Kanibalisme: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
k ←Suntingan 112.215.237.12 (bicara) dibatalkan ke versi terakhir oleh 116.206.38.55
Tag: Pengembalian
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Os Filhos de Pindorama. Cannibalism in Brazil in 1557.jpg|ka|200px|jmpl|Lukisan tentang kanibalisme di [[Brasil]] oleh [[Hans Staden]]]]'''Kanibalisme''' merupakan sebuah fenomena di mana satu makhluk hidup makan makhluk sejenis lainnya. Misalkan [[anjing]] yang memakan anjing atau [[manusia]] yang memakan manusia. Kadang-kadang fenomena ini disebut ''anthropophagus'' ([[Bahasa Yunani]] ''anthrôpos'', “manusia” dan ''phagein'', "makan"). Secara [[etimologi]]s kata “kanibal” merupakan kata pungutan dari [[Bahasa Belanda]] yang pada gilirannya memungut dari [[Bahasa Spanyol]]; “canibal” yang berarti orang dari [[Karibia]]. Di daerah ini oleh penjelajah ditemukan fenomena ini.
Kanibal/kanibalisme adalah suatu kelompok atau semacam rantai makanan yang pada basic nya mengarah ke sebuah produk makanan mentah yang bahan dasar nya ada daging manusia ataupun daging kadal loncat. Kendatipun banyak sebagian masyarakat dari belahan dunia mengidap kanibal, sebagian contoh dari negara afrika bagian planet mars meraka sangat suka memakan daging dari karet ban bekas.

Selain di Karibia, di [[Benua Amerika|Amerika]] hal ini pada zaman dahulu kala banyak terjadi pula, misalnya di antara suku [[Anasazi]], [[Bangsa Maya]] dan [[Aztek]]. Selain itu di [[Asia-Pasifik]], kanibalisme juga pernah ditemukan. Antara lain di antara suku [[Batak]] di [[Sumatera Utara]], suku [[Suku Dayak|Dayak]] di [[Kalimantan]], suku [[Suku Asmat|Asmat]] di [[Papua]], beberapa suku lainnya di Papua Barat maupun [[Papua Nugini|Timur]], [[Fiji]] dan daerah Melanesia lainnya. Di [[Papua Nugini]] di antara suku [[Fore]], kanibalisme menimbulkan penyakit [[penyakit kuru|kuru]].

Ada beberapa petunjuk bahwa kanibalisme secara ritual juga pernah muncul di pulau [[Jawa]], [[Bali]] dan [[Sulawesi]]. Jadi secara praktis hampir di seluruh [[Indonesia]].

Pada [[zaman modern]], kanibalisme secara insidentil pernah muncul di [[Amerika Serikat]], pada kasus [[Ekspedisi Donner]], [[Ukraina]] pada tahun [[1930-an]], di [[Leningrad]] pada [[Perang Dunia II]] dan di [[Andes]] ketika ada kecelakaan pesawat terbang pada tahun [[1972]]. Kasus terakhir ini pernah dibuatkan [[film]] ''[[Alive]]'' pada tahun [[1992]].

Kasus-kasus di atas ini merupakan kasus insidentil dengan kata lain, fenomena ini muncul karena mereka yang terlibat kanibalisme kehabisan bahan makanan. Lain halnya dengan kematian putra jutawan [[Rockefeller]] di [[Irian Barat]] atau Papua pada tahun [[1965]] di antara suku [[Suku Asmat|Asmat]] dan kasus-kasus kelainan jiwa di seantero [[bumi|dunia]] yang dibahas di bawah ini.


== Kasus-kasus kanibalisme ==
== Kasus-kasus kanibalisme ==

Revisi per 15 Mei 2018 06.32

Lukisan tentang kanibalisme di Brasil oleh Hans Staden

Kanibalisme merupakan sebuah fenomena di mana satu makhluk hidup makan makhluk sejenis lainnya. Misalkan anjing yang memakan anjing atau manusia yang memakan manusia. Kadang-kadang fenomena ini disebut anthropophagus (Bahasa Yunani anthrôpos, “manusia” dan phagein, "makan"). Secara etimologis kata “kanibal” merupakan kata pungutan dari Bahasa Belanda yang pada gilirannya memungut dari Bahasa Spanyol; “canibal” yang berarti orang dari Karibia. Di daerah ini oleh penjelajah ditemukan fenomena ini.

Selain di Karibia, di Amerika hal ini pada zaman dahulu kala banyak terjadi pula, misalnya di antara suku Anasazi, Bangsa Maya dan Aztek. Selain itu di Asia-Pasifik, kanibalisme juga pernah ditemukan. Antara lain di antara suku Batak di Sumatera Utara, suku Dayak di Kalimantan, suku Asmat di Papua, beberapa suku lainnya di Papua Barat maupun Timur, Fiji dan daerah Melanesia lainnya. Di Papua Nugini di antara suku Fore, kanibalisme menimbulkan penyakit kuru.

Ada beberapa petunjuk bahwa kanibalisme secara ritual juga pernah muncul di pulau Jawa, Bali dan Sulawesi. Jadi secara praktis hampir di seluruh Indonesia.

Pada zaman modern, kanibalisme secara insidentil pernah muncul di Amerika Serikat, pada kasus Ekspedisi Donner, Ukraina pada tahun 1930-an, di Leningrad pada Perang Dunia II dan di Andes ketika ada kecelakaan pesawat terbang pada tahun 1972. Kasus terakhir ini pernah dibuatkan film Alive pada tahun 1992.

Kasus-kasus di atas ini merupakan kasus insidentil dengan kata lain, fenomena ini muncul karena mereka yang terlibat kanibalisme kehabisan bahan makanan. Lain halnya dengan kematian putra jutawan Rockefeller di Irian Barat atau Papua pada tahun 1965 di antara suku Asmat dan kasus-kasus kelainan jiwa di seantero dunia yang dibahas di bawah ini.

Kasus-kasus kanibalisme

Patung karya Leonhard Kern (1650) yang menggambarkan seorang wanita kanibal

Selain kasus kanibalisme karena keadaan terpaksa, ada pula beberapa kasus yang terjadi karena pelakunya terkena pengaruh kelainan jiwa.

Beberapa nama:

Lihat pula