Pinkan Mambo: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k altering category using AWB
Antimalboraux (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 16: Baris 16:
|height = {{height|m=1.58}}
|height = {{height|m=1.58}}
|spouse = [[Mayzal Reza Tobroni]] (Juli-Agustus 2004)<br>[[Sandy Sanjaya]] (2005 - 2009)<br>[[Steve Wantania]] (2013 - sekarang)
|spouse = [[Mayzal Reza Tobroni]] (Juli-Agustus 2004)<br>[[Sandy Sanjaya]] (2005 - 2009)<br>[[Steve Wantania]] (2013 - sekarang)
|children = Muhammad Alfa Rezel (2005)<br/> Michele Ashley Rezya (2006)<br/> Queen Chara Wantania (2015)
|children = Muhammad Alfa Rezel (2005)<br/> Michele Ashley Rezya (2006)<br/> Queen Chara Wantania (2015)<br/> King Luke Wantania (2017)
|parents = Youke F. Mambo (ayah)<br /> Deetje Ketua Syarif Iwanas (ibu)
|parents = Youke F. Mambo (ayah)<br /> Deetje Ketua Syarif Iwanas (ibu)
|partner = Panky Mambo (kembar)<br /> Okamura Mambo (adik)
|partner = Panky Mambo (kembar)<br /> Okamura Mambo (adik)

Revisi per 24 Agustus 2017 15.12

Pinkan Mambo
Berkas:Pinkan Mambo.png
Informasi latar belakang
GenreRnB
Pop
Disko
PekerjaanPenyanyi, aktris
InstrumenVokal
Tahun aktif1999 - sekarang
LabelSony BMG Music Entertainment
Situs webAkun Instagram Asli Pinkan Mambo

Pinkan Ratnasari Mambo lebih dikenal sebagai Pinkan Mambo (lahir 11 November 1980) adalah penyanyi pop yang berdarah campuran Jawa-Sunda-Manado,[1] Sulawesi Utara.

Karier

Ratu

Pinkan sebelumnya dikenal sebagai vokalis grup duo Ratu bersama Maia Ahmad. Sebelum bergabung dengan Ratu, Pinkan adalah penyanyi latar grup band Dewa 19, yang digawangi oleh suami Maia Ahmad, Ahmad Dhani. Pinkan kemudian mengundurkan diri dari Ratu akhir tahun 2004 dan memilih untuk bersolo karier. Bersama Ratu, Pinkan sempat menelurkan satu album, Bersama (2003).

Karier solo

Singel pertama Pinkan dalam karier solonya adalah "Cinta Takkan Usai" ciptaan musisi berbakat Glenn Fredly. Single tersebut merupakan bagian dari album kompilasi berjudul "Best Female Idol", yang secara resmi diluncurkan 1 Desember 2004.[2] Album ini berisi lagu-lagu dari penyanyi wanita kenamaan, antara lain Bukan Cinta Biasa (Siti Nurhaliza), Perempuan Ini (Audy), Tegar (Rossa), Bicara Cinta (Ruth Sahanaya), Kembali (Anggun), dan Kisah Sedih Di Hari Minggu (Marshanda).

Tahun 2006 akhirnya Pinkan merilis album perdananya bertajuk Aku Tahu Rasanya. Album ini merupakan sebuah rangkuman kisah hidupnya dua tahun belakangan yang dituturkan dalam indahnya warna warni Pop, disko, RnB hingga nuansa rock. Album ini diproduseri oleh Pinkan sendiri bersama Senior A&R Director SONY BMG Indonesia, Jan N Djuhana.

Single pertama dari album ini adalah lagu berjudul "Dirimu Dirinya". Musik dan lirik dari lagu ini digubah oleh penulis lagu mumpuni, Melly Goeslaw. Selain Melly, beberapa musisi ternama juga membantu dalam album ini antara lain, Trie Utami menulis lagu "Aku Tahu Rasanya" yang berirama rock, diaransemen oleh DJ Sumantri dan napas rock-eighties-nya semakin terasa oleh cabikan gitar Edi Kemput. Irama yang fun dan beat RnB yang kental terdengar di lagu "Menyentuh Awan" karya Adam Sheila on 7. Lagu "Caraku Mencintaimu" ditulis Yton Clubeighties dan "Biar Kau Tau Rasa" ditulis Rieka Roeslan.

Di album ini, Pinkan juga mengajak finalis Indonesian Idol, Delon,[3] untuk berduet lewat lagu romantis berjudul "Satu, Hanya Kamu". Lagu ini ditulis oleh Tantra, Mhala & Inu Numata yang tak lain adalah darah daging Tetty Kadi. Selain nama-nama besar tadi, album Pinkan ini juga dibantu oleh Dewiq yang menulis lagu "Seharusnya Tak Begini".

Pinkan mempunyai obsesi untuk go international. Jalan menuju ke sana telah terbuka, karena tembang "Kasmaran", dari album solo perdananya, menjadi hits di Malaysia dan Singapura.[4] Dia juga mereguk sukses saat manggung di dua negara tersebut.

Pada Juli 2008, Pinkan meluncurkan album keduanya berjudul Wanita Terindah, dengan hits single pertama berjudul "Kekasih Yang Tak Dianggap" yang pernah dipopulerkan oleh Kertas Band.

Kehidupan pribadi

Perjalanan cinta Pinkan terasa penuh liku. Pada tahun 2004 rencana pernikahannya dengan Mayzal Reza Tobroni[5] Tapi, pernikahan itu batal[6] karena Pinkan diketahui hamil dengan laki-laki lain.[7] Pinkan melahirkan anak pertamanya, Muhammad Alfa Rezel pada tanggal 28 Januari 2005 tanpa didampingi ayah bayi tersebut dan belum dalam status menikah.[8]

Akhirnya Pinkan menikah dengan Sandy Sanjaya yang berlangsung 30 April 2005. Mereka dikaruniai anak kedua, Michelle Ashley Rezya pada tanggal 17 April 2006. Pernikahan ini pun sempat berada diambang kehancuran saat Sandy melayangkan gugatan cerai pada 1 Desember 2006.[9] Mereka akhirnya berdamai dan gugatan tersebut dicabut. Pada 14 Oktober 2009, Pinkan resmi bercerai dengan Sandy Sanjaya. Beberapa bulan setelah bercerai ia menjalin hubungan dengan DJ Steve namun pada akhirnya putus karena tidak mendapat restu dari ibu Pinkan.[10]

Pada tahun 2013, Pinkan menikah di Los Angeles dengan seorang pembuat video klip bernama Steve Wantania yang ditemuinya di Amerika Serikat.[11] Dari pernikahan ini, Pinkan melahirkan anak ketiganya, Queen Chara Wantania pada tanggal 17 Juni 2015.[12]

Saat ini Pinkan membagi waktunya antara Indonesia dan Amerika Serikat untuk melanjutkan karier internasionalnya.[13]

Diskografi

Album

Singel

  • Cintaku Dimutilasi
  • Coming Back (2016)

Filmografi

Film

Referensi

Pranala luar