Lompat ke isi

Biju Patnaik: Perbedaan antara revisi

2 bita ditambahkan ,  14 tahun yang lalu
k
Robot: Cosmetic changes
kTidak ada ringkasan suntingan
k (Robot: Cosmetic changes)
Sebagai rekan dekat Nehru dan untuk membantu perjuangan Indonesia, Biju datang ke Indonesia dengan pesawatnya Dakota VT-COA ke Maguwo, Yogyakarta bulan Juni 1947 dan tinggal selama lebih dari dua minggu di Yogyakarta. Selama di sana, pesawat milik Kalinga Airlines tersebut dipakai untuk melatih pilot-pilot Indonesia, termasuk di antaranya Adisucipto, Iswahjudi dan Abdulrahman Saleh.
 
Pada akhir Juni 1947, Biju menerbangkan Dr.Sudarsono sebagai perwakilan di India. Demikian pula pada awal Juli 1947, Biju menerbangkan juga Moh. [[Hatta]] dari Yogyakarta lewat [[Bukit Tinggi]] menuju [[India]] untuk bertemu Perdana Menteri [[Jawaharlal Nehru]] dan [[Mahatma Gandhi]]. Biju juga yang menerbangkan Perdana Menteri [[Sutan Syahrir]] pada tanggal [[22 Juli]] [[1947]] ke India, sehari setelah [[Agresi Militer Belanda I]].
 
Pesawat yang diterbangkan Adisucipto dan Abdulrachman Saleh bernomor seri VT-CLA, berbeda dengan yang diterbangkan oleh Biju.<ref>[http://www.angkasa-online.com/public/print/17/1/87.htm Angkasa Online No 1 Oktober 2006 Tahun XVII]''Para Sahabat AURI yang Terlupakan''</ref>
 
== Referensi ==
{{reflist}}
 
[[Kategori:Kelahiran 1916]]
[[Kategori:Kematian 1997]]
259.487

suntingan