Bridge of Spies (film): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
IreneLouie (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
IreneLouie (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 21: Baris 21:
}}
}}


'''''Bridge of Spies''''' adalah film drama biografi Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh [[Steven Spielberg]] dan diproduseri oleh Steven Spielberg, [[Marc E. Platt|Marc Platt]] dan [[Kristie Macosko Krieger]]. Naskah film ini ditulis oleh [[Matt Charman]], [[Coen bersaudara|Joel Coen dan Ethan Coen]] berdasarkan kisah nyata pengacara James B. Donovan, yang merundingkan penukaran [[Rudolf Abel]] (mata-mata [[Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti|KGB]] Soviet) dengan [[Gary Powers|Francis Gary Powers]] (pilot mata-mata Amerika Serikat). Film ini dibintangi oleh [[Tom Hanks]], [[Mark Rylance]], [[Amy Ryan]] dan [[Alan Alda]].
'''''Bridge of Spies''''' adalah film drama biografi Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh [[Steven Spielberg]] dan diproduseri oleh Steven Spielberg, [[Marc E. Platt|Marc Platt]] dan [[Kristie Macosko Krieger]]. Naskah film ini ditulis oleh [[Matt Charman]], [[Coen bersaudara|Joel Coen dan Ethan Coen]] berdasarkan kisah nyata pengacara [[James B. Donovan]], yang merundingkan penukaran [[Rudolf Abel]] (mata-mata [[Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti|KGB]] Soviet) dengan [[Gary Powers|Francis Gary Powers]] (pilot mata-mata Amerika Serikat). Film ini dibintangi oleh [[Tom Hanks]], [[Mark Rylance]], [[Amy Ryan]] dan [[Alan Alda]].


Film ''Bridge of Spies'' ditayangkan secara perdana di [[Festival Film New York]] pada tanggal 4 Oktober 2015 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 16 Oktober 2015 dan di Jerman pada tanggal 26 November 2015.<ref><span class="citation news" contenteditable="false">Lang, Brent (March 18, 2015).</span></ref> Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.
Film ''Bridge of Spies'' ditayangkan secara perdana di [[Festival Film New York]] pada tanggal 4 Oktober 2015 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 16 Oktober 2015 dan di Jerman pada tanggal 26 November 2015.<ref><span class="citation news" contenteditable="false">Lang, Brent (March 18, 2015).</span></ref> Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.


== Plot ==
== Plot ==
Pada tahun 1957 di [[kota New York]], [[Rudolf Abel]] ([[Mark Rylance]]) dituduh sebagai mata-mata untuk Uni Soviet. Pengacara asuransi James B. Donovan ([[Tom Hanks]]) ditugaskan untuk membela Rudolf, meskipun James merasa tidak enak, sehingga pengadilan Rudolf akan dianggap adil. Berkomitmen pada prinsip bahwa terdakwa layak mendapat pembelaan yang kuat, ia berhasil melakukan pembelaan terbaik atas Rudolf, menolak untuk bekerja sama dengan [[Central Intelligence Agency|CIA]] untuk mendorongnya melanggar kerahasiaan komunikasinya dengan kliennya. Rudolf dihukum, namun James meyakinkan hakim untuk membebaskan Rudolf dari hukuman mati karena Rudolf telah melayani negaranya dengan terhormat dan mungkin berguna untuk pertukaran narapidana di masa depan. Akhirnya Rudolf dijatuhi hukuman 30 tahun dan James mengajukan banding ke [[Mahkamah Agung Amerika Serikat|Mahkamah Agung]] berdasarkan tidak adanya surat perintah penggeledahan yang pasti untuk menyita sandi dan peralatan fotografi Rudolf, namun hukumannya dijunjung tinggi. Karena pendiriannya yang berprinsip, James dan keluarganya dicemooh, termasuk serangan tembakan yang terjadi di rumah mereka.
Pada tahun 1957 di [[kota New York]], [[Rudolf Abel]] ([[Mark Rylance]]) dituduh sebagai mata-mata untuk [[Uni Soviet]]. Pengacara asuransi [[James B. Donovan]] ([[Tom Hanks]]) ditugaskan untuk membela Rudolf, meskipun James merasa tidak enak, sehingga pengadilan Rudolf akan dianggap adil. Berkomitmen pada prinsip bahwa terdakwa layak mendapat pembelaan yang kuat, ia berhasil melakukan pembelaan terbaik atas Rudolf, menolak untuk bekerja sama dengan [[Central Intelligence Agency|CIA]] untuk mendorongnya melanggar kerahasiaan komunikasinya dengan kliennya. Rudolf dihukum, namun James meyakinkan hakim untuk membebaskan Rudolf dari [[hukuman mati]] karena Rudolf telah melayani negaranya dengan terhormat dan mungkin berguna untuk pertukaran narapidana di masa depan. Akhirnya Rudolf dijatuhi hukuman 30 tahun dan James mengajukan banding ke [[Mahkamah Agung Amerika Serikat|Mahkamah Agung]] berdasarkan tidak adanya surat perintah penggeledahan yang pasti untuk menyita sandi dan peralatan fotografi Rudolf, namun hukumannya dijunjung tinggi. Karena pendiriannya yang berprinsip, James dan keluarganya dicemooh, termasuk serangan tembakan yang terjadi di rumah mereka.


