Kairo: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
1.616 bita ditambahkan ,  3 tahun yang lalu
tidak ada ringkasan suntingan
=== Iklim ===
Di Kairo dan di sepanjang Lembah Sungai Nil, iklimnya adalah iklim padang pasir yang panas (sesuai dengan sistem [[klasifikasi iklim Köppen]]<ref>{{cite web|url=http://koeppen-geiger.vu-wien.ac.at/pics/kottek_et_al_2006.gif|title=World Map of Köppen-Geiger Climate Classification|publisher=Köppen-Geiger|accessdate=22 January 2010}} {{en icon}}</ref>), namun seringkali dengan kelembaban tinggi karena tidak jauh dari [[Laut Tengah]] dan [[Delta Nil]]. Angin badai sering terjadi, membawa debu Sahara ke kota, kadang dari bulan Maret sampai Mei dan udara seringkali tidak terasa nyaman. Suhu tinggi di musim dingin berkisar antara 14 sampai 22 °C, sedangkan titik terendah malam hari turun ke bawah 11 °C, seringkali sampai 5 °C. Di musim panas, tingginya jarang melampaui suhu 40 °C, dan titik terendah turun menjadi sekitar 20 °C. Curah hujan jarang dan hanya terjadi di bulan-bulan yang dingin, namun hujan mendadak menyebabkan banjir yang besar. Salju sangat jarang. Titik didih pada bulan terpanas berkisar antara 13,9 °C pada bulan Juni sampai 18,3 °C pada bulan Agustus.
 
== Infrastruktur ==
 
=== Kesehatan ===
Kairo serta kota tetangga Giza telah didirikan sebagai pusat pengobatan medis utama Mesir, dan meskipun mempunyai beberapa pengecualian, memiliki tingkat perawatan medis paling tinggi di negara. Di antara rumah sakit Kairo adalah Rumah Sakit Internasional As-Salaam yang terakreditasi oleh JCI, Maadi (rumah sakit swasta terbesar di Mesir dengan 350 tempat tidur), Rumah Sakit Universitas Ain Syams, Rumah Sakit Dar Al Fuad, serta Rumah Sakit Kasr Al Aini.
 
=== Pendidikan ===
Kairo Raya telah lama menjadi pusat pendidikan dan layanan pendidikan bagi Mesir dan sekitarnya. Sekarang, Kairo Raya adalah pusat bagi banyak kantor pemerintah yang mengatur sistem pendidikan Mesir, memiliki jumlah terbesar dari sekolah-sekolah pendidikan, dan lembaga pendidikan tinggi di antara kota-kota lain dan kegubernuran Mesir.
 
=== Transportasi ===
Kairo memiliki jaringan jalan, [[Transportasi rel|sistem kereta api]], [[Angkutan cepat|sistem kereta bawah tanah]] dan layanan maritim yang luas. Transportasi jalan difasilitasi oleh kendaraan pribadi, taksi, bus umum milik swasta dan mikrobus Kairo. Kairo, tepatnya Alun-Alun Ramses, adalah pusat hampir seluruh jaringan transportasi Mesir.
 
[[Metro Kairo|Sistem kereta bawah tanah]], yang secara resmi disebut "Metro (مترو)", adalah cara cepat dan efisien untuk berkeliling di kota Kairo. Jaringan Metro mencakup Helwan dan daerah pinggiran lainnya. Itu bisa sangat ramai saat jam sibuk. Dua mobil kereta api (yang keempat dan yang kelima) hanya diperuntukkan bagi wanita saja, meskipun wanita dapat naik mobil yang mereka inginkan.
 
== Kota kembar ==

Menu navigasi