Wikipedia:Kelayakan artikel/Organisasi dan perusahaan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k ←Suntingan Akademi Teknik Deli Serdang (bicara) dibatalkan ke versi terakhir oleh HsfBot
Tag: Pengembalian
Baris 7: Baris 7:
Kebijakan ini juga berlaku kepada artikel-artikel yang dibuat sebelum kebijakan ini disetujui dan menggantikan "Wikipedia:Kelayakan artikel (perusahaan)".
Kebijakan ini juga berlaku kepada artikel-artikel yang dibuat sebelum kebijakan ini disetujui dan menggantikan "Wikipedia:Kelayakan artikel (perusahaan)".


== Sejarah Singkat ==
== Kriteria umum ==
Sebuah perusahaan, organisasi, tim, agama, grup, dll, dianggap '''layak''', apabila telah menjadi subyek pembahasan pada sumber sekunder. Sumber tersebut harus [[Wikipedia:Sumber tepercaya|tepercaya]], dan independen terhadap subyek. "Sumber sekunder" dalam kriteria ini dapat berupa, antara lain,
Pada tahun akademis 2001/2002 Akademi Teknik Deli Serdang mulai beroperasi dengan empat Program Studi, yakni: Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknik Mesin, Program Studi Teknik Industri, dan Program Studi Teknik Elektro. Pemberian ijin penyelenggaraan program-program studi dan pendirian Akademi Teknik Deli Serdang yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Karya Unggul berada dalam lingkungan Kopertis Wilayah I Sumatera Utara dengan status telah terdaftar di Menteri Pendidikan Nasional No:247/D/O/2001 tertanggal 22 November 2001.
* buku,
* artikel koran,
* film dokumenter, dan
* laporan oleh organisasi pemerhati konsumen.


Sumber-sumber berikut '''tidak dapat''' dijadikan sebagai sumber artikel:
Seluruh Program Studi di Akademi Teknik Deli Serdang telah terakreditasi BAN-PT. Pengusulan status akreditasi untuk semua program studi pertama kali pada tahun 2001, kemudian melakukan pengajuan Borang Akreditasi ke Departemen Pendidikan Nasional untuk perpanjangan Akreditasi untuk semua Program Studi. Dari hasil pengajuan borang tersebut telah diterbitkan SK No.117/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/V/2016 untuk Program Studi Industri dengan Akreditasi C tertanggal 03 Mei 2014, Program Studi Elektro SK No.151/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/V/2016 dengan Akreditas C tertanggal 28 Mei 2014, Program Studi Mesin SK No. 180/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VI/2016 dengan Akreditasi C tertanggal 28 Juli 2014, dan Program Studi Teknik Sipil SK No. 0389/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/V/2016 dengan Akreditasi C tertanggal 12 Mei 2016.
* Rilis pers oleh subyek; otobiografi; iklan perusahaan, organisasi, maupun grup; dan karya lain di mana organisasi subyek membahas diri sendiri.
* Karya yang membahas secara sambil lalu saja (''trivial''). Misalnya artikel koran yang hanya menyebut nama organisasi tanpa membahas, publikasi alamat dan nomer telepon, dan pencantuman pada direktori bisnis.


Bantulah Wikipedia dengan mencantumkan sumber tersebut di artikel. Wikipediawan lain mungkin tidak sempat mencari atau tidak memiliki akses ke sumber sekunder yang ada.
== Visi & Misi ATDS ==
=== Visi ===
“Menjadikan Akademi Teknik Deli Serdang sebagai Perguruan Tinggi Swasta terdepan dalam pendidikan profesional bidang teknologi berskala nasional tahun 2034”


=== Misi ===
== Kriteria khusus ==
=== Perusahaan ===
* Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk membentuk manusia yang berkualitas, unggul, profesional, kompetitif, inovatif, dan berintegritas.
* Tercantum dalam daftar perusahaan yang dikeluarkan oleh lembaga independen yang dikenal, misalnya Fortune 500, Forbes 500, atau daftar perusahaan besar yang dikeluarkan oleh pemerintah.
* Menyelengarakan pendidikan agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
* Pernah atau sedang diperdagangkan di suatu bursa efek.
* Mengembangkan penelitian yang bervariasi, unggul, profesional, dan kompetitif.
* Perusahaan telah mendapatkan penghargaan tingkat internasional atau nasional yang signifikan.
* Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi, baik pemerintah, maupun swasta ditingkat lokal maupun nasional.

=== Organisasi ===
* Cabang dari organisasi internasional atau nasional tidak layak untuk dibuatkan artikel tersendiri, kecuali apabila unsur kelayakan telah terpenuhi oleh pembahasan pada sumber sekunder.
* Organisasi tingkat daerah tidak layak untuk dibuatkan artikel tersendiri, kecuali apabila unsur kelayakan telah terpenuhi oleh pembahasan pada sumber sekunder.