Pada tahun 1960, [[Gary Powers|Francis Gary Powers]] ([[Austin Stowell]]), seorang pilot yang mengikuti program mata-mata rahasia CIA U-2, ditembak jatuh di atas Uni Soviet. Francis Gary ditangkap dan dalam sebuah persidangan, ia dijatuhi hukuman percobaan sampai sepuluh tahun kurungan, termasuk tiga tahun penjara.
Pada tahun 1960, [[Gary Powers|Francis Gary Powers]] ([[Austin Stowell]]), seorang pilot yang mengikuti program mata-mata rahasia CIA [[Lockheed U-2|U-2]], ditembak jatuh di atas Uni Soviet. Francis Gary ditangkap dan dalam sebuah persidangan, ia dijatuhi hukuman percobaan sampai sepuluh tahun kurungan, termasuk tiga tahun penjara.


James menerima sepucuk surat dari [[Jerman Timur]], yang mengaku dikirim oleh istri Rudolf, berterima kasih padanya dan mendorongnya untuk menghubungi pengacaranya, Wolfgang Vogel (Sebastian Koch). CIA menganggap ini adalah pesan balasan yang mengisyaratkan bahwa Uni Soviet bersedia untuk melakukan pertukaran antara Francis Gary dengan Rudolf. Secara tidak resmi, mereka meminta James pergi ke [[Berlin]] untuk menegosiasikan pertukaran. James tiba tepat saat [[Tembok Berlin]] telah dibangun. Setelah menyeberang ke Berlin Timur, ia bertemu dengan perwira [[Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti|KGB]] di Kedutaan Soviet dan kemudian diarahkan ke Wolfgang, yang mewakili Jaksa Agung Jerman Timur. Jaksa Agung berusaha untuk menukar Rudolf dengan seorang mahasiswa pascasarjana Amerika Serikat bernama Frederic Pryor (Will Rogers), yang telah ditangkap di Jerman Timur tidak lama sebelumnya. Dalam prosesnya, Jerman Timur berharap mendapat pengakuan resmi oleh Amerika Serikat.
James menerima sepucuk surat dari [[Jerman Timur]], yang mengaku dikirim oleh istri Rudolf, berterima kasih kepadanya dan mendorongnya untuk menghubungi pengacaranya, Wolfgang Vogel ([[Sebastian Koch]]). CIA menganggap hal ini sebagai pesan balasan yang mengisyaratkan bahwa Uni Soviet bersedia untuk melakukan pertukaran antara Francis Gary dengan Rudolf. Secara tidak resmi, mereka meminta James pergi ke [[Berlin]] untuk menegosiasikan pertukaran. James tiba tepat saat [[Tembok Berlin]] telah dibangun. Setelah menyeberang ke [[Berlin Timur]], ia bertemu dengan perwira [[Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti|KGB]] di Kedutaan Soviet dan kemudian diarahkan ke Wolfgang, yang mewakili Jaksa Agung Jerman Timur. Jaksa Agung berusaha untuk menukar Rudolf dengan seorang mahasiswa pascasarjana Amerika Serikat bernama Frederic Pryor (Will Rogers), yang telah ditangkap di Jerman Timur tidak lama sebelumnya. Dalam prosesnya, Jerman Timur berharap mendapat pengakuan resmi oleh Amerika Serikat.


