Henuttawy: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Adesio2010 (bicara | kontrib)
Henuttawy
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 27 November 2017 15.45

Henuttawy
Putri Mesir
Relief menggambarkan putri Henuttawy, dari Abu Simbel
KematianThebes?
Pemakaman
AyahRamses II
IbuNefertari

Henuttawy (“Nyonya Dua Tanah”) merupakan seorang putri dinasti ke-19 dari Mesir Kuno.

Biografi

Henuttawy adalah putri Firaun Ramses II dan Istri Kerajaan Agung Nefertari dan saudari tiri Merneptah.[1] Ia merupakan yang ketujuh di dalam daftar putri-putri Ramses dan yang kedua dari kedua putri yang ibundanya pasti adalah Nefertari.

Patungnya berada di kuil kecil Abu Simbel, yang dibangun untuk Nefertari. Keturunan Nefertari biasanya dikenali berdasarkan kuil ini: pangeran-pangeran Amun-her-khepeshef, Pareherwenemef, Meryre dan Meryatum dan putri-putri Meritamen dan Henuttawy. Henuttawy tidak digambarkan di fasad kuil besar Abu Simbel, di mana dua putra pertama dan enam putri sulung Ramses ditampilkan, bersama dengan Nefertari dan Ibu Ratu Tuya.

Pemakaman

Makamnya di Lembah Para Ratu, makam QV73 tidak jauh dari anggota keluarga Ramses lainnya (QV68 – Meritamen, QV71 – Bintanath, QV75 – Henutmire); di antara makam saudari tirinya yang lebih tua Bintanath dan ratu dinasti ke-20, Tentopet (QV74).

Makam itu mungkin diukir untuk seorang putri generik dan setelah kematian Henuttawy dambil untuknya. Di beberapa wilayah makam cartouches kosong, tapi di ruang makam jejak samar namanya tercatat. [2] Makam tersebut terdiri dari sebuah ruang pemakaman dengan dua tiang dan dua sisi ruangan. Dekorasinya mirip dengan yang ada di makam Nefertari.

Sumber

  1. ^ Aidan Dodson & Dyan Hilton, The Complete Royal Families of Ancient Egypt, Thames & Hudson (2004) ISBN 0-500-05128-3, pp.164,170
  2. ^ Demas, Martha, and Neville Agnew, eds. 2012. Valley of the Queens Assessment Report: Volume 1. Los Angeles, CA: Getty Conservation Institute. link