Republik Bataaf: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Penambahan konten yang sudah pasti dan jelas dengan pengaturan negaranya.
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
k Membatalkan 1 suntingan oleh IrshanAuliansyah (bicara) ke revisi terakhir oleh Naval Scene. (Twinkle (つ◕౪◕)つ━☆゚.*・。゚✨)
Tag: Pembatalan
Baris 47: Baris 47:
|footnotes = a. As "[[List of Grand Pensionaries|Grand Pensionary of Batavia]]". ¹ ''de facto''
|footnotes = a. As "[[List of Grand Pensionaries|Grand Pensionary of Batavia]]". ¹ ''de facto''
}}
}}
'''Republik Batavia''' ({{lang-nl|Bataafse Republiek}}) adalah nama suatu republik yang didirikan di [[Belanda]] antara tahun 1795 sampai dengan 1806, yang bentuknya mengikuti model [[Republik Perancis]]. Republik Batavia diproklamasikan pada 19 Januari 1795, yaitu sehari setelah walinegara [[Willem V van Oranje-Nassau]] melarikan diri ke [[Inggris]]. Kemudian pada tanggal 4 Maret, sebuah pohon simbol kebebasan ditanam di depan Balai Kota [[Amsterdam]]. Belanda adalah negara yang menggunakan bahasa dari negaranya sendiri.
'''Republik Batavia''' ({{lang-nl|Bataafse Republiek}}) adalah nama suatu republik yang didirikan di [[Belanda]] antara tahun 1795 sampai dengan 1806, yang bentuknya mengikuti model [[Republik Perancis]]. Republik Batavia diproklamasikan pada 19 Januari 1795, yaitu sehari setelah walinegara [[Willem V van Oranje-Nassau]] melarikan diri ke [[Inggris]]. Kemudian pada tanggal 4 Maret, sebuah pohon simbol kebebasan ditanam di depan Balai Kota [[Amsterdam]].


== Republik Tujuh Provinsi Belanda yang Bersatu ==
== Republik Tujuh Provinsi Belanda yang Bersatu ==

Revisi per 18 Juni 2018 14.00

Republik Batavia

Bataafse Republiek
République Batave
1795–1806
Bendera Republik Batavia
Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
Republik Batavia
Republik Batavia
Peta
StatusNegara klien dari Republik Perancis
Ibu kotaDen Haag¹
Bahasa yang umum digunakanBahasa Belanda dan bahasa regional lainnya
PemerintahanRepublik
Pemerintah Eksekutif 
• 1795
Komite Revolusioner
• 1795–1796
Jenderal Negara
• 1796–1798
Majelis Nasional
• 1798–1801
Otoritas Eksekutif
• 1801–1805
Majelis Negara
• 1805–1806
Rutger Jan Sch.a
Sejarah 
18 Januari 1795
16 Mei 1795
5 Juni 1806
Populasi
• 1806
2178000[1]
Didahului oleh
Digantikan oleh
Republik Belanda
krjKerajaan
Holandia
a. As "Grand Pensionary of Batavia". ¹ de facto
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Republik Batavia (Belanda: Bataafse Republiek) adalah nama suatu republik yang didirikan di Belanda antara tahun 1795 sampai dengan 1806, yang bentuknya mengikuti model Republik Perancis. Republik Batavia diproklamasikan pada 19 Januari 1795, yaitu sehari setelah walinegara Willem V van Oranje-Nassau melarikan diri ke Inggris. Kemudian pada tanggal 4 Maret, sebuah pohon simbol kebebasan ditanam di depan Balai Kota Amsterdam.

Republik Tujuh Provinsi Belanda yang Bersatu

Sejak 1581 Belanda berbentuk Republik, mengakhiri elit politik dari kaum aristokrat pengusaha dan dinasti Oranje. Karena kekuasaan bertambah dan terpusat di golongan yang semakin kecil, maka pada akhir abad ke-18 terjadi penentangan terhadap struktur kekuasaan yang ada. Patriotten yang berorientasi pada Pencerahan menuntut hak lebih dalam pengambilan keputusan. Karena gagal dan campur tangan Prussia di Belanda, pada tahun 1787 mereka melarikan diri ke Perancis.

Republik Tujuh Provinsi Belanda yang Bersatu bersikap netral di awal Peperangan Koalisi (Peperangan era Napoleon) Pertama melawan kaum revolusioner Perancis (1792-1797). Republik Tujuh Provinsi merupakan pemberi modal yang terpenting bagi Kerajaan Britania Raya, sedangkan Kerajaan Britania Raya merupakan musuh utama dari Revolusi Perancis. Hal ini mengakibatkan Belanda terlibat dalam konflik. Pada 1 Februari 1793 Perancis memaklumkan perang terhadap Belanda. Pada musim dingin 1794/1795 pasukan Perancis memasuki Belanda dan menguasai Amsterdam pada 20 Januari 1795. Para pelarian tahun 1780-an memproklamasikan Republik Batavia sebelum berakhirnya konflik.

Republik Baru

Pada 16 Mei 1795, Perancis dan Republik Batavia menandatangani Perjanjian Damai Den Haag; Eksklave Maastricht, Venlo, Limburg dan Vlaanderen yang dikuasai Perancis diintegrasikan dengan Belanda (sekarang menjadi Belgia), dan Republik Batavia harus mengakomodasi 30.000 pasukan Perancis di wilayahnya. Kedua Republik juga mengadakan Perjanjian Pertahanan dan Aliansi Offensif dalam pertempuran berikutnya melawan koalisi, terutama Austria dan Britania Raya.

Republik Batavia menetapkan titik balik politik nasional: Suatu Negara kesatuan di mana ketika masih merupakan Negara Belanda Bersatu, Belanda hanyalah sebuah Federasi dari beberapa negara kecil, di mana masing-masing negara menjalankan politik dalam negerinya sendiri. Dan mulai dari Republik Batavia, Belanda memiliki Pemerintahan yang terpusat. Politik luar negeri tidak dijalankan Republik ini karena berada di bawah penguasaan Perancis.

Referensi

  1. ^ The Netherlands: country population, Jan Lahmeyer. Retrieved on 28 September 2013.