Avril Lavigne: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Dikembalikan ke revisi 13152120 oleh Rachmat04 (bicara).
Baris 20: Baris 20:
|notable_instruments =
|notable_instruments =
}}
}}
'''Avril Kurnia Lavigne''' ({{IPAc-en|ˈ|æ|v|r|ɪ|l|_|l|ə|ˈ|v|iː|n}}; {{IPA-fr|avʁil laviɲ|lang}}) (lahir 27 September 1984), adalah seorang penyanyi ,penulis lagu, dan aktris asal [[Kanada]]. Pada tahun 2006, Majalah Bisnis Kanada memposisikannya dalam posisi ke-7 wanita Kanada paling mengagumkan di Hollywood, dan pada tahun 2007 dia memenangkan 9 nominasi Jabra Music Contest untuk kategori Best Band In The World, berdasarkan pilihan penggemar di seluruh dunia.Sejak awal kariernya hingga saat ini, Avril Lavigne telah menjual lebih dari 40 juta album dan 50 juta singles di seluruh dunia yang menjadikannya salah satu artis dengan penjualan tertinggi sepanjang masa.
'''Avril Ramona Lavigne''' ({{IPAc-en|ˈ|æ|v|r|ɪ|l|_|l|ə|ˈ|v|iː|n}}; {{IPA-fr|avʁil laviɲ|lang}}) (lahir 27 September 1984), adalah seorang penyanyi ,penulis lagu, dan aktris asal [[Kanada]]. Pada tahun 2006, Majalah Bisnis Kanada memposisikannya dalam posisi ke-7 wanita Kanada paling mengagumkan di Hollywood, dan pada tahun 2007 dia memenangkan 9 nominasi Jabra Music Contest untuk kategori Best Band In The World, berdasarkan pilihan penggemar di seluruh dunia.Sejak awal kariernya hingga saat ini, Avril Lavigne telah menjual lebih dari 40 juta album dan 50 juta singles di seluruh dunia yang menjadikannya salah satu artis dengan penjualan tertinggi sepanjang masa.


Hingga kini, Avril Lavigne telah merilis 5 buah album studio, yaitu ''[[Let Go]]'' (2002) yang terjual lebih dari 20 juta kopi di seluruh dunia dengan 6 juta di US, ''[[Under My Skin]]'' (2004) yang terjual lebih dari 12 juta kopi di seluruh dunia dan 3 juta di US, ''[[The Best Damn Thing]]'' (2007) yang terjual lebih dari 9 juta kopi dan 2,5 juta di US, ''[[Goodbye Lullaby]]'' (2011) yang telah terjual lebih dari 2 juta kopi, dan [[Avril Lavigne (album)|Avril Lavigne]](2013) yang terjual lebih dari 1 juta kopi . Avril Lavigne juga telah memproduksi 6 singel internasional No 1 yang di antaranya adalah "[[Complicated]]", "[[Sk8er Boi]]", "[[I'm with You]]", "[[My Happy Ending]]",[[Nobody's Home]], "[[Girlfriend (lagu Avril Lavigne)|Girlfriend]]". Avril Lavigne pun mengisi ''soundtrack'' untuk film ''[[Alice in Wonderland]]'' dengan lagu yang berjudul "Alice".
Hingga kini, Avril Lavigne telah merilis 5 buah album studio, yaitu ''[[Let Go]]'' (2002) yang terjual lebih dari 20 juta kopi di seluruh dunia dengan 6 juta di US, ''[[Under My Skin]]'' (2004) yang terjual lebih dari 12 juta kopi di seluruh dunia dan 3 juta di US, ''[[The Best Damn Thing]]'' (2007) yang terjual lebih dari 9 juta kopi dan 2,5 juta di US, ''[[Goodbye Lullaby]]'' (2011) yang telah terjual lebih dari 2 juta kopi, dan [[Avril Lavigne (album)|Avril Lavigne]](2013) yang terjual lebih dari 1 juta kopi . Avril Lavigne juga telah memproduksi 6 singel internasional No 1 yang di antaranya adalah "[[Complicated]]", "[[Sk8er Boi]]", "[[I'm with You]]", "[[My Happy Ending]]",[[Nobody's Home]], "[[Girlfriend (lagu Avril Lavigne)|Girlfriend]]". Avril Lavigne pun mengisi ''soundtrack'' untuk film ''[[Alice in Wonderland]]'' dengan lagu yang berjudul "Alice".

