Kali Ijo: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tidak ada perubahan ukuran ,  3 tahun yang lalu
k
Bot: penggantian teks semi otomatis (-Obyek, +Objek; -obyek, +objek)
k (Wie146 memindahkan halaman Sungai Ijo ke Kali Ijo: nama yang lebih populer)
k (Bot: penggantian teks semi otomatis (-Obyek, +Objek; -obyek, +objek))
Kali Ijo terutama dimanfaatkan untuk pengairan ([[irigasi]]) melalui beberapa pintu air atau bendung seperti bendung di Dusun Tambakwringin, Desa [[Bumiagung, Rowokele, Kebumen|Bumiagung]], Kecamatan [[Rowokele, Kebumen|Rowokele]], [[Kabupaten Kebumen]]. Di samping itu, penduduk di sepanjang aliran Kali Ijo juga sering memanfaatkannya untuk memperoleh [[ikan]] secara tradisional dengan cara memancing atau menjala.
 
Di dekat muaranya terdapat obyekobjek wisata [[Pantai Ayah]], salah satu obyekobjek wisata andalan [[Kabupaten Kebumen]]<ref>Kabupaten Kebumen: [http://www.kebumenkab.go.id/index.php/public/potenda/detail/3 ''Pantai Ayah - Kebumen'']</ref> serta obyekobjek wisata baru berupa Wisata Edukasi Hutan Mangrove Logending yang berada tak jauh dari Pantai Ayah tersebut.<ref>Kebumen Ekspres: [http://www.kebumenekspres.com/2016/01/hutan-mangrove-ayah-jadi-wisata-edukasi.html ''Hutan Mangrove Ayah Jadi Wisata Edukasi'']. Berita 4 Jan 2016, diakses 04/V/2017</ref> Aliran Bengawan Bodo di tepi Pantai Ayah dan [[hutan mangrove]] tersebut juga dimanfaatkan untuk wisata berperahu menyusuri sungai. Sisi barat muaranya digunakan untuk pelabuhan pendaratan ikan bagi nelayan pesisir selatan di [[Kabupaten Cilacap]] bagian timur serta [[Kabupaten Kebumen]] bagian barat.
<!--
Selain itu juga Hutan Mangrove Logending memiliki luas sekitar 50 Ha dan masih akan diperluas lagi. Keberadaan Hutan Mangrove Logending tak bisa dilepaskan dari inisiatif Sukamsi warga Desa [[Ayah, Ayah, Kebumen|Ayah]], Kecamatan [[Ayah, Kebumen|Ayah]], [[Kabupaten Kebumen]] yang tahu daerahnya rawan tsunami, abrasi, erosi dan banjir. Momen [[Tsunami]] Pangandaran 2006 yang begitu parah menerjang [[Pantai Ayah]], mendorong Sukamsi makin mantap menanami sepanjang Muara dengan pohon mangrove<ref>[http://diasporaiqbal.blogspot.co.id/2015/08/menerobos-hening-mangrove-logending.html Menerobos Hening Mangrove Logending]</ref>. -->

Menu navigasi