Wikipedia:Pengurus: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Ilzhabimantara (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 97: Baris 97:
|{{user-b|RusdianaDablang}}
|{{user-b|RusdianaDablang}}
|[[Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/RusdianaDablang untuk pengurus 24 Juni 2017|7 Juli 2017]]||[https://meta.wikimedia.org/w/index.php?title=Steward_requests%2FPermissions&type=revision&diff=17352188&oldid=17352174 23 Oktober 2017]
|[[Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/RusdianaDablang untuk pengurus 24 Juni 2017|7 Juli 2017]]||[https://meta.wikimedia.org/w/index.php?title=Steward_requests%2FPermissions&type=revision&diff=17352188&oldid=17352174 23 Oktober 2017]
|[[Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/RusdianaDablang untuk pencabutan pengurus 9 Oktober 2017|Mengundurkan diri.]]
|[[Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/RusdianaDablang untuk pencabutan pengurus 9 Oktober 2017|Dicabut karena dugaan penyalahgunaan wewenang.]]
|}
|}



Revisi per 24 Oktober 2017 06.20

Kepengurusan (daftar otomatis)
Birokrat
Pemeriksa
Pengawas
Pengurus antarmuka
Penatalayan
Pemilihan pengurus
KebijakanSistem pemilihan
Pemungutan suara (arsip)
Permohonan status (arsip)
Permohonan pencabutan status (arsip)
Tanggung jawab
Pengurus bukanlah
Pedoman peralatan pengurus
Nasihat bagi pengurus baru
Permintaan perhatian pengurus

Pengurus Wikipedia dalam arti luas adalah mencakup jabatan sebagai pengurus itu sendiri, kemudian jabatan sebagai birokrat, pemeriksa, dan pengawas (karena birokrat, pemeriksa, dan pengawas haruslah berasal dari jajaran pengurus). Sedangkan pengertian pengurus (Inggris: administrators) dalam arti sempit, yang hanya mencakup jabatan sebagai pengurus itu sendiri, atau operator sistem (opsis atau sysop), adalah Wikipediawan atau pengguna Wikipedia yang diberikan hak atas fitur-fitur teknis tertentu oleh komunitas Wikipedia dalam rangka pemeliharaan Wikipedia. Fitur-fitur tersebut antara lain hak untuk menghapus artikel, melindungi suatu halaman artikel dan melakukan pemblokiran terhadap pengguna, bahkan untuk melakukan pembatalan atas tindakan-tindakan ini. Seorang pengurus harus menghormati dan mengenal kebijakan-kebijakan Wikipedia karena mereka adalah anggota yang dikenal dan telah dipercaya dalam komunitas ini. Pengurus adalah para pengguna Wikipedia yang melaksanakan tugas dan tanggung-jawab tambahan secara sukarela, dalam artian bahwa pengurus dalam komunitas Wikipedia ini adalah bukan seorang karyawan yang dibayar sebagai pekerja di Wikimedia Foundation. Dan perlu diketahui pula bahwa Wikimedia Foundation adalah sebuah yayasan yang berbentuk organisasi nirlaba, yang bertujuan sosial, atau yang tidak mencari keuntungan berupa materi (uang).

Logo Wikipedia: "Administrators".

Setiap pengguna dapat berperilaku sebagaimana pengurus, sekalipun mereka tidak diberikan fungsi-fungsi tambahan sebagai pengurus. Sejak awal, telah ditekankan bahwa para pengurus bukanlah sebuah kelompok tersendiri dalam komunitas, tapi mereka adalah bagian dari komunitas sama seperti pengguna lainnya. Namun demikian, mereka diberikan alat-alat tambahan yang mungkin tidak bijaksana jika diberikan kepada semua orang, misalnya apabila hak memblokir diberikan kepada semua orang maka dikhawatirkan akan terjadi aksi saling memblokir.

Komunitas dapat meminta pengurus untuk melakukan tugas pemeliharaan tertentu yang memerlukan akses yang hanya dimiliki pengurus. Di antaranya adalah memperhatikan artikel-artikel yang diberikan tanda untuk dihapus, dikembangkan, dan mengarahkan konsensus di antara komunitas untuk topik-topik tertentu, mengawasi vandalisme, dan memenuhi permintaan tertentu yang memerlukan akses pengurus. Karena pengurus diharapkan sebagai anggota yang berpengalaman di komunitas, permintaan bantuan dari para pengguna seringkali merupakan permintaan nasihat dan informasi. Secara umum, para pengurus harus bertindak netral saat dimintai nasihat dan informasi ini, dan tidak memiliki keterlibatan langsung dalam persoalan-persoalan tersebut.

Saat ini terdapat 47 orang pengurus di Wikipedia Bahasa Indonesia. 10 di antaranya tidak aktif. Untuk daftar 37 pengurus aktif berdasarkan waktu terakhir mereka menyunting, lihat di sini.

Akses pengurus

Duduk paling kiri: Gombang nan Cengka; duduk paling kanan: Meursault2004.