Revisi per 29 Agustus 2017 17.10

Avril Lavigne
Avril Lavigne pada 2013
Avril Lavigne pada 2013
Informasi latar belakang
Nama lahirAvril Ramona Lavigne
Lahir27 September 1984 (umur 39)
Belleville, Ontario, Kanada
AsalNapanee, Ontario, Kanada
Genre
PekerjaanPenyanyi, penulis lagu, aktris
InstrumenVokal, Gitar, piano, drums[3]
Tahun aktif1999–sekarang
LabelArista (2002–2005)
RCA (2006–2011)
Epic (2012–sekarang)
Situs webavrillavigne.com

Avril Ramona Lavigne (/ˈævrɪl ləˈvn/; bahasa Prancis: [avʁil laviɲ]) (lahir 27 September 1984), adalah seorang penyanyi ,penulis lagu, dan aktris asal Kanada. Pada tahun 2006, Majalah Bisnis Kanada memposisikannya dalam posisi ke-7 wanita Kanada paling mengagumkan di Hollywood, dan pada tahun 2007 dia memenangkan 9 nominasi Jabra Music Contest untuk kategori Best Band In The World, berdasarkan pilihan penggemar di seluruh dunia.Sejak awal kariernya hingga saat ini, Avril Lavigne telah menjual lebih dari 40 juta album dan 50 juta singles di seluruh dunia yang menjadikannya salah satu artis dengan penjualan tertinggi sepanjang masa.

Hingga kini, Avril Lavigne telah merilis 5 buah album studio, yaitu Let Go (2002) yang terjual lebih dari 20 juta kopi di seluruh dunia dengan 6 juta di US, Under My Skin (2004) yang terjual lebih dari 12 juta kopi di seluruh dunia dan 3 juta di US, The Best Damn Thing (2007) yang terjual lebih dari 9 juta kopi dan 2,5 juta di US, Goodbye Lullaby (2011) yang telah terjual lebih dari 2 juta kopi, dan Avril Lavigne(2013) yang terjual lebih dari 1 juta kopi . Avril Lavigne juga telah memproduksi 6 singel internasional No 1 yang di antaranya adalah "Complicated", "Sk8er Boi", "I'm with You", "My Happy Ending",Nobody's Home, "Girlfriend". Avril Lavigne pun mengisi soundtrack untuk film Alice in Wonderland dengan lagu yang berjudul "Alice".

Kehidupan awal

Lavigne lahir di Belleville, Ontario, Kanada. Ibunya merupakan keturunan Inggris, Skotlandia, dan Jerman, dan ayahnya, Jean-Claude Joseph Lavigne, adalah orang Perancis-Kanada.[4] Ia dan ibu Lavigne, Judy,[5] mengetahui kemampuan vokal anak mereka ketika ia berumur dua tahun dan menyanyikan "Jesus Loves Me" di perjalanan pulang dari gereja.[6] Lavigne mempunyai seorang kakak laki-laki, Matthew, dan seorang adik perempuan, Michelle,[7] yang keduanya sering mengejeknya ketika ia bernyanyi.

Karier Musik

Berkas:ALavigne-Depok-2005.jpg
Poster Avril Lavigne di jalan Margonda, Depok, Jawa Barat (April 2004)

1999–2001: Penampilan awal dan kontrak rekaman

Pada 1999, Lavigne memenangkan sebuah kontes radio untuk tampil bersama dengan penyanyi Kanada Shania Twain di Corel Centre di Ottawa, sebelum di hadapan 20,000 penonton. Twain dan Lavigne menyanyikan lagu Twain, "What Made You Say That", dan Lavigne memberitahu Twain bahwa ia akan menjadi "seorang penyanyi terkenal". Ketika sedang tampil dengan Lennox Community Theatre, Lavigne ditemukan oleh penyanyi folk lokal Stephen Medd. Ia mengundang Lavigne untuk menyumbangkan vokalnya di lagunya, "Touch the Sky", untuk albumya di tahun 1999, Quinte Spirit. Lavigne kemudian bernyanyi di lagu "Temple of Life" dan "Two Rivers" di albumnya yang berikutnya, My Window to You, di 2000.

