Wikipedia:Daftar artikel hoaks di Wikipedia/Mandala Wanagiri: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 49: Baris 49:
== Referensi ==
== Referensi ==
{{reflist}}
{{reflist}}
{{Topik Sunda |state=collapsed}}

[[Kategori:Kerajaan Sunda| ]]
[[Kategori:Kerajaan Sunda| ]]
[[Kategori:Naskah Wangsakerta]]
[[Kategori:Naskah Wangsakerta]]

Revisi per 5 April 2018 06.59

Mandala Wanagiri adalah salah satu perdikan Sunda atau kawasan pendidikan spiritual zaman Sunda kuno di daerah Palimanan Cirebon. Seperti halnya Mandala lain di Jawa Barat, istilah Mandala sering dipertukarkan dengan kabuyutan. Meskipun tidak salah. Namun tidak semua kabuyutan adalah kemandalaan. Sebaliknya semua Kemandalaan dapat dikategorikan sebagai kabuyutan. Mandala di tatar Sunda dipengaruhi agama Buddha atau Siwa-Buddha.

Mandala Wanagiri dipimpin Guru Resi Danuwarsih.

Pusat pemerintahan Wanagiri  diduga berada di kawasan Gunung Cimandung dan Gunung Cangak. Namun melihat sisi arkeologis,  Gunung Cimandung cenderung merupakan wilayah yang disakralkan. Di Situs Cimandung[1] banyak ditemukan sumber mata air dan tatanan batu yang orienteasinya digunakan untuk kegiatan religi.

Dari sebaran tempat-tempat yang disakralkan di Ciamandung lebih cocok sebagai bekas pertapaan. Dugaan ini dilatarbelakangi bahwa Resi Sentanu dari Mandala Indraprahasta menganggap kawasan Cimandung dan Gunung Cangak ini sebagai duplikasi dari Mahameru yang disakralkan di India.

Kemandalaan Wanagiri ini juga berubah menjadi kerajaan kecil di Palimanan, Cirebon sekarang.[2] Selanjutnya Mandala Wanagiri dan Mandala Indraprahasta disatukan demi kepentingan politik kerajaan.

Mandala menjadi Kerajaan

Seperti halnya Mandala Indraprahasta, Mandala Wanagiri berubah menjadi kerajaan. Keduanya juga berada di bawah kekuasaan Tarumanagara.  Pada pertengahan abad 5 M kerajaan di pegunungan ini pernah tak berdaya didera kemelut suksesi Tarumanagara. Wilayahnya dijadikan basis pemberontakan Cakrawarman yang didukung tokoh-tokoh penting Tarumanagara dengan pasukan yang banyak ingin menggulingkan Maharaja Wisnuwarman penguasa Tarumanagara.

Wanagiri akhirnya mampu meredam huru hara Cakrawarman setelah datang pasukan utama Tarumanagara yang merupakan pasukan gabungan kerajaan bawahan Tarumanagara lainnya yang dipimpin Indraprahasta dibawah komando Prabu Wirabanyu (421-444 M).

Saat itu pasukan Wanagiri yang bergabung dipimpin oleh Senapati Babar Kalih.  Akhirnya pemberontakan Cakrawarman berhasil ditumpas di markasnya yaitu di Girinata.

Perode berikutnya setelah Tarumanagara terbagi dua, yaitu Sunda dan Galuh, Kerajaan Wanagiri menjadi bagian dari Kerajaan Indraprahasta yang pro ke Kerajaan Galuh di Ciamis. Raja yang berkuasa di Kerajaan Wanagiri saat itu bernama Adipati Kusala raja Wanagiri (719-727) menikahi Ganggakirana putri bungsu Padmahariwangsa, raja Indraprahasta ke-13. Putra sulungnya yang bernama Wiratara menjadi penguasa Indraprahasta berikutnya, sedangkan putra kedua Padmahariwangsa yang bernama Citrakirana menikah dengan Purbasora (putra Sempakwaja, penguasa Galunggung).