== Artikel yang tidak memenuhi ==
== Artikel yang tidak memenuhi ==

Revisi per 24 Juli 2018 04.22

Halaman ini merupakan kebijakan resmi di Wikipedia bahasa
Indonesia
.
Galat: tidak ada pintasan yang ditentukan |msg= parameter tidak ditentukan.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang normalnya harus diikuti oleh semua pengguna. Perubahan yang dibuat harus mendapatkan konsensus terlebih dahulu.
Kriteria kelayakan

Kriteria umum


Kriteria khusus

Tokoh
Geografi
Organisasi,
Perusahaan

Sekolah
Desa
Situs web
Film,
Acara televisi

Musik
Bahasa,
Dialek

Halaman ini berisi ketentuan yang dipakai untuk menentukan apakah suatu subyek layak atau tidak untuk dibuatkan artikelnya di dalam Wikipedia. Kebijakan ini mencakup semua kelompok orang yang berorganisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Kebijakan ini mengatur organisasi komersial maupun non-komersial, antara lain, tapi tidak terbatas pada: perusahaan, organisasi, korporasi, institusi pendidikan, klub sosial, agama, sekte, perhimpunan, kemitraan, dan lain-lain.

Suatu subjek dianggap layak apabila memenuhi minimal satu kriteria di bawah. Apabila artikel tidak memenuhi satu pun kriteria yang disebutkan di bawah, maka artikel yang bersangkutan dapat dihapus baik secara langsung maupun melalui prosedur penghapusan. Jika hasil prosedur penghapusan menyatakan "diterima" maka artikel yang bersangkutan dinyatakan "layak".

Kebijakan ini juga berlaku kepada artikel-artikel yang dibuat sebelum kebijakan ini disetujui dan menggantikan "Wikipedia:Kelayakan artikel (perusahaan)".

Kriteria umum

Sebuah perusahaan, organisasi, tim, agama, grup, dll, dianggap layak, apabila telah menjadi subyek pembahasan pada sumber sekunder. Sumber tersebut harus tepercaya, dan independen terhadap subyek. "Sumber sekunder" dalam kriteria ini dapat berupa, antara lain,

  • buku,
  • artikel koran,
  • film dokumenter, dan
  • laporan oleh organisasi pemerhati konsumen.

Sumber-sumber berikut tidak dapat dijadikan sebagai sumber artikel:

  • Rilis pers oleh subyek; otobiografi; iklan perusahaan, organisasi, maupun grup; dan karya lain di mana organisasi subyek membahas diri sendiri.
  • Karya yang membahas secara sambil lalu saja (trivial). Misalnya artikel koran yang hanya menyebut nama organisasi tanpa membahas, publikasi alamat dan nomer telepon, dan pencantuman pada direktori bisnis.

Bantulah Wikipedia dengan mencantumkan sumber tersebut di artikel. Wikipediawan lain mungkin tidak sempat mencari atau tidak memiliki akses ke sumber sekunder yang ada.

Kriteria khusus

Perusahaan

  • Tercantum dalam daftar perusahaan yang dikeluarkan oleh lembaga independen yang dikenal, misalnya Fortune 500, Forbes 500, atau daftar perusahaan besar yang dikeluarkan oleh pemerintah.
  • Pernah atau sedang diperdagangkan di suatu bursa efek.
  • Perusahaan telah mendapatkan penghargaan tingkat internasional atau nasional yang signifikan.

Organisasi

  • Cabang dari organisasi internasional atau nasional tidak layak untuk dibuatkan artikel tersendiri, kecuali apabila unsur kelayakan telah terpenuhi oleh pembahasan pada sumber sekunder.
  • Organisasi tingkat daerah tidak layak untuk dibuatkan artikel tersendiri, kecuali apabila unsur kelayakan telah terpenuhi oleh pembahasan pada sumber sekunder.

Artikel yang tidak memenuhi

Apabila suatu artikel belum memperlihatkan unsur kelayakan, usahakan untuk memperbaikinya dengan cara:

  1. Perbaiki sendiri. Carilah referensi tepercaya dari internet atau media lain
  2. Gunakan templat {{subst:tak layak}}untuk menarik perhatian penyunting lain
  3. Gabungkan artikel kepada artikel lain yang cakupannya lebih luas
  4. Apabila belum berhasil ditemukan unsur kelayakan dua minggu setelah templat {{subst:tak layak}} diberikan, maka artikel tersebut akan segera dihapus.

Apabila suatu artikel jelas tidak memenuhi unsur kelayakan, karena:

langsung berikan templat {{hapus|A7}} atau {{hapus|A9}}. Pengurus akan langsung menghapus artikel yang memenuhi kriteria penghapusan cepat.