Daerah Operasi VI Yogyakarta: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Baris 25: Baris 25:
# [[Kereta api Taksaka]], eksekutif satwa jarak jauh relasi [[Stasiun Yogyakarta|Tugu Yogyakarta]]-[[Stasiun Gambir|Jakarta Gambir]] dengan nomor KA 51-54
# [[Kereta api Taksaka]], eksekutif satwa jarak jauh relasi [[Stasiun Yogyakarta|Tugu Yogyakarta]]-[[Stasiun Gambir|Jakarta Gambir]] dengan nomor KA 51-54
# [[Kereta api Sancaka]], eksekutif dan bisnis jarak menengah relasi [[Stasiun Yogyakarta|Tugu Yogyakarta]]-[[Stasiun Surabaya Gubeng|Surabaya Gubeng]] dengan nomor KA 84-85
# [[Kereta api Sancaka]], eksekutif dan bisnis jarak menengah relasi [[Stasiun Yogyakarta|Tugu Yogyakarta]]-[[Stasiun Surabaya Gubeng|Surabaya Gubeng]] dengan nomor KA 84-85
# [[Kereta api Malioboro Ekspres]], eksekutif dan ekonomi AC jarak menengah relasi Tugu [[Stasiun Yogyakarta|Tugu Yogyakarta]]-[[Stasiun Malang|Malang Kotabaru]] dengan nomor KA 101-104
# [[Kereta api Malioboro Ekspres]], eksekutif dan ekonomi AC jarak menengah relasi [[Stasiun Yogyakarta]]-[[Stasiun Malang]] dengan nomor KA 101-104
# [[Kereta api Senja Utama Yogya|Kereta api Senja]] dan [[Kereta api Fajar Utama Yogya|Fajar Utama Yogya]], bisnis jarak jauh relasi [[Stasiun Pasar Senen|Pasar Senen]]-[[Stasiun Yogyakarta|Tugu Yogyakarta]] dengan nomor KA 135-136 (Fajar Utama) dan 137-138 (Senja Utama)
# [[Kereta api Senja Utama Yogya|Kereta api Senja]] dan [[Kereta api Fajar Utama Yogya|Fajar Utama Yogya]], bisnis jarak jauh relasi [[Stasiun Pasar Senen]]-[[Stasiun Yogyakarta]] dengan nomor KA 135-136 (Fajar Utama) dan 137-138 (Senja Utama)
# [[Kereta api Bogowonto]] dan [[Kereta api Gajah Wong]], ekonomi AC plus jarak jauh tujuan [[Stasiun Pasar Senen|Pasar Senen]]-[[Stasiun Lempuyangan|Lempuyangan]] dengan nomor KA 161-162 (Bogowonto) dan 163-164 (Gajah Wong).
# [[Kereta api Bogowonto]] dan [[Kereta api Gajah Wong]], ekonomi AC plus jarak jauh tujuan [[Stasiun Pasar Senen|Pasar Senen]]-[[Stasiun Lempuyangan|Lempuyangan]] dengan nomor KA 161-162 (Bogowonto) dan 163-164 (Gajah Wong).
# [[Kereta api Progo]], ekonomi AC jarak jauh tujuan [[Stasiun Lempuyangan|Lempuyangan]]-[[Stasiun Pasar Senen|Pasar Senen]] dengan nomor KA 185-186
# [[Kereta api Progo]], ekonomi AC jarak jauh tujuan [[Stasiun Lempuyangan|Lempuyangan]]-[[Stasiun Pasar Senen|Pasar Senen]] dengan nomor KA 185-186

Revisi per 29 September 2017 05.54

Templat:Infobox DAOP Daerah Operasi VI Yogyakarta (Hanacaraka: ꧋ꦣꦲꦺꦫꦃꦎꦥꦼꦫꦱꦶ꧇꧖꧇ꦔꦪꦺꦴꦒꦾꦏꦂꦡ꧉, Dhaerah Operasi VI Ngayogyakarta) atau disingkat dengan Daop 6 Jogja atau Daop VI YK adalah salah satu daerah operasi perkeretaapian terluas di Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang berada di bawah Direksi PT Kereta Api Indonesia dipimpin oleh seorang Executive Vice President (EVP) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direksi PT Kereta Api Indonesia.

Daerah Operasi VI Yogyakarta memiliki beberapa stasiun utama, yaitu Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Solo Balapan, Purwosari, dan Solo Jebres.

Kereta api

Kereta api penumpang yang berada di bawah pengoperasian Daop VI area Yogyakarta adalah:

