Kiai Tumenggung Raksanagara: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Robot: Perubahan kosmetika
Alamnirvana (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Kiai Tumenggung Raksanagara''' (nama sebelumnya '''Kiai Tanu Raksa''') adalah [[mangkubumi]] (kepala pemerintahan) negara [[Kesultanan Banjar]] sekitar tahun 1595-1642. Ia menjabat mangkubumi mendampingi [[Mustain Billah dari Banjar|'''Sultan Mustain Billah''']] (nama lahir '''Raden Senapati''') yang memerintah antara 1595-1642. Hubungan kekrabatan Kiai Tumenggung Raksanagara dengan Sultan Mustain Billah adalah sepupu, karena ibunda mereka bersaudara. Ayanda ibu mereka adalah tuan Khatib Banun yang merupakan tokoh keturunan Biaju (Dayak Ngaju).
'''Kiai Tumenggung Raksanagara''' (nama sebelumnya '''Kiai Tanu Raksa''') adalah [[mangkubumi]] (kepala pemerintahan) negara [[Kesultanan Banjar]] sekitar tahun 1595-1642. Ia menjabat mangkubumi mendampingi [[Mustain Billah dari Banjar|'''Sultan Mustain Billah''']] (nama lahir '''Raden Senapati''') yang memerintah antara 1595-1642. Hubungan kekrabatan Kiai Tumenggung Raksanagara dengan Sultan [[Mustain Billah]] adalah sepupu sekali, karena ibunda mereka berdua merupakan saudara kandung. Ayanda ibu mereka adalah tuan Khatib Banun yang merupakan tokoh keturunan Biaju (Dayak Ngaju) yang sudah memeluk agama [[Islam]].


Baris 9: Baris 9:
[[Kategori:Sejarah Kalimantan]]
[[Kategori:Sejarah Kalimantan]]
[[Kategori:Tokoh Banjar]]
[[Kategori:Tokoh Banjar]]
[[Kategori:Tokoh Dayak]]
[[Kategori:Tokoh Dayak Ngaju]]
[[Kategori:Mangkubumi Banjar]]
[[Kategori:Mangkubumi Banjar]]

Revisi per 13 Agustus 2017 08.44

Kiai Tumenggung Raksanagara (nama sebelumnya Kiai Tanu Raksa) adalah mangkubumi (kepala pemerintahan) negara Kesultanan Banjar sekitar tahun 1595-1642. Ia menjabat mangkubumi mendampingi Sultan Mustain Billah (nama lahir Raden Senapati) yang memerintah antara 1595-1642. Hubungan kekrabatan Kiai Tumenggung Raksanagara dengan Sultan Mustain Billah adalah sepupu sekali, karena ibunda mereka berdua merupakan saudara kandung. Ayanda ibu mereka adalah tuan Khatib Banun yang merupakan tokoh keturunan Biaju (Dayak Ngaju) yang sudah memeluk agama Islam.


Didahului oleh:
Kiai Jayanagara
Mangkubumi
1595-1642
Diteruskan oleh:
Pangeran di Darat