Pada Desember 1999, Lavigne ditemukan oleh manajer professional pertamanya, Cliff Fabri, ketika menyanyikan cover country di sebuah toko buku Chapters di Kingston, Ontario.[8][9] Fabri mengirimkan rekaman VHS dari penampilan rumah Lavigne ke beberapa prospek-prospek industri, dan Lavigne dikunjungi oleh beberapa eksekutif.[10] Mark Jowett, orang yang ikut mendirikan sebuah manajemen perusahaan Kanada, Nettwerk, menerima sebuah salinan dari rekaman penampilan karoke Lavigne di ruang bawah tanah orang tuanya.[11] Jowett mengatur Lavigne untuk bekerja dengan produser Peter Zizzo selama musim panas 2000 di New York, yang mana ia menulis lagu "Why". Lavigne mendapat perhatian dari Arista Records selama perjalanan ke New York.[10]

Pada November 2000,[12] Ken Krongard, dan representatif A&R, mengundang Antonio "L.A." Reid, yang pada waktu itu ketua dari Arista Records, ke Zizzo's Manhattan studio untuk mendengar Lavigne bernyanyi. Audisi 15-menitnya "sangat mengesankan" Reid dan dia langsung mengontrak Lavigne ke Arista sebesar $1.25 juta untuk dua album dan tambahan $900,000 untuk iklan.[13][8] Dikontrak oleh perusahaan rekaman, dan dukungan dari orang tuanya, dia keluar dari sekolah untuk fokus di karier musiknya.[12][14][15]

Karier Musik

2002–2003: Let Go

Lavigne tampil di Toronto, Ontario, Kanada di September 2002

Reid memberikan A&R Joshua Sarubin tanggung jawab atas Lavigne dan perekaman album debutnya. Mereka menghabiskan beberapa bulan di New York bekerja dengan beberapa penulis lagu, mencoba mendapat suara yang cocok dengannya. Sarubin memberitahu HitQuarters bahwa mereka sebenarnya kesusahan; meskipun di awal kolaborasi dengan penulis lagu-produser termasuk Sabelle Breer, Curt Frasca dan Peter Zizzo menghasilkan beberapa lagu bagus, lagu-lagu itu tidak cocok dengan suaranya. Ketika itu Lavigne kemudian pergi ke Los Angeles di Mei 2001 dan membuat dua lagu dengan tim produksi The Matrix —termasuk "Complicated", kemudian dirilis sebagai single debutnya—perusahaan rekaman merasa ia telah membuat terobosan. Lavigne bekerja dengan The Matrix dan juga dengan penyanyi-penulis lagu Cliff Magness. Rekaman dari album debut Lavigne, Let Go, selesai di Januari 2002.[16]

Lavigne merilis Let Go di Juni 2002 di Amerika Serikat, yang mencapai nomor dua di Billboard 200. Album ini bertengger di nomor satu di Australia, Kanada, dan Inggris—hal ini membuat Lavigne, pada usia 17 tahun, solois perempuan termuda yang mempunyai album nomor satu di UK Albums Chart pada waktu itu.[17] Di akhir 2002, album ini telah disertifikasi Platinum oleh RIAA, membuatnya menjadi artis perempuan terlaris 2002 dan Let Go debut terlaris di tahun itu.[18] Di Mei 2003, Let Go telah terakumulasi lebih dari 1,000,000 penjualan di Kanada, meraih sertifikasi berlian dari Canadian Recording Industry Association.[19] Pada 2009, album ini telah terjual lebih dari 16 juta unit di seluruh dunia,[20] dan RIAA mensertifikasi album ini enam kali Platinum, penjualan lebih dari enam juta unit di Amerika Serikat (telah terjual 6.8 juta kopi, menurut Nielsen SoundScan[21]).[22]

Single debut Lavigne, "Complicated", bertengger di nomor satu di Australia dan nomor dua di Amerika Serikat. "Complicated" adalah salah satu single orang Kanada terlaris di 2002, dan salah satu single terbesar di dekade ini di Amerika Serikat,[23] yang mana single "Sk8er Boi" dan "I'm with You" mencapai sepuluh besar.[24]

2004–2005: Under My Skin

Lavigne tampil di Vancouver selama tur promosinya untuk Under My Skin di April 2004

