Wikipedia:Meninjau perubahan tertunda: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
k tambah
k Melindungi "Wikipedia:Meninjau perubahan tertunda": halaman dengan ruang nama Wikipedia ([Sunting=Hanya untuk pengguna terdaftar otomatis] (selamanya) [Pindahkan=Hanya untuk pengguna terdaftar otomatis] (selamanya))
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 1 Agustus 2017 13.30

Halaman ini menjelaskan dan memberikan pedoman untuk proses peninjauan yang terkait dengan fitur pelindungan perubahan tertunda (saat ini masih dalam tahap proposal). Artikel dengan perubahan tertunda yang diterapkan dapat ditinjau oleh pengurus atau pengguna yang disebut peninjau perubahan tertunda yang memegang hak peninjau perubahan tertunda. Proses peninjauan dimaksudkan sebagai pemeriksaan cepat untuk memastikan suntingan tidak mengandung vandalisme, pelanggaran kebijakan biografi tokoh yang masih hidup, pelanggaran hak cipta, atau konten lain yang jelas tidak pantas.


Ikhtisar

Tujuan peninjauan adalah untuk menangkap dan menyaring vandalisme yang jelas dan suntingan yang jelas tidak sesuai pada artikel yang mendapat pelindungan perubahan, pelindungan khusus yang mengizinkan pengguna anonim dan baru terdaftar untuk mengirimkan suntingan ke artikel yang seharusnya dilindungi sebagian atau penuh dalam satu atau lebih dari kriteria yang tercantum dalam kebijakan pelindungan.

Peninjau tidak bertanggung jawab atas kebenaran hasil suntingan yang mereka terima. Seorang peninjau hanya memastikan bahwa perubahan yang diperkenalkan pada artikel tersebut secara luas dapat diterima untuk dilihat oleh pembaca biasa. Peninjau memeriksa perubahan tertunda untuk sebuah artikel dan kemudian dapat memutuskan untuk menerimanya, mengembalikannya atau memodifikasinya kemudian menerimanya. Peninjau tidak diharapkan menjadi ahli subjek dan ulasan mereka bukanlah jaminan dengan cara apapun dari artikel bebas darii kesalahan. Mereka diharapkan memiliki riwayat penyuntingan yang masuk akal, membedakan apa yang termasuk dan apa yang bukan termasuk vandalisme, dan menjadi terbiasa dengan kebijakan konten dasar. Hak peninjau diberikan oleh pengurus; dan dalam kasus penyalahgunaan hak atau untuk melindungi Wikipedia dari kemungkinan penyalahgunaan, hak tersebut dapat dicabut oleh pengurus. Hak tersebut juga bisa dicabut atas permintaan pengguna.

Proses peninjauan

Artikel dengan perubahan tertunda ditandai seperti di daftar pantauan, versi terdahulu dan perubahan terbaru. Selain itu, ada halaman istimewa, Special:PendingChanges, yang mencantumkan semua artikel dengan perubahan tertunda. Mengeklik [tinjau] di Special:PendingChanges atau [revisi tertunda] di daftar pantauan, versi terdahulu dan perubahan terbaru akan mengembalikan perbedaan antara revisi yang terakhir diterima dan revisi terakhir pada halaman. Sebagian besar waktu, Anda harus bisa menyelesaikan proses dari perbedaan sendirian, sementara pada kasus yang lebih kompleks Anda mungkin harus memeriksa riwayat terkini atau menyunting artikel.

Kriteria umum

Sebagai aturan umum, sebaiknya Anda tidak menerima revisi baru jika dalam menganalisis perbedaan Anda menemukan hal-hal berikut: