Kabupaten administrasi: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
298 bita ditambahkan ,  13 tahun yang lalu
sunting
k (Robot: Cosmetic changes)
(sunting)
{{Daerah administrasi Indonesia}}
'''Kabupaten administratifadministrasi''' adalah daerahpembagian administrasiwilayah tingkat IIadministrasi di [[Indonesia]]. Perbedaannyadi denganbawah [[kabupatenprovinsi]]. biasaSaat adalahini hanya terdapat satu kabupaten administratifadministrasi tidakdi mempunyaiIndonesia, yakni [[DPRDKabupaten Administrasi Kepulauan Seribu]], Provinsi [[Daerah Khusus Ibukota Jakarta]].
 
Berbeda dengan [[kabupaten|kabupaten-kabupaten]] lain di Indonesia, kabupaten administrasi bukanlah daerah otonom. Kabupaten administrasi dipimpin oleh seorang [[bupati]] dan dibantu oleh wakil bupati yang diangkat oleh [[gubernur]] dari kalangan [[pegawai negeri sipil]]. Perangkat daerah kabupaten administrasi terdiri atas Sekretariat Kabupaten Administrasi, Suku Dinas, lembaga teknis lain, [[kecamatan]], dan [[kelurahan]].
Saat ini, satu-satunya kabupaten administratif di [[Indonesia]] adalah [[Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu]] di lingkup [[DKI Jakarta]]. Semula kabupaten ini adalah sebuah [[kecamatan]] yang berada di bawah kendali Pemerintah [[Kota Jakarta Utara]].
 
{{Macam pembagian negara}}
 
==Lihat pula==
[[Kategori:Pembagian administratif]]
* [[Kota administrasi]]
 
[[Kategori: Pembagian administratif]]
 
[[su:Kabupatén administratif]]
8.702

suntingan

Menu navigasi