  1. Kereta api Taksaka, eksekutif satwa jarak jauh relasi Tugu Yogyakarta-Jakarta Gambir dengan nomor KA 51-54
  2. Kereta api Sancaka, eksekutif dan bisnis jarak menengah relasi Tugu Yogyakarta-Surabaya Gubeng dengan nomor KA 84-85
  3. Kereta api Malioboro Ekspres, eksekutif dan ekonomi AC jarak menengah relasi Stasiun Yogyakarta-Stasiun Malang dengan nomor KA 101-104
  4. Kereta api Senja dan Fajar Utama Yogya, bisnis jarak jauh relasi Stasiun Pasar Senen-Stasiun Yogyakarta dengan nomor KA 135-136 (Fajar Utama) dan 137-138 (Senja Utama)
  5. Kereta api Bogowonto dan Kereta api Gajah Wong, ekonomi AC plus jarak jauh tujuan Pasar Senen-Lempuyangan dengan nomor KA 161-162 (Bogowonto) dan 163-164 (Gajah Wong).
  6. Kereta api Progo, ekonomi AC jarak jauh tujuan Lempuyangan-Pasar Senen dengan nomor KA 185-186
  7. Kereta api Argo Dwipangga dan Kereta api Argo Lawu, eksekutif argo jarak jauh relasi Gambir-Solo Balapan dengan nomor KA 7-8 (Argo Lawu) dan 9-10 (Argo Dwipangga)
  8. Kereta api Senja Utama Solo, bisnis jarak jauh relasi Solo Balapan-Pasar Senen dengan nomor KA 133-134
  9. Kereta api Jaka Tingkir, ekonomi AC plus jarak jauh relasi Purwosari-Pasar Senen dengan nomor KA 155-156
  10. Kereta api Joglokerto Ekspres, ekonomi AC plus jarak menengah tujuan Solo Balapan-Purwokerto
  11. Kereta api Bengawan, ekonomi AC jarak jauh relasi Solo Jebres-Pasar Senen dengan nomor KA 183-184
  12. Kereta api Kalijaga, ekonomi AC lokal relasi Purwosari-Semarang Poncol dengan nomor KA 215-218
  13. Kereta api Sidomukti, bisnis lokal relasi Solo Balapan-Tugu Yogyakarta dengan nomor KA 145F-146F
  14. Kereta api Prambanan Ekspres, komuter ekonomi relasi Solo Balapan-Tugu Yogyakarta-Kutoarjo dengan nomor KA 271-291
  15. Bus rel Bathara Kresna, bus rel/rail bus relasi Wonogiri-Purwosari dengan nomor KA 321F-324F

Kereta api penumpang yang terlayani Daop VI namun di bawah pengoperasian daop lain adalah:

  1. Kereta api Lodaya, bisnis dan eksekutif tujuan stasiun Solo Balapan-Stasiun Bandung-Stasiun Yogyakarta dengan nomor KA 79-82 (Operator Daop II Bandung)
  2. Kereta api Sri Tanjung, ekonomi AC relasi Lempuyangan-Surabaya Gubeng-Banyuwangi Baru dengan KA 193-196 (Operator Daop IX Jember)
  3. Kereta api Sancaka, eksekutif dan bisnis jarak menengah relasi Stasiun Surabaya Gubeng-Stasiun Yogyakarta dengan nomor KA 83 dan 86 (Operator Daop VIII Surabaya)

Daftar jalur kereta api

Lintas beroperasi

Lintas tak beroperasi

Bengkel dan pusat perawatan

Balai Yasa Yogyakarta (BY YK)

Tampak depan Balai Yasa Pengok.

Lebih dikenal dengan sebutan Balai Yasa Pengok (berdasarkan kampung tempat balai yasa itu berada), balai yasa ini menjadi balai yasa terbesar di Indonesia. Balai yasa ini khusus digunakan untuk perbaikan dan perawatan lokomotif diesel elektrik maupun hidrolik. Seluruh lokomotif KAI mengalami perawatan dan pemeliharaan akhir (PA) maupun semiperawatan akhir (SPA) di balai yasa ini. Balai Yasa Yogyakarta sudah mendapat sertifikat ISO 9001:2008 dan bakal bekerja sama dengan General Electric dalam proses perakitan dan pembuatan lokomotif diesel di Asia Tenggara. [1]

Dipo Lokomotif dan Kereta Yogyakarta (YK)

Terletak di Jalan Suryonegaran dan berada satu kompleks dengan Stasiun Tugu. Gunanya berturut-turut untuk menyimpan dan merawat lokomotif-lokomotif besar dan rangkaian KA yang terminusnya dari Yogyakarta. Di Dipo lokomotif terdapat pemutar rel (turntable) di belakangnya.

Subdipo Lokomotif dan Dipo Kereta Solo Balapan (SLO)

Terletak berada satu kompleks dengan Stasiun Solo Balapan. Terdapat juga dipo kereta yang letaknya juga satu kompleks dengan stasiun dan khusus untuk menyimpan rangkaian KA yang terminusnya dari Solo, yakni KA Argo Dwipangga, Argo Lawu, Lodaya, dan Prameks.

UPT Mekanik Jalan Rel & Jembatan Purwosari (PWS)

UPT Mekanik, atau yang bisa dikenal dengan Dipo Mekanik ini terlatak di sebelah timur-laut Stasiun Purwosari. Dahulu, dipo ini melayani perawatan kereta api penumpang. Namun saat ini dipo ini melayani perawatan kereta Perawat Jalan Rel (KPJR) & Perawatan Mekanik Ringan untuk keperluan perawatan jalan rel & jembatan di daop 6 yogyakarta , dan tempat penyimpanan rangkaian Kereta api uap Jaladara . Di depan kantor UPT mekanik terdapat pergudangan semen, biasanya setiap hari ada rangkaian semen yang melakukan bongkar semen.KPJR daop 6 terdiri dari 2 MTT, 1 SSP, dan 2 Lori Inpeksi.

Daftar stasiun

Keterangan

  • Stasiun besar ialah stasiun yang tertulis tebal miring
  • Stasiun menengah ialah stasiun yang tertulis tebal.
  • Stasiun kecil ialah stasiun yang tertulis normal.
  • Stasiun tak beroperasi ialah stasiun yang tertulis miring tanpa kode stasiun.

Referensi

Pranala luar

Templat:Daerah Operasi Kereta Api Indonesia