CIA ingin James mengabaikan Frederic, namun ia menegaskan bahwa Frederic dan Francis Gary harus ditukar dengan Rudolf. Dalam sebuah pesan kepada Jaksa Agung, ia mengancam bahwa mereka akan melepaskan Frederic dan Francis Gary atau tidak akan ada kesepakatan. Ancaman itu sukses. Saat Rudolf dan Francis Gary berada di ujung Jembatan Glienicke, ada penundaan yang menegangkan sampai dipastikan bahwa Frederic telah dibebaskan di [[Checkpoint Charlie]], Rudolf dan Francis Gary ditukar dan kembali ke tempat asalnya. Keesokan harinya, di Amerika Serikat, pemerintah secara terbuka mengakui James telah menegosiasikan kesepakatan yang memulihkan citra publiknya. Pada akhirnya, penonton juga belajar bahwa Donovan membantu menegosiasikan pelepasan para marinir yang ditangkap saat invasi [[Teluk Babi]] yang gagal di [[Kuba]].
CIA ingin James mengabaikan Frederic, namun ia menegaskan bahwa Frederic dan Francis Gary harus ditukar dengan Rudolf. Dalam sebuah pesan kepada Jaksa Agung, ia mengancam bahwa mereka akan melepaskan Frederic dan Francis Gary atau tidak akan ada kesepakatan. Ancaman itu sukses. Saat Rudolf dan Francis Gary berada di ujung Jembatan Glienicke, ada penundaan yang menegangkan sampai dipastikan bahwa Frederic telah dibebaskan di [[Checkpoint Charlie]], Rudolf dan Francis Gary ditukar dan kembali ke tempat asalnya. Keesokan harinya, di Amerika Serikat, pemerintah secara terbuka mengakui James telah menegosiasikan kesepakatan yang memulihkan citra publiknya. Film ini berakhir dengan James yang membantu menegosiasikan pelepasan para marinir yang ditangkap saat invasi [[Teluk Babi]] yang gagal di [[Kuba]].


== Pemeran ==
== Pemeran ==
* [[Tom Hanks]] sebagai James B. Donovan
* [[Tom Hanks]] sebagai [[James B. Donovan]]
* [[Mark Rylance]] sebagai [[Rudolf Abel]]
* [[Mark Rylance]] sebagai [[Rudolf Abel]]
* [[Amy Ryan]] sebagai Mary McKenna Donovan
* [[Amy Ryan]] sebagai Mary McKenna Donovan
* Sebastian Koch sebagai Wolfgang Vogel
* [[Sebastian Koch]] sebagai Wolfgang Vogel
* [[Alan Alda]] sebagai Thomas Watters
* [[Alan Alda]] sebagai Thomas Watters
* [[Austin Stowell]] sebagai [[Gary Powers|Francis Gary Powers]]
* [[Austin Stowell]] sebagai [[Gary Powers|Francis Gary Powers]]

Revisi per 30 Juni 2018 03.15

Bridge of Spies
Poster film Bridge of Spies
SutradaraSteven Spielberg
ProduserSteven Spielberg
Marc Platt
Kristie Macosko Krieger
SkenarioMatt Charman
Ethan Coen
Joel Coen
PemeranTom Hanks
Mark Rylance
Amy Ryan
Alan Alda
Penata musikThomas Newman
SinematograferJanusz Kamiński
PenyuntingMichael Kahn
Perusahaan
produksi
DreamWorks Pictures
Fox 2000 Pictures
Reliance Entertainment
Participant Media
TSG Entertainment
Afterworks Limited
Studio Babelsberg
Amblin Entertainment
Marc Platt Productions
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
(Amerika Utara)

