pasuruan|Gempol]], [[Pasuruan]], [[Jawa Timur]].


== Sejarah ==
== Sejarah ==

Revisi per 3 Agustus 2018 07.55

Pusat Pendidikan Korps Brimob
SingkatanPusdik Brimob
Yurisdiksi hukumIndonesia
Markas besarJl. Raya Watukosek Gempol, Pasuruan, Jawa Timur.

Situs web
www.brimob.polri.go.id

Pusat Pendidikan Korps Brimob (Pusdik Brimob) adalah satuan pelaksana utama yang berada di bawah Korps Brimob Polri yang bertugas membina dan meningkatkan kemampuan personil.[1][2] Letaknya berada di Jalan Gempol – Mojokerto 1, Watukosek, Gempol, Pasuruan, Jawa Timur.

Sejarah

Pada tanggal 14 November 1964 bersamaan dengan HUT Mobrig ke-16, nama Mobil Brigade berubah menjadi Brigade Mobil (Brimob) begitu juga nama Pusdik mengikuti menjadi Pusdik Brimob. Berdasarkan Suarat Keputusan Danjen Kobangdiklat Polri No. Pol : Skep/ 2954/VI/1975 tanggal 30 Juni 1975 Pusdik Brimob berganti nama menjadi Pusdik Operasional Polri atau Pusdik Opsnil Polri, saat itu komandan Pusdik dijabat oleh Kolonel Polisi R.A.S marta Adi Subrata. Karena perkembangan Pusdik Opnil berkembang pesat maka pada tanggal 23 Agustus 1978 berdasarkan Skep Komandan Jendral Komando Pengembangan Pendidkan dan Latihan Polri No. 484/VIII/1978 Pusdik Opnil Polri dipecah menjadi dua sebagai berikut; Pusat Pendidikan Umum Polri disingkat Pusdik Um Polri berkedudukan di Porong dengan Komandan Pusdik Letkol Polisi Moch Saleh berkedudukan di Porong, Sidoarjo. Pusat Pendidikan Brigade Mobil disingkat Pusdik Brimob Polri berkedudukan di Watukosek Gempol, Pasuruan dengan Komandan Pusdik Letkol Polisi S. Hadi Soetrisno, peresmian dilaksanakan bertepatan HUT Brimob ke 32 dengan Irup Kapolri Jendral Pol. Awaloedin Djamin.

Kepala

Referensi