Album studio kedua Lavigne, Under My Skin, dirilis pada Mei 2004 dan debut di nomor satu di Australia, Kanada, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat.[25] album ini disertifikasi lima kali Platinum di Kanada[26] dan telah terjual 10 juta kopi,[27] termasuk 3.2 juta di Amerika Serikat.[21] Lavigne sebagian besar menulis lagu-lagu yang ada di album ini dengan penyanyi-penulis lagu Kanada Chantal Kreviazuk, dan suami Kreviazuk, pentolan Our Lady Peace Raine Maida, ikut memproduksi album tersebut dengan Butch Walker dan Don Gilmore. "Don't Tell Me", single utama album ini, mencapai lima besar di Inggris dan Kanada dan sepuluh besar di Australia. "My Happy Ending", single kedua album ini, berada di lima besar di Inggris dan Australia.

Selama awal 2004 Lavigne mengadakan 'Live and By Surprise' tur akustik mall di Amerika Serikat dan Kanada untuk mempromosikan 'Under My Skin', bersama dengan gitarisnya Evan Taubenfeld. Di akhir 2004, Lavigne melakukan tur dunia pertamanya, Bonez Tour.

2006–2008: The Best Damn Thing

Fox Entertainment Group menunjuk Lavigne untuk menulis sebuah lagu untuk soundtrack dari film petualangan-fantasi 2006 Eragon; kontribusinya, "Keep Holding On", dirilis sebagai single untuk mempromosikan film ini dan soundtracknya.[28][29][30]

Lavigne tampil di Beijing, 2008

Album ketiga Lavigne, The Best Damn Thing, dirilis pada April 2007 dan debut di nomor satu di Billboard Hot 200,[31] dan meraih Platinum di Kanada.[26] Album ini terjual lebih dari 1.7 juta kopi[21] dan enam juta di seluruh dunia.[butuh rujukan] Single utamanya, "Girlfriend", menjadi single pertama Lavigne di Billboard Hot 100 dan salah satu single terbesar di dekade ini.[31][32] Single ini juga bertengger di nomor satu di Australia, Kanada, dan Jepang, dan berada di nomor dua di Inggris dan Perancis. Selain Bahasa Inggris, "Girlfriend" juga direkam di Bahasa Spanyol, Bahasa Perancis, Bahasa Italia, Bahasa Portugis, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang dan bahasa Mandarin. International Federation of the Phonographic Industry menjadikan "Girlfriend" sebagai lagu yang paling banyak di unduh di seluruh dunia pada 2007, terjual 7.3 juta kopi, termasuk versi dari tujuh bahasa lain.[33][34] "When You're Gone", single kedua album, berada di lima besar di Australia dan Inggris, sepuluh besar di Kanada, dan empat puluh besar di Amerika Serikat. "Hot" merupakan single ketiga dan hanya berada di nomor 95 di Amerika Serikat, meskipun berada di 10 besar di Kanada dan 20 besar di Australia.

2009–2011: Goodbye Lullaby

Lavigne tampil di Belo Horizonte, 2011

Lavigne mulai merekam album studio keempatnya, Goodbye Lullaby, dirumahnya pada November 2008, lagu pembukanya, "Black Star", ditulis untuk mempromosikan parfumnya dengan nama yang sama.[35][36] Tanggal perilisan Goodbye Lullaby ditunda beberapa kali, yang mana Lavigne katakan karena labelnya.[37][38] Goodbye Lullaby dirilis pada Maret 2011,[39][40] dan single utamanya, "What the Hell", premier di Desember 2010.[39] Goodbye Lullaby terjual 368,000 kopi di Amerika Serikat[21] dan mendapat nominasi Juno Award untuk Album of the Year dan Pop Album of the Year.[41]

2012–2015: Avril Lavigne

Tiga bulan setelah perilisan Goodbye Lullaby, Lavigne mengumumkan pengerjaan untuk album kelimanya telah dimulai, menjelaskannya kebalikan musik dari Goodbye Lullaby[42] dan "pop dan lebih menyenangkan".[43][44][45] Di akhir 2011, ia mengkonfirmasi telah pindah ke Epic Records, dikepalai oleh L. A. Reid.[46][47] Lavigne berkontribusi membawakan dua lagu cover untuk film animasi Jepang tahun 2012 One Piece Film: Z: "How You Remind Me" (lagu dari Nickelback) dan "Bad Reputation" (lagu dari Joan Jett).[48]

