Deret reaktivitas: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
5 bita dihapus ,  2 tahun yang lalu
(→‎Tabel: Perbaikan typo)
Tag: suntingan perangkat seluler suntingan web seluler
Tag: suntingan perangkat seluler suntingan web seluler
Secara umum, suatu logam dapat menggantikan logam yang lebih rendah dalam deret reaktivitas: logam yang lebih tinggi [[Redoks|mereduksi]] ion-ion logam yang lebih rendah. Ini digunakan dalam reaksi termit ({{en}}: ''thermite reaction'') untuk preparasi besi metalik jumlah kecil, dan dalam [[proses Kroll]] untuk preparasi [[titanium]] (Ti berada pada tingkat yang sama dengan Al dalam deret reaktivitas). Sebagai contoh, aluminium akan mereduksi [[besi(III) oksida]] menjadi besi, dan berubah menjadi [[aluminium oksida]] pada proses:
: Al (s) + Fe<sub>2</sub>O<sub>3</sub> (s) → Fe (s) + Al<sub>2</sub>O<sub>3</sub> (s)
Dengan cara yang sama, [[magnesium]] dapat digunakan untuk mengekstraksi [[titanium]] dari [[titanium tetrakloridaklorida]], membentuk [[magnesium klorida]] melalui proses:
: 2 Mg (s) + TiCl<sub>4</sub> (l) → Ti (s) + 2 MgCl<sub>2</sub> (s)
Namun, faktor lain dapat mempengaruhi, seperti persiapan [[kalium]] metalik melalui reduksi [[kalium klorida]] dengan natrium pada 850&nbsp;°C. Meskipun natrium lebih rendah daripada kalium dalam deret reaktivitas, reaksi dapat berlangsung karena kalium lebih volatil, dan didistilasi dari campuran.
30

suntingan

Menu navigasi

Perkakas pribadi

Ruang nama

Varian

Lainnya

Bagikan