Kerajaan Wanagiri berbalik menjadi penguasa Indraprahasta tahun 719 M,  setelah Sanjaya menghancurkan Indraprahasta gara-gara Purbasora yang menjadi adik ipar Wiratara melibatkan Indraprahasta untuk menggulingkan Senna, Ayah Sanjaya.  Maka untuk meredam pembalasan dendam dari keluarga Indraprahasta dan Wanagiri Sanjaya mengangkat Adipati Kusala raja Wanagiri (719-727) untuk berkuasa di Indraprahasta.

Berita mengenai Wanagiri tidak terdengar lagi sejak abad 8 sampai 14 M. Baru kemudian dikisahkan lagi ketika Prabu Bunisora Suradipati, penguasa Sunda Galuh, mengangkat putranya yaitu  Ki Gedeng Kasmaya (1347 – 1437 M)  menjadi penguasa Wanagiri.

Saat Prabu Niskala Wastukancana berkuasa di Sunda Galuh menggantikan  Bunisora Suradipati, Wanagiri sepertinya dipecah menjadi beberapa kerajaan untuk dipimpin putra-putra dan cucu Niskala Wastukancana. Yaitu Kerajaan Surantaka yang diberikan kepada Ki Gedeng Sindangkasih, Kerajaan Singapura dipimpin oleh Surawijaya Sakti,  Kerajaan Japura dirajai Amuk Murugul yang diangkat sebagai penguasa wilayah Japura oleh ayahnya, Prabu Susuk Tunggal, penguasa Sunda putra Prabu Niskala Wastukancana dari Ratna Sarkati.

Untuk memperkuat kekuasaan Sunda Galuh di wilayah pesisir Cirebon,  maka pertalian saudara semakin dikukuhkan melalui pernikahan.  Ki Gedeng Kasmaya menikah dengan Ratna Kirana dan memiliki beberapa orang putri diantaranya Rara Rudra yang dinikahi Surawijaya Sakti dan Ratna Keranjang dinikahi Ki Gedeng Tapa. Ki Gedeng Tapa dan Surawijaya Sakti adalah penguasa Singapura, putra Niskala Wastukancana dari Mayangsari (adik bungsu Ki Gedeng Kasmaya, Bratalegawa dan Banawati).

Saat Ki Ageng Kasmaya memerintah di Wanagiri kerap disambangi adiknya yaitu Bratalegawa, saudagar kaya yang merupakan haji pertama di Sunda untuk mengajaknya memeluk agama Islam. Namun Ki Gedeng Kasmaya menolaknya dengan halus, demikian juga  Ratu Banawati di Bumi Galuh juga menolak untuk memeluk agama Islam.

Mengenai hubungan persaudaraan keturunan Prabu Bunisora Suradipati ini disebutkan dalam ‘Carita Parahyangan Sakeng Bhumi Jawa Kulwan’ Sargah 3/88-90 :

Prabu Suradhipati, lawan abiseka nama nira, Prabu Batara Guru Pangadhipara Martajana Dewabrata, juga sinebut Batara Guru I Jampang. Ing pasanggamanira lawan rajabarya Dewi Laksmiwati, manakta siira pirang siki. patang siki pantaranya ya-20  tiku, pratama Raden Giridewata, atawa Kyageng Kasmaya, ngaranira waneh,pinaka ratu mandhala Cerebon Girang. Dwitiya, Raden Bratalagawa, ngaranira. Tritiya, Ratu Banawati, ngaranira, pinaka ratu mandhhala i Bumi Galuh. cautrta, Dewi Mayang Sari, pinaka stri dening Prabu Niskala Wastu Kencana. Hana pwa Dewi Mayangsari, mijiling, sewu rwa ngatus pitung puluh nem ikang sakakala.

