Ovulasi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
MKhasanNm (bicara | kontrib)
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
k ←Suntingan MKhasanNm (bicara) dibatalkan ke versi terakhir oleh HsfBot
Tag: Pengembalian Pembatalan
Baris 7: Baris 7:


=== Fase Folikel ===
=== Fase Folikel ===
Proses pematangan [[folikel]] pada [[ovarium]], terjadi pada awal siklus [[menstruasi]]<ref name="John">{{en}} John Billings. 2000. The Ovulation Method: Natural Family Planning. Los Angeles (US): WOOMB International.</ref>. Jika ovulasi berhasil, [[ovum]] di pandu oleh sel [[Corona_radiata_(embryology)|corona radiata]] dan sel [[cumulus oohorous granulosa]]<ref name="John"/>.
Proses pematangan [[folikel]] pada [[ovarium]], terjadi pada awal siklus [[menstruasi]]<ref name="John">{{en}} John Billings. 2000. The Ovulation Method: Natural Family Planning. Los Angeles (US): WOOMB International.</ref>. Jika ovulasi berhasil, [[ovum]] di pandu oleh sel [[corona radiata]] dan sel [[cumulus oohorous granulosa]]<ref name="John"/>.


=== Fase Ovulasi ===
=== Fase Ovulasi ===

Revisi per 27 Maret 2018 18.29

Ovulasi terjadi pada saat ditengah siklus menstruasi. setelah fase folikel. Fase ini dipengaruhi oleh hormon luteinizing hormone (LH) dan follicle-stimulating hormone (FSH)
Pada diagram dapat dilihat adanya perubahan hormonal pada saat ovulasi

Ovulasi merupakan proses yang terjadi di dalam siklus menstruasi wanita[1]. Pada proses ini folikel yang matang akan pecah dan mengeluarkan sel telur ke tuba falopi untuk dibuahi[1]. Pada tahapan ini lapisan rahim telah menebal untuk mempersiapkan sel telur yang telah dibuahi[1]. Jika pembuahan tidak terjadi, lapisan rahim serta darah akan diruntuhkan[1]. Ovulasi dimulai pada masa pubertas dan terus berlangsung secara bulanan pada tahun-tahun usia subur. Ovulasi terhenti pada waktu kehamilan[1].

Siklus

Fase Folikel

Proses pematangan folikel pada ovarium, terjadi pada awal siklus menstruasi[2]. Jika ovulasi berhasil, ovum di pandu oleh sel corona radiata dan sel cumulus oohorous granulosa[2].

Fase Ovulasi

Pada fase ini kurva dari konsentrasi estrogen akan menyebabkan naiknya ekspresi dari hormon luteinizing (LH) dan hormon penstimulasi folikel (FSH)[2]. Fase ini terjadi selama 24 hingga 36 jam[2]. oocyte pada fase ini akan di lepaskan dari ovarium melalui oviduct[2].

Melalui sinyal transduksi kaskade yang diprakarsai oleh hormon LH membuat enzim proteolitik yang dikeluarkan oleh folikel akan menurunkan jaringan follicular di situs blister yang akan membentuk lubang yang disebut stigma[2].Yang kompleks cumulus-oocyte (coc) meninggalkan pecah folikel dan bergerak ke dalam rongga peritoneum melalui stigma, di mana ia tertangkap oleh fimbriae pada akhir tuba fallopii (juga disebut oviduk)[2]. Setelah memasuki oviduk, yang kompleks ovum-cumulus didorong bersama oleh silia, awal perjalanannya ke arah rahim[2].

Setelah oosit menyelesaikan fase meiosis, sel tersebut akan menghasilkan dua sel, yaitu yang lebih besar oosit sekunder yang berisi semua bahan sitoplasma, dan yang lebih kecil tidak aktif pertama tubuh kutub[2]. Pada tahapan meiosis II akan mengikuti secara bersamaan namun akan ditahan pada fase metaphase dan akan jadi masih tinggal sampai fertilisasi[2]. Gelendong aparatus kedua divisi meiosis muncul pada saat ovulasi[2]. Jika tidak ada pembuahan terjadi, oosit akan merosot antara 12 hingga 24 jam setelah ovulasi[2].

Fase Luteal

Folikel pada fase ini merupakan fase akhir dari hidupnya[2]. Tanpa oosit, lipatan folikel masuk ke dalam dirinya sendiri kemudian bertransformasi menjadi korpus luteum yang merupakan sebuah cluster steroidogenic sel-sel yang memproduksi estrogen dan progesteron[2]. Hormon ini menyebabkan kelenjar endometrium memulai produksi endometrium proliferatif dan kemudian melakukan sekresi endometrium, situs pertumbuhan embrio jika implantasi terjadi[2].

Tindakan progesteron meningkatkan suhu tubuh basal menjadi seperempat untuk 2,4 derajat Celsius (satu perdua untuk satu derajat Fahrenheit)[2]. Korpus luteum terus melakukan tindakan paracrine ini untuk sisa dari siklus menstruasi untuk mempertahankan endometrium sebelum disintegrasi ke jaringan parut selama mestruasi[2].

Referensi

  1. ^ a b c d e (Inggris)E. Y. Adashi. 2000. Ovulation: evolving scientific and clinical concepts. New York (US) : Springer.
  2. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q (Inggris) John Billings. 2000. The Ovulation Method: Natural Family Planning. Los Angeles (US): WOOMB International.