Dewan Federal (Austria): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Dibuat dengan menerjemahkan halaman "Federal Council (Austria)"
 
HsfBot (bicara | kontrib)
k Bot: Perubahan kosmetika
Baris 117: Baris 117:
== Sumber ==
== Sumber ==
{{Reflist|30em}}
{{Reflist|30em}}

[[Kategori:Politik di Austria]]
[[Kategori:Politik di Austria]]

Revisi per 14 Desember 2017 05.05

Dewan Federal

Bundesrat
Coat of arms or logo
Jenis
Jenis
Majelis tinggi
dari Parlemen Austria
Pimpinan
Presiden Dewan Federal
Edgar Mayer, ÖVP
sejak 1 Juli 2017
Komposisi
Anggota61
Partai & kursi
Pemerintah (42)
Pemilihan
Disetujui oleh lembaga legislatif Negara Bagian
Pemilihan terakhir
Pemilihan tidak langsung
Tempat bersidang
Parlamentsgebäude
Innere Stadt, Vienna
Austria
Situs web
Situs web resmi
L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Dewan Federal (bahasa Jerman: Bundesrat (pelafalan [ˈbʊndəsʁaːt]) adalah majelis kedua Parlemen Austria, yang mewakili sembilan Negara Bagian Austria (Bundesländer) pada tingkat federal. Sebagai bagian dari legislatif bikameral bersama Dewan Nasional (Nationalrat), dewan ini dapat disejajarkan dengan majelis tinggi atau senat. Pada kenyataannya, bagaimanapun, dewan ini jauh kurang kuat daripada Dewan Nasional. Meskipun dewan ini menyetujui setiap undang-undang baru yang diputuskan oleh ini majelis "lebih rendah", majelis "lebih rendah" dapat, dalam banyak kasus, tidak mengindahkan penolakan untuk menyetujui dari Dewan Federal.

Bundesrat berkedudukan di Gedung Parlemen Austria di Wina, dalam suatu konklaf dari yang dahulu majelis Herrenhaus dari Dewan Imperial (Reichsrat).

Peran

Karena Konstitusi Austria (B-VG) membedakan secara tegas antara legislasi federal dan negara bagian, Pasal 42 Konstitusi Austria hanya memberikan hak veto kepada Bundesrat atas undang-undang federal yang diajukan oleh Dewan Nasional. Selain itu dalam kebanyakan kasus veto Dewan Federal hanya menangguhkan, yang berarti Dewan Nasional dapat tidak mengindahkan, dengan mengajukan lagi undang-undang tersebut berdasarkan keputusan biasa oleh sedikitnya setengah dari anggotanya. Oleh karena itu, keputusan Bundesrat hanya dapat menunda undang-undang.[1]

Meskipun demikian, dalam kasus-kasus berikut, persetujuan Dewan Federal bersifat wajib atas:

  • Undang-undang atau aturan-aturan konstitusional yang membatasi kompetensi negara-negara bagian federal
  • Undang-undang yang berkaitan dengan hak-hak Dewan Federal itu sendiri
  • Perjanjian mengenai yurisdiksi negara-negara bagian federal.

Sejak diresmikan pada 10 November 1920, para deputi Bundesrat tidak pernah mencapai status penyeimbang dalam kaitannya dengan Dewan Nasional. Selama beberapa dekade peran Dewan Federal yang hanya sebagai tambahan parlemen Austria telah berujung pada munculnya pendapat-pendapat untuk mereformasi peraturan, menuju representasi aktual dari pemerintah negara-negara bagian yang mengambil model dari Bundesrat Jerman dan Ständerat Swiss atau penghapusan seutuhnya majelis kedua tersebut. Sejauh ini, konsep tersebut telah dipertahankan sebagai manifestasi dari sistem federal Austria.

Dewan Federal dan Dewan Nasional, dalam sidang bersama, membentuk badan parlemen ketiga, yaitu Majelis Federal yang bersidang untuk pengambilan sumpah jabatan Presiden Austria.

Komposisi

Dewan Federal (Mitglieder des Bundesrats, sehari-hari disebut Bundesräte) beranggotakan 61 orang yang dipilih berdasarkan perwakilan proporsional oleh setiap legislatis negara-negara serikat Austria (Landtage) untuk masa jabat 5-6 tahun. Oleh karena itu, komposisi Bundesrat berubah setiap selesai pemilihan umum negara bagian dan pembagian kursi di Landtage Austria.[2] Faksi terbesar kedua Landtag tertentu memiliki hak untuk menunjuk setidaknya satu deputi. Jumlah perwakilan yang didelegasikan oleh setiap Bundesland berkisar antara tiga dan dua belas orang, tergantung pada jumlah penduduk yang dipastikan dengan sensus rutin. Jumlah tersebut ditetapkan dengan keputusan presiden.

Meskipun Dewan Federal tidak mengakui disiplin partai yang kuat, deputi tetap sejalan dengan kebijakan partai dan membentuk kelompok-kelompok parlemen, yang harus memenuhi kuorum lima kursi jika tidak diajukan dengan resolusi tertentu.[3] Saat ini anggota-anggota parlemen dari Partai Rakyat (ÖVP), Partai Demokrat Sosial (SPÖ), Partai Kemerdekaan (FPÖ), dan Partai Hijau Austria membentuk kelompok-kelompok politik di Bundesrat sebagai berikut:

Anggota parlemen ÖVP SPÖ FPÖ Hijau Tidak berkelompok
Burgenland 3 1 2 -
Kärnten 4 1 2 - 1
Austria Hilir 12 7 3 1 - 1[a]
Salzburg 4 1 1 - 1 1[b]
Steiermark 9 3 3 3 -
Tirol 5 3 1 1 -
Austria Hulu 10 4 2 3 1 -
Wina 11 - 6 4 1 -
Vorarlberg 3 2 1 -
Keseluruhan 61 22 20 12 4 3

Presiden Dewan Federal dicalonkan oleh partai terbesar dari masing-masing negara dalam setengah interval tahunan.

Presidium

Presidium Dewan Federal terdiri atas seorang presiden (terpilih untuk masa jabatan 1 tahun) dan 2 wakil presiden.

Lihat pula

Sumber

  1. ^ "The Responsibilities of the Federal Council – The Federal Council's Right of Objection". Website of the Austrian Parliament. Diakses tanggal 2010-10-04. 
  2. ^ For the current composition see: "Mitglieder des Bundesrates, die derzeit ein Mandat innehaben" (dalam bahasa Jerman). Website of the Austrian Parliament. Diakses tanggal 2010-10-04. 
  3. ^ "The Members of the Federal Council – Parliamentary Groups". Website of the Austrian Parliament. Diakses tanggal 2010-10-04.