Terjemahanya : Prabhū Bhātara Guru Pangadhipamārtha Dewabrata juga disebut Bhātara Guru di Jampang. Dalam perkawinannya dengan Permaisuri Dewi Laksmiwati, beranaklah beberapa orang.Empat orang diantaranya yaitu, Pertama, Radem Giri Dewata atau Ki Ageng Kasmaya namanya yang lain.Selaku ratu daerah Cerbon Girang. Kedua, Raden Bratalagawa namanya. Ketiga, Ratu Banawati namanya. Selaku ratu daerah di bumi Galuh. Keempat, Dewi Mayangsari. Diperistri oleh Prabu Niskala Wastu Kencana. Adapun Dewi Mayangsari lahir pada seribu dua ratus tujuh piluh enam tarikh Saka (1276 S/1354 M).

Ketika putra Ki Gedeng Kasmaya[3] yang bernama Ki Gedeng Carbon Girang (1437 – 1493 M) berkuasa menggantikan Ki Gedeng Kasmaya yang mengundurkan diri dan mendirikan Padepokan Sarwadadi di Desa Sarwadadi. Nama Wanagiri diganti dengan nama Cirebon.

Dikarenakan tahun 1445 di wilayah pesisir telah berdiri Desa Kebon Pesisir (Lemahwungkuk) yang didirikan oleh Ki Danusela (Ki Gedeng Alang-alang) dan Pangeran Walangsungsang yang dibantu  Nhay Indang Geulis (istrinya) dan Nyimas Rarasantang adik kandungnya yang kemudian berkembang menjadi Cirebon Larang.

Untuk membedakannya, Kerajaan Cirebon pun menjadi Cirebon Girang.  Ki Danusela, adalah adik Resi Danuwarsih ayah dari Indang Geulis. Istri Ki Danusela bernama Nyai Arumsari adalah putra Ki Gedeng Kasmaya. Setelah Ki Gedeng Danusela meninggal tahun 1447 M,  penerusnya adalah Walangsungsang (Samadullah) sebagai kuwu kedua dengan gelar Pangeran Cakrabuana.

Cirebon Larang dan Cirebon Girangpun disatukan dengan ditandai oleh  sungai yang hulunya di Sungai Suba di Caruban Girang dan muaranya disebut sungai Krian di Caruban Larang. Ibu Satimi Juru kunci situs Cimandung menyatakan bahwa Situs Ciamandung adalah bekas kekuasaan galuh dan situs Cimandung ini diyakini sebagai istana kerajaan. Namun kondisi saat ini kawasan Cimandung merupakan  hutan yang cukup lebat dan sejauh ini belum ditemukan jejak adanya pondasi bangunan semacam istana yang diduga peninggalan Wanagiri.

Menurutnya, setelah Ki Gedeng Kasmaya meninggal, lokasi tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Ki Gede Alang-alang dan Cakrabuana sebagai tempat tirakat.

Di lokasi gunung yang luasnya mencapai 20 hektare itu terdapat sembilan mata air dan empat buah batu besar yang masing-masing masih diselimuti mitos dan disakralkan oleh para peziarah. Situs Cimandung lebih dikenal sebagai Petilasan Mbah Kuwu Sangkan dan Nyimas Ratu Cempa Mulia. Ciri khas situs ini adalah adanya Pohon Ragasakti yang unik dan terkesan angker karena usianya yang tua. Pohon ini tumbuh di gerbang situs dan merupakan tumbuhan jenis Liana yang tumbuh merambat, memanjang dan menggantung.

Referensi

  1. ^ "tempat wisata cirebon - Cimandung - Cireboner". cireboner.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-04-01. 
  2. ^ "Kerajaan Wanagiri, Asal Mula Kuatnya Kekuasaan di Cirebon". Sportourism.id. Diakses tanggal 2018-04-01. 
  3. ^ "Ki Gedeng Kasmaya - Rodovid ID". id.rodovid.org. Diakses tanggal 2018-04-01.