Lavigne tampil di Brasília, 2014

Single utama dari album studio kelima Lavigne, "Here's to Never Growing Up" (diproduksi oleh Martin Johnson dari band Boys Like Girls), dirilis pada April 2013[49] dan berada di posisi 20 besar di Billboard Hot 100, Australia dan Inggris. Single keduanya, "Rock n Roll", rilis di Agustus 2013[50] dan yang ketiga, "Let Me Go" (kolaborasi dengan Chad Kroeger dari Nickelback, yang pada waktu itu suaminya), rilis di Oktober 2013.[51] Albumnya, yang berjudul Avril Lavigne, rilis di November 2013 dan terjual 125,000 kopi diAmerika Serikat; di Kanada, album ini disertifikasi emas dan mendapat nominasi Juno Award sebagai Pop Album of the Year.[52][53] Di pertengahan 2014, Lavigne menjadi pembuka di In a World Like This Tour boy band Backstreet Boys dan tampil di festival musik Summer Sonic di Tokyo, Jepang.[53][54]

Lavigne merilis sebuah lagu berjudul "Fly", pada 26 April 2015 assosiasi dengan Special Olympics World Summer Games 2015.[55]

Karier Film

Avril tampil dalam film awalnya dalam film Over the Hedge sebagai pengisi suara, di mana film ini berdasarkan komik yang berjudul sama. Dia bekerja sama dengan William Shatner, Bruce Willis, Garry Shandling, Wnda Sykes, Nick Nolte, dan Steve Carrel. Dia juga beraksi dalam film karya Richard Gere berjudul The Flock, sebagai kekasih dari seorang pelaku kejahatan, dan proyek ketiganya adalah Fast Food Nation, berdasarkan buku favoritnya. Avril membuat sebuah batu bertulisan dalam film Going the Distance dan juga sempat tampil dalam sebuah episode film Sabrina, The Teenage Witch, menampilkan lagu "Sk8er Boi" dengan band-nya.

Kehidupan Pribadi

Hubungan

Lavigne dan Deryck Whibley vokalis utama dari Sum 41 mulai berpacaran ketika Lavigne berumur 19 tahun, setelah berteman sejak ia berusia 17 tahun.[56] Pada Juni 2005, Whibley melamarnya.[57] Pasangan ini menikah pada 15 Juli 2006 di Montecito, California. Pada 9 Oktober 2009, Lavigne mengajukan gugatan cerai. Perceraian mereka selesai pada 16 November 2010.[58] Di 2010, Lavigne berpacaran dengan Brody Jenner. Pasangan ini putus pada Januari 2012.[59]

Lavigne mulai berpacaran dengan sesama rocker Kanada Chad Kroeger, pentolan band Nickelback, di Juli 2012. Lavigne dan Kroeger bertunangan di Agustus 2012, setelah berpacaran sebulan.[60][61] Pasangan ini menikah di the Château de La Napoule, di selatan Perancis, pada 1 Juli 2013 (yang mana adalah Canada Day), setelah setahun bersama.[62][63] Pada 2 September 2015, Lavigne mengumumkan perpisahan dari Kroeger via akun Instagramnya.[64]

Kegiatan Sosial

Avril telah banyak melakukan aksi kepedulian, seperti Make Some Noisw, Amnesty International, Camp Will-a-way, music clearing minefield, U.S. Campaign for burma, Make-a-wish foundation, dan War Child. Dia juga memberi bantuan terhadap ALDO ads untuk para penyandang aids. Aldo menjual pernak-pernik dengan kata-kata "HEAR", "SEE", dan "SPEAK" dan sebuah tas edisi khusus yang hanya dijual di Aldo dept. store atau dijual secara online. Aksi ini bertujuan untuk membantu para penyandang aids di seluruh dunia. Avril bekerja dengan Reverb, sebuah lembaga masyarakat, untuk turnya pada tahun 2005. Avril juga menyanyikan lagu "Knocking On Heavens Door" untuk sebuah kegiatan amal.


