Kapten (sepak bola): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
HsfBot (bicara | kontrib)
k Bot: Perubahan kosmetika
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 19: Baris 19:


== Referensi ==
== Referensi ==
{{reflist}}
{{reflist}} taek


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==

Revisi per 17 Juni 2018 17.04

Sebuah gelang kapten yang dikenakan seorang kapten.

Kapten tim dari sebuah tim sepak bola adalah seorang pemain yang dipilih sebagai pemimpin tim di lapangan. Seorang pemain yang lebih tua atau lebih berpengalaman, atau pemain yang memberi pengaruh besar sering dipilih menjadi kapten. Kapten tim umumnya memakai gelang kapten.

Tugas dan tanggung jawab

Satu-satunya tugas resmi seorang kapten menurut Peraturan Pertandingan Sepak Bola FIFA adalah berpartisipasi dalam pelemparan koin untuk menentukan daerah lapangan sebelum memulai pertandingan atau saat babak adu penalti.[1] Saat pertandingan berlangsung, kadang-kadang wasit akan berbicara dengan kapten tim tentang perilaku umum timnya. Selain itu juga, setiap piala yang dimenangkan sebuah tim akan diserahterimakan kepada kapten saat seremoni pemberian piala.

Pada pertandingan tingkat junior atau yang bersifat rekreasional, kapten sering diberikan tugas yang lebih tinggi: menjadi manajer.

Seorang kapten umumnya menjadi titik tumpu untuk meningkatkan moril dan semangat timnya.

Posisi yang terkait

Kapten klub

Seorang kapten klub biasanya diangkat untuk satu musim - jika tidak tersedia atau tidak dipilih untuk permainan khusus, ditunjuk wakil kapten atau kapten tim akan ditunjuk untuk melakukan peran yang sama - dan akan menjadi pemain pertama yang mengangkat trofi yang seharusnya dari tim pemenang hanya satu. Namun, klub dapat menunjuk dua peran yang berbeda: seorang kapten klub untuk mewakili pemain dalam peran hubungan publik, dan koresponden di lapangan. Hubungan antara seorang manajer dan kapten adalah satu penting. Demikian juga penting kapten memiliki hubungan yang baik dengan pendukung klub. Kualitas penting dari seorang kapten klub mencakup penetapan dan stamina, mampu akrab dengan semua orang, dan menjadi pemain, cerdas berpikiran taktis. Klub kapten juga dapat mengambil tanggung jawab tertentu dalam staf bermain, seperti mengatur peningkatan moral saat suatu kejadian dan menjaga pemain muda.

Wakil kapten

Seorang wakil kapten adalah pemain yang diharapkan menjadi kapten ketika kapten klub tersebut tidak termasuk dalam starting eleven, atau jika, selama pertandingan, kapten diganti atau dikeluarkan dari lapangan.

Referensi

  1. ^ James Alder,. "About Football Glossary - Coin Toss". About.com Football. About.com. Diakses tanggal 2012-2-16. 

taek

Pranala luar

(Inggris) Peraturan Pertandingan Sepak Bola FIFA