Peralatan yang ada pada kewenangan pengurus membuat seorang pengurus menjadi sering diibaratkan sebagai tukang bersih-bersih. Perangkat lunak "Wiki" memiliki beberapa fitur penting yang mana harus dapat dibatasi aksesnya. Di antara kewenangan terhadap pembatasan ini, tingkat pengurus memiliki peralatan akses atas fitur-fitur seperti yang dijabarkan di bawah ini (untuk lebih lengkapnya mengenai hak-hak setiap kelompok dapat dilihat di dalam daftar yang tertera pada halaman hak-hak grup pengguna):

  • Halaman terproteksi
    • Menyunting Halaman Utama dan halaman yang dilindungi lainnya. Anda dapat mengusulkan perubahan atas halaman-halaman seperti ini di halaman pembicaraan artikel yang bersangkutan.
    • Melindungi dan membatalkan perlindungan halaman dari penyuntingan dan pemindahan. Halaman-halaman yang dilindungi hanya ada sedikit dan jarang.
  • Penghapusan dan pengembaliannya
    • Menghapus halaman, termasuk berkas, dan versi terdahulunya.
    • Melihat dan mengembalikan halaman yang telah dihapus.
  • Pemblokiran dan pembatalannya
  • Mengembalikan
    • Mengembalikan suntingan terakhir secara cepat.
  • Mendesain dan mengubah kalimat antarmuka

Pengurus saat ini

Wikipedia bahasa Indonesia pada saat ini mempunyai 47 orang pengurus, 20 di antaranya berdomisili di Indonesia. 6 orang pengurus lainnya sekarang ini berdomisili di luar negeri, antara lain di Belanda (1), Austria (1), Taiwan (1), Australia (1), Singapura (1) dan Amerika Serikat (1).

Berikut adalah daftar pengurus yang diurut berdasarkan tanggal pengangkatannya, yaitu:

Mantan pengurus

Berikut adalah daftar mantan pengurus yang diurut berdasarkan tanggal pengunduran dirinya, yaitu:

Anggota kehormatan

Berikut adalah daftar Wikipediawan yang dihargai jasa-jasanya untuk komunitas Wikipedia Bahasa Indonesia, yaitu:

Nama Tanggal Keaktifan
Meursault2004 (b) 5 Juni 2010 Aktif
Borgx 25 Juni 2010 Tidak aktif
Hayabusa future 25 Juni 2010 Tidak aktif
Ivan Lanin (b) 25 Juni 2010 Aktif
Albertus Aditya (b) 5 Desember 2011 Aktif
Sanko 7 Agustus 2012 Tidak aktif
Stephensuleeman (b) 27 Agustus 2012 Aktif
Mimihitam (b) 23 Maret 2014 Aktif

Telah meninggal dunia pada tanggal 12 Juli 2012 di National Cancer Centre Singapore General Hospital.

Bagan struktur WBI

Linimasa pengurus

Pengguna:RahmatdenasPengguna:Ariandi LiePengguna:FazofficPengguna:Taylor 49Pengguna:NyilvosktPengguna:Cun CunPengguna:AriyantoPengguna:WillsonEP09Pengguna:Ustad abu gosokPengguna:NFarrasPengguna:NaufalFPengguna:Jeromi MikhaelPengguna:Ivan HumphreyPengguna:HerryzPengguna:Agus DamanikPengguna:27christian11Pengguna:Symphonium264Pengguna:RXerselfPengguna:RianHSPengguna:RaFaDa20631Pengguna:MyifnPengguna:Kuramochi AkihikoPengguna:VeraciousPengguna:HanamanteoPengguna:HaEr48Pengguna:Yogwi21Pengguna:Argo CarpathiansPengguna:PierreweePengguna:RusdianaDablangPengguna:Enperfectify WorldPengguna:Johnstad Di MariaPengguna:MurbautPengguna:Rachmat04Pengguna:HidayatsrfPengguna:Glorious EnginePengguna:AldnonymousPengguna:JohnThornePengguna:M. AdiputraPengguna:BozkyPengguna:NohiraraPengguna:David Wadie Fisher-FrebergPengguna:Kenrick95Pengguna:HariadhiPengguna:Eddy bfPengguna:Wagino 20100516Pengguna:RaymondSutantoPengguna:Imanuel NS UenPengguna:FarrasPengguna:EzagrenPengguna:MedelamPengguna:Ricky SetiawanPengguna:Danu WidjajantoPengguna:BennylinPengguna:TjmoelPengguna:Andri.hPengguna:GombangPengguna:DragunovaPengguna:KembangrapsPengguna:REXPengguna:RintojiangPengguna:JagawanaPengguna:Wic2020Pengguna:CikoPengguna:IvanLaninPengguna:StephensuleemanPengguna:BorgxPengguna:Roscoe xPengguna:*drewPengguna:Tengku syarifulPengguna:Hayabusa futurePengguna:KandarPengguna:YosriPengguna:KolomonggoPengguna:KoweyPengguna:Meursault2004Wikipedia:Pengurus

{{Bagan Pengurus}}

* Anggota kehormatan Wikipedia Bahasa Indonesia. (sunting bagan pengurus)

Pencalonan pengurus, birokrat, pemeriksa, dan pengawas

Anda dapat mengajukan pencalonan di Wikipedia:Pengurus/Permohonan status pengurus.

Kepengurusan (daftar otomatis)
Birokrat
Pemeriksa
Pengawas
Pengurus antarmuka
Penatalayan
Pemilihan pengurus
KebijakanSistem pemilihan
Pemungutan suara (arsip)
Permohonan status (arsip)
Permohonan pencabutan status (arsip)
Tanggung jawab
Pengurus bukanlah
Pedoman peralatan pengurus
Nasihat bagi pengurus baru
Permintaan perhatian pengurus

Halaman ini berisi daftar pemungutan suara yang akan/sedang berlangsung yang berhubungan dengan kepengurusan, yaitu: pengangkatan pengurus, pencabutan pengurus, dan pemberian status Anggota Kehormatan di Wikipedia bahasa Indonesia.

Untuk hasil pemungutan-pemungutan suara sebelumnya, silakan lihat Arsip dan semua subhalaman.

<onlyinclude>

Pemungutan suara

Pemilihan pengurus

Saat ini tidak ada pemungutan suara yang sedang berlangsung. Berikutnya: Wikipedia:Pemilihan pengurus 2024


Lihat pula

Lihat pula

Pranala luar