Diskografi

Tahun Judul album Singel Cover
2002 Let Go
2004 Under My Skin
2007 The Best Damn Thing
  • "Girlfriend"
  • "When You're Gone"
  • "Hot"
  • "The Best Damn Thing"
2011 Goodbye Lullaby
2013 Avril Lavigne

Filmografi

Tahun Judul Peran Catatan
2002 Sabrina, the Teenage Witch diri sendiri cameo; menampilkan "Sk8er Boi"
2004 Going the Distance diri sendiri cameo; menampilkan "Losing Grip"
2006 Fast Food Nation alice aktifis Sekolah Tinggi
Over the Hedge heather hanya menyanyi
2007 The Flock beatrice Bell tersangka pacar
2010 American Idol diri sendiri juri (audisi L.A.)
2011 Majors & Minors Diri sendiri Mentor

Penghargaan

Catatan

  1. ^ For more info about post-grunge see the Background section of her first two albums Let Go dan Under My Skin.

Referensi

  1. ^ "MusicMight :: Artists :: AVRIL LAVIGNE". MusicMight. Diakses tanggal 20 October 2014. 
  2. ^ "Avril Lavigne reviews, music, news – sputnikmusic". Sputnikmusic.com. Diakses tanggal 27 September 2014. 
  3. ^ "I play the drums, I play the piano and of course I play the guitar[...]", MTV News - Avril Lavigne Announces Best Damn Tour Dates
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama wennfrance
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama rollingstonecover
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama sperling
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama peoplekappes
  8. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama unofficialbiog
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama canoemcqueen
  10. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama sk8terfaker
  11. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama patch
  12. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama mtvrealdeal
  13. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ewwillman
  14. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama canadianpress
  15. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama mirrorquigley
  16. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama hitquarters
  17. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama aboutlamb
  18. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama riaadiamond
  19. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama criadiamond
  20. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama transworldnews
  21. ^ a b c d "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 October 2016. Diakses tanggal 9 July 2013. 
  22. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama riaalavigne
  23. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama billboarddecadehot100
  24. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama billboardcharthistory
  25. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama yahoojenison
  26. ^ a b "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 July 2015. Diakses tanggal 14 April 2015. 
  27. ^ Fulton, Rick (10 January 2011). "Avril Lavigne: Madonna is my idol". Daily Record. Diakses tanggal 2 January 2016. 
  28. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama lavignekeepholdingon
  29. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama lavigneradio
  30. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama lavigneitunes
  31. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama billboardgirlfriend
  32. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama billboardgirlfriend100
  33. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama mtvgirlfriend
  34. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama kohls
  35. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama musicmix
  36. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama rollingstoneblackstar
  37. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama allheadlinenews
  38. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama kingstonhart
  39. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama billboardlipshutz
  40. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama departure
  41. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 March 2016. Diakses tanggal 14 April 2015. 
  42. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama shuffleme.net
  43. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama nmefifth
  44. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama corner
  45. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama daw
  46. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama www.925thebeat.ca
  47. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama www.billboard.biz
  48. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama www.animenewsnetwork.com
  49. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama cornerds
  50. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 October 2015. Diakses tanggal 11 August 2013.  Avril Lavigne Bandaids. Retrieved 14 August 2013
  51. ^ "Avril Lavigne "Let Me Go" (featuring Chad Kroeger) [Official Single Cover]". josepvinaixa. Ultimate Music. Diakses tanggal 8 October 2013. 
  52. ^ "Avril Lavigne Talks Upcoming Album As First Single, "Rock N Roll", Drops Today « MIX 105.1". Mix1051.cbslocal.com. 27 August 2013. Diakses tanggal 28 August 2013. 
  53. ^ a b "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 May 2016. Diakses tanggal 9 April 2014. 
  54. ^ "Avril at Summer Sonic". 
  55. ^ "Avril Lavigne's Post-Illness Plans: Special Olympics Song, Christmas Album & Film Work". Billboard. 6 April 2015. Diakses tanggal 6 April 2015. 
  56. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama okmetcalfe
  57. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama askmen
  58. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama divorce
  59. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama www.eonline.com
  60. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama laudadio
  61. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama huffpostkroegerwedding
  62. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama People2013
  63. ^ DZurilla, Christie (2 July 2013). "Avril Lavigne, Chad Kroeger marry goth-style in south of France". Los Angeles Times. 
  64. ^ "Avril Lavigne on Instagram: "It is with heavy heart that Chad and I announce our separation today. Through not only the marriage, but the music as well, we've created…"". Instagram. Diakses tanggal 2 September 2015. 

Pranala luar