20th Century Fox (internasional)
Tanggal rilis
  • 4 Oktober 2015 (2015-10-04) (Festival Film New York)
  • 16 Oktober 2015 (2015-10-16) (Amerika Serikat)
  • 26 November 2015 (2015-11-26) (Jerman)
Durasi141 menit[1][2]
NegaraAmerika Serikat
Jerman
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$40 juta[3]
Pendapatan
kotor
$165,478,348[4]

Bridge of Spies adalah film drama biografi Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh Steven Spielberg dan diproduseri oleh Steven Spielberg, Marc Platt dan Kristie Macosko Krieger. Naskah film ini ditulis oleh Matt Charman, Joel Coen dan Ethan Coen berdasarkan kisah nyata pengacara James B. Donovan, yang merundingkan penukaran Rudolf Abel (mata-mata KGB Soviet) dengan Francis Gary Powers (pilot mata-mata Amerika Serikat). Film ini dibintangi oleh Tom Hanks, Mark Rylance, Amy Ryan dan Alan Alda.

Film Bridge of Spies ditayangkan secara perdana di Festival Film New York pada tanggal 4 Oktober 2015 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 16 Oktober 2015 dan di Jerman pada tanggal 26 November 2015.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot

Pada tahun 1957 di kota New York, Rudolf Abel (Mark Rylance) dituduh sebagai mata-mata untuk Uni Soviet. Pengacara asuransi James B. Donovan (Tom Hanks) ditugaskan untuk membela Rudolf, meskipun James merasa tidak enak, sehingga pengadilan Rudolf akan dianggap adil. Berkomitmen pada prinsip bahwa terdakwa layak mendapat pembelaan yang kuat, ia berhasil melakukan pembelaan terbaik atas Rudolf, menolak untuk bekerja sama dengan CIA untuk mendorongnya melanggar kerahasiaan komunikasinya dengan kliennya. Rudolf dihukum, namun James meyakinkan hakim untuk membebaskan Rudolf dari hukuman mati karena Rudolf telah melayani negaranya dengan terhormat dan mungkin berguna untuk pertukaran narapidana di masa depan. Akhirnya Rudolf dijatuhi hukuman 30 tahun dan James mengajukan banding ke Mahkamah Agung berdasarkan tidak adanya surat perintah penggeledahan yang pasti untuk menyita sandi dan peralatan fotografi Rudolf, namun hukumannya dijunjung tinggi. Karena pendiriannya yang berprinsip, James dan keluarganya dicemooh, termasuk serangan tembakan yang terjadi di rumah mereka.

Pada tahun 1960, Francis Gary Powers (Austin Stowell), seorang pilot yang mengikuti program mata-mata rahasia CIA U-2, ditembak jatuh di atas Uni Soviet. Francis Gary ditangkap dan dalam sebuah persidangan, ia dijatuhi hukuman percobaan sampai sepuluh tahun kurungan, termasuk tiga tahun penjara.

James menerima sepucuk surat dari Jerman Timur, yang mengaku dikirim oleh istri Rudolf, berterima kasih kepadanya dan mendorongnya untuk menghubungi pengacaranya, Wolfgang Vogel (Sebastian Koch). CIA menganggap hal ini sebagai pesan balasan yang mengisyaratkan bahwa Uni Soviet bersedia untuk melakukan pertukaran antara Francis Gary dengan Rudolf. Secara tidak resmi, mereka meminta James pergi ke Berlin untuk menegosiasikan pertukaran. James tiba tepat saat Tembok Berlin telah dibangun. Setelah menyeberang ke Berlin Timur, ia bertemu dengan perwira KGB di Kedutaan Soviet dan kemudian diarahkan ke Wolfgang, yang mewakili Jaksa Agung Jerman Timur. Jaksa Agung berusaha untuk menukar Rudolf dengan seorang mahasiswa pascasarjana Amerika Serikat bernama Frederic Pryor (Will Rogers), yang telah ditangkap di Jerman Timur tidak lama sebelumnya. Dalam prosesnya, Jerman Timur berharap mendapat pengakuan resmi oleh Amerika Serikat.

