Tondano (kota): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
←Membuat halaman berisi ''''TONDANO''' == Teks judul == Kata tondano dalam bahasa daerah Minahasa disebut Toulour yang artinya orang air (tou=orang lour=hamparan air). Kata TONDANO saat ini di pa...'
 
Wic2020 (bicara | kontrib)
merapikan
Baris 1: Baris 1:
'''Tondano''' adalah [[ibu kota]] [[Kabupaten Minahasa]], yang meliputi 4 [[kecamatan]].
'''TONDANO'''

== Teks judul ==
Kota ini terletak di tepi [[Danau Tondano]] dan memiliki suhu yang cukup sejuk. Kota ini dapat dijangkau dari [[Kota Manado]] sejauh 35 km ke arah selatan lewat Kota [[Tomohon]], arah timur via Kecamatan Tombulu, dan arah timur laut via Kota Airmadidi (Ibu Kota [[Kabupaten Minahasa Utara]]).
Kata tondano dalam bahasa daerah Minahasa disebut Toulour yang artinya orang air (tou=orang lour=hamparan air). Kata TONDANO saat ini di pakai sebagai nama KOTA TONDANO (Ibu kota Kabupaten Minahasa (induk, dan nama DANAU TONDANO (danau terbesar di Propinsi Sulawesi Utara). Kota Tondano saat ini memiliki 4 kecamatan dengan jumlah penduduk sekitar 70.000 jiwa. Kota Tondano terdapat Universitas Negeri Manado (UNIMA)tepatnya di Kampus UNIMA Tonsaru Tondano Selatan. Kota ini dapat dijangkau dari Kota Manado (jarak tempuh 35 KM) ke arah selatan via Kota Tomohon, arah timur via Kecamatan Tombulu, dan arah timur laut via Kota Airmadidi (Ibu Kota Minahasa Utara). Kota ini berhawa sejuk karena terletak dipinggir Danau Tondano. Adapaun Danau Tondano diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Tampusu, dan Masarang. Kecamatan-kecamatan yang mengitari Danau Tondano yaitu: Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken, dan Kecamatan Tondano Selatan. Danau ini terdapat sebuah pulau kecil yaitu Pulau Likri, dan obyek wisata danau Sumaru Endo Remboken. Juga da peninggalan sejarah sebagai pangkalan tempur pemerintah kolonial pada jaman penjajahan. Kota ini merupakan kota kelahiran pahlawan nasional Doktor Sam Ratulangi (Gubernur pertama Sulawesi).

Kota Tondano terdapat [[Universitas Negeri Manado]] (UNIMA), tepatnya di Kampus UNIMA Tonsaru [[Tondano Selatan, Minahasa|Tondano Selatan]]. Tondano merupakan kota kelahiran Pahlawan Nasional Doktor [[Sam Ratulangi]], yang juga merupakan Gubernur [[Sulawesi]] yang pertama.

Kata "tondano" dalam [[bahasa Minahasa]] disebut ''toulour'' yang artinya "orang air" (''tou''=orang, ''lour''=hamparan air).

<!--
Danau Tondano diapit oleh Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Tampusu, dan Masarang. Kecamatan-kecamatan yang mengitari Danau Tondano yaitu: Kecamatan Tondano Timur, Kecamatan Eris, Kecamatan Kakas, Kecamatan Remboken, dan Kecamatan Tondano Selatan. Danau ini terdapat sebuah pulau kecil yaitu Pulau Likri, dan obyek wisata danau Sumaru Endo Remboken. Juga da peninggalan sejarah sebagai pangkalan tempur pemerintah kolonial pada jaman penjajahan. -->

[[Kategori: Kabupaten Minahasa]]
[[Kategori: Ibukota kabupaten di Indonesia]]

Revisi per 31 Maret 2008 08.14

Tondano adalah ibu kota Kabupaten Minahasa, yang meliputi 4 kecamatan.

Kota ini terletak di tepi Danau Tondano dan memiliki suhu yang cukup sejuk. Kota ini dapat dijangkau dari Kota Manado sejauh 35 km ke arah selatan lewat Kota Tomohon, arah timur via Kecamatan Tombulu, dan arah timur laut via Kota Airmadidi (Ibu Kota Kabupaten Minahasa Utara).

Kota Tondano terdapat Universitas Negeri Manado (UNIMA), tepatnya di Kampus UNIMA Tonsaru Tondano Selatan. Tondano merupakan kota kelahiran Pahlawan Nasional Doktor Sam Ratulangi, yang juga merupakan Gubernur Sulawesi yang pertama.

Kata "tondano" dalam bahasa Minahasa disebut toulour yang artinya "orang air" (tou=orang, lour=hamparan air).