Universitas Pattimura: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
HsfBot (bicara | kontrib)
k Bot: Menambahkan tag <references /> yang hilang
Alyrahmats (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 15: Baris 15:


== Sejarah ==
== Sejarah ==
[http://www.unpatti.ac.id Universitas Pattimura] bermula pada saat Dr. J. B. Sitanala dan beberapa tokoh masyarakat memprakarsai pendirian suatu lembaga Pendidikan Tinggi di Maluku untuk mewujudkan aspirasi rakyat yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan Bangsa dan Negara terutama dalam bidang Pendidikan Tinggi dan Pengembangan llmu Pengetahuan. Untuk itulah dibentuk Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat pada tanggal 20 Juli 1955 yang diketuai oleh Cornelis Loppies.
[http://www.unpatti.ac.id Universitas Pattimura] bermula pada saat Dr. J. B. Sitanala dan beberapa tokoh masyarakat memprakarsai pendirian suatu lembaga Pendidikan Tinggi di Maluku untuk mewujudkan aspirasi rakyat yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan Bangsa dan Negara terutama dalam bidang Pendidikan Tinggi dan Pengembangan llmu Pengetahuan. Untuk itulah dibentuk Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat pada tanggal 20 Juli 1955 yang diketuai oleh Cornelis Loppies yang berhasil mendirikan Fakultas Hukum pada tanggal 3 Oktober 1956. Tanggal 3 Oktober 1956 kemudian ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Pattimura. Selanjutnya Fakultas Sosial dan Politik pada tanggal 6 Oktober 1959, dan tanggal 10 September 1961 dibuka Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan.


Untuk menjadi sebuah Universitas Negeri harus ada sekurang-kurangnya dua Fakultas Eksakta, sehingga diputuskan untuk membuka Fakultas Pertanian Kehutanan dan Fakultas Peternakan pada tanggal 1 September 1963.
Yayasan tersebut berhasil mendirikan Fakultas Hukum pada tanggal 3 Oktober 1956, yang kemudian ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Pattimura. Selanjutnya Fakultas Sosial dan Politik pada tanggal 6 Oktober 1959, dan tanggal 10 September 1961 dibuka Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan.

Untuk menjadi sebuah Universitas Negeri harus ada sekurang-kurangnya dua Fakultas Eksakta, sehingga pemerintah memutuskan membuka Fakultas Pertanian Kehutanan dan Fakultas Peternakan pada tanggal 1 September 1963.


Tanggal I Agustus 1962 Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat berubah menjadi Universitas Negeri dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 99 tahun 1962 tanggal 8 Agustus 1962 dengan lima Fakultas yakni :
Tanggal I Agustus 1962 Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat berubah menjadi Universitas Negeri dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 99 tahun 1962 tanggal 8 Agustus 1962 dengan lima Fakultas yakni :

Revisi per 13 Februari 2018 10.02

Universitas Pattimura
RektorProf. Dr. Marthinus Johanes Saptenno, SH., M.Hum.
Berkas:Unpattismall.png
Berkas:Unpatti.jpg
Universitas Pattimura

Universitas Pattimura adalah perguruan tinggi negeri di Ambon, Maluku, Indonesia, yang berdiri pada 8 Agustus 1962. Rektor pada tahun 2016 adalah Prof. Dr. Marthinus Johanes Saptenno, SH., M.Hum.

Universitas yang dikenal juga dengan akronim UNPATTI ini beralamat di Jl. Ir. M. Putuhena, Poka-Ambon, saat ini memiliki 9 Fakultas, yaitu: Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Perikanan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Kedokteran.

Sejarah

Universitas Pattimura bermula pada saat Dr. J. B. Sitanala dan beberapa tokoh masyarakat memprakarsai pendirian suatu lembaga Pendidikan Tinggi di Maluku untuk mewujudkan aspirasi rakyat yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan Bangsa dan Negara terutama dalam bidang Pendidikan Tinggi dan Pengembangan llmu Pengetahuan. Untuk itulah dibentuk Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat pada tanggal 20 Juli 1955 yang diketuai oleh Cornelis Loppies yang berhasil mendirikan Fakultas Hukum pada tanggal 3 Oktober 1956. Tanggal 3 Oktober 1956 kemudian ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Pattimura. Selanjutnya Fakultas Sosial dan Politik pada tanggal 6 Oktober 1959, dan tanggal 10 September 1961 dibuka Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan.

Untuk menjadi sebuah Universitas Negeri harus ada sekurang-kurangnya dua Fakultas Eksakta, sehingga diputuskan untuk membuka Fakultas Pertanian Kehutanan dan Fakultas Peternakan pada tanggal 1 September 1963.

Tanggal I Agustus 1962 Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat berubah menjadi Universitas Negeri dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 99 tahun 1962 tanggal 8 Agustus 1962 dengan lima Fakultas yakni :

  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan
  • Fakultas Sosial Politik
  • Fakultas Pertanian Kehutanan
  • Fakultas Peternakan

Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 66 Tahun 1963 tanggal 23 April 1963 mengesahkan pendirian Universitas di Ambon yang diberi nama Universitas Pattimura.

Fakultas Ekonomi dibuka 15 September 1965,

Fakultas Teknik dibuka 16 April 1970 dengan memanfaatkan bangunan-bangunan eks proyek Fakultas Teknologi Ambon (FTA). Pada bulan Agustus 1964 Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan beralih status menjadi IKIP Jakarta Cabang Ambon dengan Rektomya Drs. F.F.H. Matruty. Kemudian pada tanggal 16 September 1969 IKIP Jakarta Cabang Ambon diintegrasikan kembali ke dalam Universitas Pattimura menjadi dua fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Fakultas llmu Pendidikan. Pada tahun 1974 Fakultas Peternakan dilengkapi dengan jurusan Perikanan dan sekaligus mengalami perubahan nama menjadi Fakultas Peternakan/Perikanan. Berdasarkan Keputusan Presiden Rl Nomor 73 Tahun 1982 tentang susunan organisasi Universitas Pattimura, maka pada saat ini Universitas Pattimura memiliki 9 Fakultas dan Program Pascasarjana,dengan jenjang Pendidikan Sarjana, Profesi, Magister dan Doktor yaitu :

  • Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan
    1. Prodi PGSD S1
    2. Prodi PJKR
    3. Prodi Psikologi Pendidikan & Bimbingan Konseling
    4. Prodi Pendidikan Luar Sekolah
    5. Prodi Pendidikan Matematika
    6. Prodi Pendidikan Fisika
    7. Prodi Pendidikan Kimia
    8. Prodi Pendidikan Biologi
    9. Prodi Pendidikan Sejarah
    10. Prodi Pendidikan Geografi
    11. Prodi Pendidikan Ekonomi
    12. Prodi PPKN
    13. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
    14. Prodi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
    15. Prodi Pendidikan Bahasa Jerman
  • Fakultas Hukum
    1. Prodi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi Dan Bisnis[1]
    1. Jurusan Akuntansi
    2. Jurusan Manajemen
    3. Jurusan Ekonomi Pembangunan
  • Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik
    1. Prodi Sosiologi
    2. Prodi Administrasi Publik
    3. Prodi Ilmu Pemerintahan
  • Fakultas Pertanian
    1. Prodi Agribisnis Pertanian
    2. Prodi Peternakan
    3. Prodi Agroteknologi
    4. Prodi Teknologi Hasil Pertanian
    5. Prodi Kehutanan
  • Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan
    1. Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan
    2. Prodi Teknologi Hasil Perikanan
    3. Prodi Sosial Ekonomi Perikanan
    4. Prodi Ilmu Kelautan
    5. Prodi Pemanfaatan Sumber Daya Perairan
    6. Prodi Budidaya Perikanan
  • Fakultas Teknik
    1. Prodi Teknik Mesin
    2. Prodi Teknik Perkapalan
    3. Prodi Teknik Sistem Perkapalan
    4. Prodi Teknik Sipil
    5. Prodi Teknik Industri
    6. Prodi Teknik Perencanaan Wilayah Kota
  • Fakultas MIPA
    1. Jurusan Matematika
    2. Jurusan Biologi
    3. Jurusan Fisika
    4. Jurusan Kimia
  • Fakultas Kedokteran
    1. Prodi Pendidikan Dokter
    2. Program Profesi Dokter
  • Program Pasca Sarjana
    1. Doktor Ilmu Hukum
    2. Doktor Ilmu Kelautan
    3. Magister Administrasi Publik
    4. Magister Sosiologi
    5. Magister Pendidikan Biologi
    6. Magister Bahasa Inggris
    7. Magister Bahasa Jerman
    8. Magister Manajemen Kelautan & Pulau Kecil
    9. Magister Manajemen Hutan
    10. Magister Manajemen
    11. Magister Pengelolahan Lahan
    12. Magister Ilmu Ekonomi
    13. Magister Manajemen Pendidikan
    14. Magister Ilmu Hukum

Rektor / Pimpinan Universitas

Pada awalnya Universitas Pattimura berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 66 Tahun 1963 tanggal 23 April 1963 dipimpin oleh presidium yang terdiri dari

  1. Soemitro Hamidjoyo, S.H. - Ketua
  2. Drs. Soehardjo - Anggota
  3. Kolonel Boesiri - Anggota
  4. Dr. M. Haulussy - Anggota

Selanjutnya dipimpin oleh rektor sebagai berikut

  1. lr. L. Nanlohy, ditetapkan sebagai Rektor Universitas Pattimura yang pertama, Keputusan Presiden Nomor 40/M Tahun 1971.
  2. M.R. Lestaluhu, S.H. diangkat sebagai Rektor Unpatti SK Presiden Nomor 69/M Tahun 1976, SK Presiden Rl Nomor 43/M Tahun 1981 (masa jabatan kedua).
  3. DR. lr. J. Ch. Lawalatta, M.Sc. ditetapkan sebagai Rektor Universitas Pattimura. SK Presiden Nomor 89/M Tahun 1985.
  4. Prof. DR. lr. J. L. Nanere, M.Sc. ditetapkan dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 247/M Tahun 1989.
  5. DR. M. Huliselan sebagai Rektor Universitas Pattimura, SK Presiden Nomor 207/M Tahun 1994,
  6. Prof. Dr. H.B. Tetelepta, MPd, periode I 2004- 2008 dan periode kedua 2008 - 2012.
  7. Prof Dr. Thomas Pentury, M.Si, periode 2012 - 2016,
  8. Prof. Dr. Marthinus Johanes Saptenno, SH., M.Hum, periode 2016 sampai saat ini

Lambang

Dasar lambang adalah perisai bersegi lima yang menggambarkan pertahanan serta jiwa Pancasila sebagai landasan dan jiwa dan segala bentuk perjuangan dan Dharma Bhakti Universitas Pattimura. Obor Pattimura, Pahlawan Nasional yang berasal dan Daerah Maluku dengan lidah nyala obor bercabang tiga melambangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dharma tersebut harus dilaksanakan dengan jiwa dan semangat kepahlawanan. Bunga teratai melambangkan llmu Pengetahuan dan Kearifan. Mutiara melambangkan ketabahan dalam menuntut llmu dan ketabahan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk memperoleh hasil yang bermutu. Tiga butir mutiara serta kesepuluh dasar mahkota dan kelopak daun teratai menggambarkan hari lahir Universitas Pattimura yaitu tanggal 3 Oktober. Dengan diterbitkannya Surat Keputusan Presiden Nomor 66 tanggal 23 April Tahun 1963 maka hari lahir Universitas Pattimura dirayakan pada setiap tanggal 23 April, walaupun lambang tiga butir mutiara serta kesepuluh dasar mahkota dan kelopak daun teratai tetap dipertahankan sesuai data sejarah.

Arti warna

Putih, melambangkan kesucian. Kuning, melambangkan ketekunan. Merah, melambangkan keberanian.

1. Motto: " BERKEMBANG DALAM TANTANGAN " (HOTUMESE)

2. Bendera: Bendera Universitas Pattimura bersegi empat dan berwarna dasar biru muda dengan lambang Universitas ditempatkan di tengah.

3. Hymne dan Mars: Hymne dan Mars Universitas Pattimura adalah lagu-lagu kebesaran yang dilakukan pada upacara-upacara tertentu.

Hymne Universitas Pattimura:

    " Universitas Pattimura Pelambang kecerdasan Nusa Bangsa; 
    Lambang Penjelmaan tuntutan sejarah 
    pewujud idaman Bhineka Tunggal lka. 
    
    Reff : 
    Padamu Kuberjanji, Untukmu Kuberbakti, Bagimu Kumengabdi, untuk kejayaan lbu Pertiwi, 
    Universitas Pattimura pembina generasi Pancasila 
    Pusat Penelitian llmu Pengetahuan untuk pengabdian kemasyarakatan. " 
    
    Mars Universitas Pattimura 
    
    Perguruan Tinggi Indonesia Pelambang kecerdasan bangsa dan cermin bagi jelata, sadar akan panggilannya. 
    Dengan Dharma Pendidikan dan Research serta pengabdian, setia membina masyarakat bangsa wujudkan cita-cita Pancasila. 
    Universitas Pattimura sumber penggerak pembaharuan. 
    
    Hiduplah (hiduplah) Hiduplah jiwanya, suburlah raganya. 
    Universitas Pattimura setia mencipta kader bangsa, menyimpan 
    angkatan pembangunan merata di seluruh Nusantara ".

Referensi

  1. ^ "Fakultas Ekonomi Dan Bisnis". Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-09-08. 

Templat:UNPATTI