Premanisme: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
79 bita dihapus ,  2 tahun yang lalu
k
Dikembalikan ke revisi 12191864 oleh HsfBot (bicara).
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
k (Dikembalikan ke revisi 12191864 oleh HsfBot (bicara).)
Tag: Pembatalan
'''Premanisme''' (berasal dari kata [[bahasa Belanda]] ''vrijman'' = orang bebas, merdeka dan ''isme'' = aliran){{fact}} adalah sebutan pejoratif yang sering digunakan untuk merujuk kepada kegiatan sekelompok orang yang mendapatkan penghasilannya terutama dari [[pemerasan]] kelompok masyarakat lain.
 
== PremanPremanisme di Indonesia ==
Fenomena preman di Indonesia mulai berkembang pada saat ekonomi semakin sulit dan angka pengangguran semakin tinggi. Akibatnya kelompok masyarakat usia kerja mulai mencari cara untuk mendapatkan penghasilan, biasanya melalui pemerasan dalam bentuk penyediaan jasa yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Preman sangat identik dengan dunia kriminal dan kekerasan karena memang kegiatan preman tidak lepas dari kedua hal tersebut.
 
 
Sering terjadi perkelahian antar preman karena memperebutkan wilayah garapan yang beberapa di antaranya menyebabkan jatuhnya korban jiwa.
 
Beberapa preman paling ditakuti:
* Hercules
* Olo Panggabean
* Juniatur Panjaitan
 
Preman di Indonesia makin lama makin sukar diberantas karena ekonomi yang semakin memburuk dan kolusi antar preman dan petugas keamanan setempat dengan mekanisme berbagi setoran.

Menu navigasi