CIA ingin James mengabaikan Frederic, namun ia menegaskan bahwa Frederic dan Francis Gary harus ditukar dengan Rudolf. Dalam sebuah pesan kepada Jaksa Agung, ia mengancam bahwa mereka akan melepaskan Frederic dan Francis Gary atau tidak akan ada kesepakatan. Ancaman itu sukses. Saat Rudolf dan Francis Gary berada di ujung Jembatan Glienicke, ada penundaan yang menegangkan sampai dipastikan bahwa Frederic telah dibebaskan di Checkpoint Charlie, Rudolf dan Francis Gary ditukar dan kembali ke tempat asalnya. Keesokan harinya, di Amerika Serikat, pemerintah secara terbuka mengakui James telah menegosiasikan kesepakatan yang memulihkan citra publiknya. Film ini berakhir dengan James yang membantu menegosiasikan pelepasan para marinir yang ditangkap saat invasi Teluk Babi yang gagal di Kuba.

Pemeran

  • Tom Hanks sebagai James B. Donovan
  • Mark Rylance sebagai Rudolf Abel
  • Amy Ryan sebagai Mary McKenna Donovan
  • Sebastian Koch sebagai Wolfgang Vogel
  • Alan Alda sebagai Thomas Watters
  • Austin Stowell sebagai Francis Gary Powers
  • Scott Shepherd sebagai agen CIA Hoffman
  • Billy Magnussen sebagai Doug Forrester
  • Eve Hewson sebagai Carol Donovan
  • Jillian Lebling sebagai Peggy Donovan
  • Noah Schnapp sebagai Roger Donovan
  • Jesse Plemons sebagai Joe Murphy
  • Michael Gaston sebagai Williams
  • Peter McRobbie sebagai Allen Welsh Dulles
  • Domenick Lombardozzi sebagai agen Blasco
  • Will Rogers sebagai Frederic Pryor
  • Dakin Matthews sebagai hakim Mortimer W. Byers
  • Stephen Kunken sebagai William Tompkins
  • Joshua Harto sebagai Bates
  • Mark Zak sebagai hakim dari Soviet
  • Edward James Hyland sebagai kepala peradilan Earl Warren
  • Mikhail Gorevoy sebagai Ivan Schischkin
  • Burghart Klaußner sebagai Harald Ott

Tanggapan Kritikus

Film Bridge of Spies mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 91%, berdasarkan 272 ulasan, dengan rating rata-rata 7.7/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 81 dari 100, berdasarkan 48 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[8]

Box Office

Film Bridge of Spies mendapatkan $72,313,754 di Amerika Utara dan $93,164,594 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $165,478,348, melebihi anggaran produksi film $40 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $15,371,203, menempati posisi ketiga di box office di belakang film Goosebumps dan The Martian.[4]

Referensi

  1. ^ "BRIDGE OF SPIES (12A)". British Board of Film Classification. October 13, 2015. Diakses tanggal October 13, 2015. 
  2. ^ Debruge, Peter (October 4, 2015). "Film Review: 'Bridge of Spies'". Variety. Diakses tanggal October 6, 2015. 
  3. ^ Pamela McClintock (October 13, 2015). "Box-Office Preview: 'Goosebumps' Could Out-Spook 'Crimson Peak,' 'Bridge of Spies'". The Hollywood Reporter. (Prometheus Global Media). Diakses tanggal October 14, 2015. 
  4. ^ a b c "Bridge of Spies (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 10, 2016. 
  5. ^ Lang, Brent (March 18, 2015).
  6. ^ "Bridge of Spies (2015)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 1, 2016. 
  7. ^ "Bridge of Spies reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 1, 2016. 
  8. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar