Wikipedia:Meninjau perubahan tertunda: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k tambah
k tambah
Baris 28: Baris 28:


Perhatikan juga bahwa Anda tetap tunduk pada kebijakan penyuntingan seperti [[Wikipedia:Perang suntingan|perang suntingan]] dan [[Wikipedia:Kepemilikan artikel|kepemilikan artikel]].
Perhatikan juga bahwa Anda tetap tunduk pada kebijakan penyuntingan seperti [[Wikipedia:Perang suntingan|perang suntingan]] dan [[Wikipedia:Kepemilikan artikel|kepemilikan artikel]].

=== Meninjau suntingan oleh satu pengguna ===
:''Catatan teknis pada antarmuka peninjauan: Jika Anda menolak (tombol "Tolak perubahan"), komentar yang Anda berikan ditambahkan secara otomatis di akhir ringkasan pengembalian suntingan standar, dan Anda diminta untuk mengonfirmasi tindakan Anda. Jika Anda menerima (tombol "Terima revisi"), komentar dimasukkan dalam log tinjauan.''

Jika semua suntingan dilakukan oleh satu penyunting, maka periksa apakah mereka jelas vandalisme atau tidak. Jika suntingan terbaru adalah vandalisme yang jelas, masuk akal untuk menganggap semuanya vandalisme, dan Anda mungkin akan menolak perubahan tanpa komentar. Jika tidak jelas vandalisme, maka Anda harus memeriksa apakah ada hambatan untuk menerima yang dijelaskan di atas (vandalisme licik, pelanggaran [[Wikipedia:BLP|BLP]], dll.). Jika ada hambatan untuk menerima, maka Anda harus kembali dengan komentar penjelasan atau menyunting halaman untuk memastikan kepatuhan, seperti dengan mengembalikan mengutip pelanggaran BLP, atau memodifikasi teks untuk menghapus masalah hak cipta. Setelah menolak revisi baru secara otomatis diterima, sementara jika Anda menyunting artikel dan mengatasi semua hambatan untuk diterima, Anda selanjutnya dapat menerima.

Dalam kasus ambigu, pengembalian bukanlah pilihan baku; Anda harus menyelidiki kasus ini dengan benar atau memberikannya pendapat kedua. Misalnya, jika informasi dimodifikasi tanpa sumber baru, yang mungkin merupakan vandalisme licik, Anda seharusnya tidak menganggap vandalisme tapi memeriksa apakah artikel tersebut memiliki sumber yang ada untuknya, yang mungkin telah berubah juga (misalnya jumlah penonton di YouTube, hasil pendapatan kotor, dll.). Jika tidak ada sumber yang disediakan, Anda dapat mencari satu dan jika tidak ada yang langsung tapi tidak ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa suntingan baru itu adalah vandalisme, ini dapat diterima, namun jika pada keseimbangan Anda memperkirakan bahwa suntingan lebih cenderung menjadi vandalisme, Anda seharusnya tidak menerima dan mungkin menolaknya. Penghapusan konten ('pengosongan') harus diperiksa dengan benar. Jika ini vandalisme, revisi baru tidak boleh diterima, namun [[Wikipedia:Vandalisme#Jenis vandalisme|pengosongan bisa sangat sah]], seperti penghapusan pelanggaran BLP. Uji coba suntingan yang jatuh di bawah kriteria tulisan mengawur tidak dapat diterima, namun Anda harus memastikan bahwa ini [[Wikipedia:Vandalisme#Bukan termasuk vandalisme|bukan kesalahan]], karena kadang-kadang perintah wiki yang tidak disengaja merupakan bagian dari suntingan yang dapat diterima, sehingga Anda hanya perlu menghapus atau mengganti sintaks yang tidak diinginkan.

Revisi per 1 Agustus 2017 14.08

Halaman ini menjelaskan dan memberikan pedoman untuk proses peninjauan yang terkait dengan fitur pelindungan perubahan tertunda (saat ini masih dalam tahap proposal). Artikel dengan perubahan tertunda yang diterapkan dapat ditinjau oleh pengurus atau pengguna yang disebut peninjau perubahan tertunda yang memegang hak peninjau perubahan tertunda. Proses peninjauan dimaksudkan sebagai pemeriksaan cepat untuk memastikan suntingan tidak mengandung vandalisme, pelanggaran kebijakan biografi tokoh yang masih hidup, pelanggaran hak cipta, atau konten lain yang jelas tidak pantas.


Ikhtisar

Tujuan peninjauan adalah untuk menangkap dan menyaring vandalisme yang jelas dan suntingan yang jelas tidak sesuai pada artikel yang mendapat pelindungan perubahan, pelindungan khusus yang mengizinkan pengguna anonim dan baru terdaftar untuk mengirimkan suntingan ke artikel yang seharusnya dilindungi sebagian atau penuh dalam satu atau lebih dari kriteria yang tercantum dalam kebijakan pelindungan.

Peninjau tidak bertanggung jawab atas kebenaran hasil suntingan yang mereka terima. Seorang peninjau hanya memastikan bahwa perubahan yang diperkenalkan pada artikel tersebut secara luas dapat diterima untuk dilihat oleh pembaca biasa. Peninjau memeriksa perubahan tertunda untuk sebuah artikel dan kemudian dapat memutuskan untuk menerimanya, mengembalikannya atau memodifikasinya kemudian menerimanya. Peninjau tidak diharapkan menjadi ahli subjek dan ulasan mereka bukanlah jaminan dengan cara apapun dari artikel bebas darii kesalahan. Mereka diharapkan memiliki riwayat penyuntingan yang masuk akal, membedakan apa yang termasuk dan apa yang bukan termasuk vandalisme, dan menjadi terbiasa dengan kebijakan konten dasar. Hak peninjau diberikan oleh pengurus; dan dalam kasus penyalahgunaan hak atau untuk melindungi Wikipedia dari kemungkinan penyalahgunaan, hak tersebut dapat dicabut oleh pengurus. Hak tersebut juga bisa dicabut atas permintaan pengguna.

Proses peninjauan

Artikel dengan perubahan tertunda ditandai seperti di daftar pantauan, versi terdahulu dan perubahan terbaru. Selain itu, ada halaman istimewa, Special:PendingChanges, yang mencantumkan semua artikel dengan perubahan tertunda. Mengeklik [tinjau] di Special:PendingChanges atau [revisi tertunda] di daftar pantauan, versi terdahulu dan perubahan terbaru akan mengembalikan perbedaan antara revisi yang terakhir diterima dan revisi terakhir pada halaman. Sebagian besar waktu, Anda harus bisa menyelesaikan proses dari perbedaan sendirian, sementara pada kasus yang lebih kompleks Anda mungkin harus memeriksa riwayat terkini atau menyunting artikel.

Kriteria umum

Sebagai aturan umum, sebaiknya Anda tidak menerima revisi baru jika dalam menganalisis perbedaan Anda menemukan hal-hal berikut:

Selanjutnya, peninjau harus mempertimbangkan secara khusus alasan yang diberikan untuk pelindungan, dan berusaha untuk menegakkannya. Kebijakan pelindungan mensyaratkan pelindungan perubahan tertunda untuk menghapus kasus yang dipangkas, jadi masalah interpretasi harus minimal. Misalnya, jika artikel terlindungi karena suntingan yang mengganggu yang dilakukan secara berulang oleh pengguna siluman, dan jika jenis suntingan yang sama dibuat oleh pengguna yang baru terdaftar atau anonim yang Anda curigai adalah orang yang sama, Anda seharusnya tidak menerima suntingan tersebut.

Saat meninjau, penting untuk pertama-tama memeriksa jumlah pengguna yang telah menyunting artikel tersebut; informasi ini diberikan di tengah halaman sebelum perbedaan konten dimulai: "(X revisi antara oleh Y pengguna tidak ditampilkan)".

Perhatikan juga bahwa Anda tetap tunduk pada kebijakan penyuntingan seperti perang suntingan dan kepemilikan artikel.

Meninjau suntingan oleh satu pengguna

Catatan teknis pada antarmuka peninjauan: Jika Anda menolak (tombol "Tolak perubahan"), komentar yang Anda berikan ditambahkan secara otomatis di akhir ringkasan pengembalian suntingan standar, dan Anda diminta untuk mengonfirmasi tindakan Anda. Jika Anda menerima (tombol "Terima revisi"), komentar dimasukkan dalam log tinjauan.

Jika semua suntingan dilakukan oleh satu penyunting, maka periksa apakah mereka jelas vandalisme atau tidak. Jika suntingan terbaru adalah vandalisme yang jelas, masuk akal untuk menganggap semuanya vandalisme, dan Anda mungkin akan menolak perubahan tanpa komentar. Jika tidak jelas vandalisme, maka Anda harus memeriksa apakah ada hambatan untuk menerima yang dijelaskan di atas (vandalisme licik, pelanggaran BLP, dll.). Jika ada hambatan untuk menerima, maka Anda harus kembali dengan komentar penjelasan atau menyunting halaman untuk memastikan kepatuhan, seperti dengan mengembalikan mengutip pelanggaran BLP, atau memodifikasi teks untuk menghapus masalah hak cipta. Setelah menolak revisi baru secara otomatis diterima, sementara jika Anda menyunting artikel dan mengatasi semua hambatan untuk diterima, Anda selanjutnya dapat menerima.

Dalam kasus ambigu, pengembalian bukanlah pilihan baku; Anda harus menyelidiki kasus ini dengan benar atau memberikannya pendapat kedua. Misalnya, jika informasi dimodifikasi tanpa sumber baru, yang mungkin merupakan vandalisme licik, Anda seharusnya tidak menganggap vandalisme tapi memeriksa apakah artikel tersebut memiliki sumber yang ada untuknya, yang mungkin telah berubah juga (misalnya jumlah penonton di YouTube, hasil pendapatan kotor, dll.). Jika tidak ada sumber yang disediakan, Anda dapat mencari satu dan jika tidak ada yang langsung tapi tidak ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa suntingan baru itu adalah vandalisme, ini dapat diterima, namun jika pada keseimbangan Anda memperkirakan bahwa suntingan lebih cenderung menjadi vandalisme, Anda seharusnya tidak menerima dan mungkin menolaknya. Penghapusan konten ('pengosongan') harus diperiksa dengan benar. Jika ini vandalisme, revisi baru tidak boleh diterima, namun pengosongan bisa sangat sah, seperti penghapusan pelanggaran BLP. Uji coba suntingan yang jatuh di bawah kriteria tulisan mengawur tidak dapat diterima, namun Anda harus memastikan bahwa ini bukan kesalahan, karena kadang-kadang perintah wiki yang tidak disengaja merupakan bagian dari suntingan yang dapat diterima, sehingga Anda hanya perlu menghapus atau mengganti sintaks yang tidak diinginkan.